Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Hal yang harus dilakukan agar produksi susu kambing berkualitas

By On Friday, December 16th, 2016 Categories : Produksi

Hal yang harus dilakukan agar produksi susu kambing berkualitas – Biasanya susu kambing memang jarang diminati oleh sebagian masyarakat dari pada susu sapi. Sebenarnya kandungan gizi susu kambing juga cukup tinggi dan hampir sama dengan kandungan gizi dari susu sapi.

Banyak kandungan gizi yang ada pada susu kambing yang tidak dimiliki oleh susu sapi. Saat ini telah banyak orang yang melakukan bisnis bergerak dalam usaha memproduksi susu kambing.

Kebanyakan peternak susu kambing ini memiliki kendala seperti hasil produksi susu kambing yang rendah, hal ini bisa terjadi sebenarnya karena peternak belum mengetahui cara efektif untuk menjadikan kambing lebih produktif lagi dalam menghasilkan susu.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa

Selain itu kendala yang sering juga muncul yaitu masalah sanitasi yang buruk. Masih banyak peternak susu kambing yang mengabaikan masalah sanitasi ini.

Padahal sanitasi menjadi salah satu faktor penentu dari kualitas susu kambing yang dihasilkan. Namun, untuk menghasilkan susu kambing yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Pemilihan Bibit Kambing

Pemilihan bibit kambing yang digunakan adalah langkah awal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis susu kambing.

Karena dengan memilih bibit kambing yang baik maka akan berdampak terhadap hasil produsi susu kambing yang nantinya akan dihasilkan.

Sebagai contoh, jika ingin memilih jenis kambing etawa maka pilihlah kambing jenis etawa betina yang memiliki berat badan lebih kurang sebesar 20 kg.

Sementara itu untuk kambing jenis sanen dan jenis lainnya pilihlah dengan bobot berat kambing sebesar lebih kurang 40 kg.

  1. Kambing Sehat

Ciri – ciri kambing sehat yang perlu diperhatikan saat memilih kambing adalah kambing dengan moncong yang basah, matanya yang tampak bersinar, lincah dan gesit, tidak memiliki cacat serta memiliki nafsu makan yang normal.

  1. Bentuk Ambing

Kambing yang memiliki bentuk ambing yang besar dan bulat akan dapat menghasilkan susu kambing dalam jumlah yang banyak. Sehingga dalam memilih kambing juga perlu diperhatikan bentuk ambing dari kambing yang dipilih.

  1. Pakan Untuk Produksi Susu

Jenis pakan yang digunakan juga sangat menentukan kualitas dari susu kambing yang dihasilkan. Idealnya kambing diberi makan setidaknya 2 kali sehari dengan porsi makanannya sebanyak 10% dari berat kambing dan air 2,5 liter.

  • Pakan tambahan

Pakan tambahan yang dimaksud adalah seperti gula jawa, kulit kedelai, dan singkong asalkan jenis  pakan tambahan tersebut dapat mencukupi kebutuhan protein kambing, kebutuhan karbohidrat, dan juga nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kambing.

  • Pakan hijau

Pakan hijau adalah pakan yang berasal dari berbagai jenis dedaunan dan rerumputan hijau yang tidak mengandung racun. Sebagai contohnya adalah rumput gajah, dedaunan ketul sapi juga daun sengon.

  1. Sanitasi

Dalam upaya untuk memperoleh susu kambing yang sehat, salah satu aspek yang harus menjadi perhatian adalah kebersihan kandang kambing.

Kandang kambing harus dalam keadaan yang bersih. Pembersihan kandang kambing biasanya dilakukan rutin pada sore hari, selalu pastikan bahwa kandang yang ditempati kambing dalam keadaan kering dan tidak lembab.

Selain itu juga usahakan kandang kambing mendapatkan sirkulasi udara yang baik, dan usahakan untuk tidak membersihkan kandang kambing saat kambing sedang makan.

Kemudian saat proses pemerahan susu kambing, gunakan teknik pasteurisasi yang bermanfaat untuk memberikan kepastian agar susu yang dihasilkan adalah susu yang masih dalam keadaan steril.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Sapi Perah

Loading...
Hal yang harus dilakukan agar produksi susu kambing berkualitas | ilmuhewan | 4.5