Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ayam Kampung

By On Thursday, July 26th, 2018 Categories : Ternak Hewan, Tips Dan Trik

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ayam Kampung – Ayam kampung merupakan salah satu ayam yang paling banyak dibudiyakan karena cara merawatnya yang mudah dan juga ayam kampung jarang terkena penyakit jika dibandingkan dengan ayam jenis lainnya.

Namun dalam memelihara ayam kampung perlu juga diperhatikan beberapa hal agar ayam tidak mati. berikut beberapa hal yang harus dilakukan saat memelihara ayam kampung.

  1. Penempatan ayam kampung yang tepat

Penempatan bagi ayam kampung yang baru menetas sangatlah penting, karena penempatan ayam kampung yang kurang padat apalagi bercampur dengan induknya sangatlah tidak tepat dan dapat mngkibatkan anak ayam cepat mati.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ayam Kampung

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ayam Kampung

hal ini dikarenakan anak ayam kampung yang baru menetas membutuhkan tempat yang hangat dan juga rapat.

Baca Juga : Cara Membuat Ramuan Jamu Tradisional Bagi Ayam Kampung

Karena itu usahakan pelihara anak ayam secara terpisah dari indukmya, berikan lampu pada kandang anak ayam agar selalu hangat. Gunakan kertas koran bekas yang masih bersih sebagai alas.

Tumpuk 5 kertas koran sebagai alas agar suhu tetap stabil, hindari menggunakan sekam. Selain itu pemisahan anak ayam kampung dengan induknya bertujuan agar anak ayam dapat mengambil pakan lebih sering untuk pertumbuhannya dan juga menghindari dari tertularnya penyakit yang dibawa oleh induknya.

  1. Pemberian vaksin

Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan saat anak ayam masih berusia 4 hari, 4 minggu, dan 4 bulan. Vaksin bertujuan untuk menghindaari anak ayam tertular penyakit berbahaya. Vaksin yang biasa diberikan adalah vaksin tetelo, gumboro, flu burung, dan lainnya.

Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam air minum atau diteteskan ke mata dan mulut. Usahakan ayam yang akan diberi vaksin dalam keadaan yang sehat. Vaksin dapat dibeli di toko ternak.

  1. Pemberian pakan yang sesuai

Dalam memberikan pakan untuk anak ayam yang baru menetas sebaiknya jangan diberikan yang berbentuk kasar, sebab paruh anak ayam masih kecil dan pakan yang kasar tidak akan bisa dicerna dengan baik oleh anak ayam.

Oleh karena itu apabila ingin memberikan pakan yang berbentuk kasar lebih baik ditumbuk hingga halus terlebih dahulu. Pakan yang dapat diberikan kepada anak ayam yang baru lahir adalah BR1.

Memberikan BR1 selama 30 hari berturut-turut juga tidak masalah karena mengandung nutrisi yang diperlukan oleh anak ayam.

  1. Pemberian vitamin

Untuk memberikan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral dapat dilakukan dengan memberikan racikan jamu bagi ayam.

Beberapa dedaunan yang dapat dijadikan jamu adalah daun pepaya, daun salam, daun cengkeh, daun singkong, temu lawak, temu ireng, kunir, kencur, laos, dan kulit bawang.

Caranya sangat mudah yaitu cukuo dengan merebus dedaunan tersebut lalu berikan sari atau airnya untuk diminum anak ayam.

  1. Penempatan ayam kampung sesuai usia

Anak ayam yang baru lahir atau sekitar usia 0 hingga 20 hari dapat ditempatkan pada kandang kotak, lalu setelah 21 hari ke atas dapat dipindah ke atas tanah.

Usahakan saat anak ayam sudah mulai tumbuh perhatikan kandangnya agar tidak terlalu sempit atau padat, hal ini dikarenakn jika populasi anak ayam berlebih atau terlalu padat sering terjadi kasus anak ayam yang saling menyerang satu sama lain.

Pemberian pakan juga harus diperhatikan baik-baik dengan mempertimbangkan jumlah populasi ayam. Karena jangan sampai jumlah pakan yang diberikan jauh lebih sedikit dari jumlah populasi.

Selain itu menjaga kebersihan kandang sangatlah penting untuk menghindari penyakit-penyakit lain. Kotoran ayam yang terus menumpuk dapat menimbulkan gas yang berbahaya bagi anak ayam. Maka dari itu rajinlah untuk membersihkan kandang. Air minum pun harus diganti setiap hari.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Ayam

Loading...
Loading...
Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memelihara Ayam Kampung | ilmuhewan | 4.5