Hal Yang Harus Kita Tahu Tentang Hewan Ovivar, Vivivar dan Ovovivipar

By On Monday, September 26th, 2016 Categories : Info Lainnya

Hal Yang Harus Kita Tahu Tentang Hewan Ovivar, Vivivar dan Ovovivipar – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari hal yang harus kita tahu tentang tentang hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Berikut penjelasan hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar yang perlu kita ketahui.

hewan-ovivar

  • Pengertian Hewan Ovipar : Hewan Ovipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur, sehingga embrio akan berkembang di dalam telur dan memanfaatkan cadangan makanan yang ada di dalam telur agar dapat berkembang. Biasanya telur berada di luar tubuh induknya dan agar dapat menetas, telur akan dierami oleh induknya.
  • Pengertian Hewan Vivipar : Hewan vivipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan, sehingga embrio akan berkembang di dalam tubuh induknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. Jika embrio atau calon anak hewan ini sudah cukup umur, akan dikeluarkan dari dalam tubuh induknya atau dilahirkan.
  • Pengertian Hewan Ovovivipar : Hewan ovovivipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur beranak, sehingga embrio akan berkembang di dalam telur yang masih ada di dalam tubuh indukannya. Saat umurnya sudah cukup, telur akan menetas dan keluar dari tubuh indukannya, dengan begitu akan tampak seperti melahirkan atau seperti hewan vivipar.

Ciri-Ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Berikut beberapa ciri-ciri dari hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar yang perlu kita ketahui.

  • Ciri-Ciri Hewan Ovipar : Tidak memiliki daun telinga, tidak memiliki kelenjar susu, dan tidak menyusui anaknya.
  • Ciri-Ciri Hewan Vivivpar : Memiliki kelenjar susu, memiliki daun telinga, hampir sebagian besar kulitnya tertutupi oleh rambut atau bulu, dan biasanya dimasukkan dalam kelompok mamalia.
  • Ciri-Ciri Hewan Ovovivipar : Embrionya berkembang di dalam tubuh indukannya tetapi tumbuh di dalam telur, cadangan makanan embrio berasal dari dalam telur, ketika cukup umur akan menetas dari telur dan keluar dari tubuh indukannya.

Contoh Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

Berikut beberapa contoh dari hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar yang perlu kita ketahui.

  • Contoh Hewan Ovipar : Ayam, angsa, bebek, burung, reptile, nyamuk, kecoa, mujair, katak, mentok, buaya, merpati, dan beo.
  • Contoh Hewan Vivipar : kuda, sapi, kerbau, hajah, badak, kucing, anjing, jerapah, kelelawar, singa, kucing, dan anjing.
  • Contoh Hewan Ovovivipar : Ular, kadal, ikan hiu, dan ikan pari.

Demikian pembelajaran kita kali ini tentang hal apa saja yang harus kita tahu tentang hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambabh ilmu, pengetahuan, dan bermanfaat bagi kita semua.

Hal Yang Harus Kita Tahu Tentang Hewan Ovivar, Vivivar dan Ovovivipar | ilmuhewan | 4.5