Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Hal Penting Yang Harus dipertimbangkan Sebelum Tidur Bersama Hewan

By On Wednesday, February 22nd, 2017 Categories : Info Lainnya, Tips Dan Trik

Ilmuhewan.com – Hewan peliharaan yang sudah dirawat sejak kecil seringkali dianggap seperti sahabat, teman atau bahkan anggota keluarga. Ke mana pun berdua seolah tidak terpisahkan.

Termasuk untuk pergi tidur. Banyak orang yang membiarkan hewan kesayangannya tidur bersama di atas ranjang dalam satu selimut.

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci atau lainnya memang punya bulu halus dan lembut, seakan menjadi boneka hidup yang bisa dipeluk untuk menambah kehangatan dalam tidur.

Baca Juga : Ciri dan Karekteristik Sapi Pasundan

Sayangnya, belum banyak orang yang tahu atau mungkin tidak peduli bahwa ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum tidur bersama hewan peliharaan. Ini dia ulasannya:

Awas tertular virus berbahaya

Mungkin tergantung dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Ada beberapa jenis hewan yang bisa menularkan infeksi virus berbahaya bahkan berakibat fatal seperti kematian.

Penyakit seperti gangguan pencernaan, gatal gatal dan penyakit kulit serta peradangan adalah penyakit yang patut diwaspadai karena kebiasaan tidur bersama hewan peliharaan.

Waspada penyakit pes

Pada era 70-an dunia sedang dilanda wabah penyakit pes akibat tikus. Tidak hanya gigitan atau kontak langsung, bekas urin dan kotoran tikus juga bisa menyebarkan penyakit pes yang disebabkan oleh Yersinia Pestis tersebut.

Melalui perantara kutu yang terdapat pada bulu hewan peliharaan kemudian akan menular pada manusia. Pejala penyakit pes umumnya demam, merasa dingin, jantung berdebar, tubuh terasa nyeri sendi dengan masa inkubasi bakteri selama 2  – 8 hari.

Membawa aneka bakteri ke dalam kamar

Ruangan kamar seharusnya menjadi sebuah kamar istirahat yang bersih dan bebas kuman. Namun dengan kehadiran hewan kesayangan, bisa saja banyak kuman yang masuk karena menempel di bulu-bulu mereka.

Waspada dengan bakteri seperti Salmonella, E-Coli atau parasit dari hewan kesayangan. Selayaknya manusia, hewan peliharaan sebaiknya juga wajib dibersihkan pada bagian kuku tangan dan kaki dengan campuran larutan alkohol.

Kedekatan yang berdampak negatif

Hewan peliharaan seperti anjing memang sering dijadikan teman setia sehidup semati umat manusia. Sudah banyak kisah heroik anjing yang melindungi majikan dan setia hingga napas penghabisan.

Jika kamu membawa hewan kesayangan tidur bersama, maka dalam naluri hewan akan mengganggap kamu sebagai bagian dari koloni yang harus dilindungi.

Ini bisa berdampak buruk pada orang-orang di sekitar yang mungkin tidak ia kenal. Akibatnya, jika ada orang asing atau mungkin teman baru yang mendekat, hewan kesayangan akan tampak agresif atau ‘liar’.

Perbedaan siklus tidur

Beberapa orang mungkin tidak merasa terganggu karena tidur dengan hewan peliharaan. Tapi, sebenarnya siklus tidur antara hewan dan manusia sangat berbeda.

Anjing bisa tidak tidur semalaman karena memiliki pendengaran yang sangat tajam alias tidur- tidur ayam. Tapi, manusia harus istirahat selama 7- 8 jam setiap malam untuk bisa mendapat jatah tidur normal.

Diskusikan bersama keluarga

Keluarga adalah tempat semua anggota keluarga berkumpul. Sangat selfies atau egois rasanya jika memutuskan untuk membawa anjing atau kucing ke dalam rumah bahkan kamar tidur tanpa persetujuan dari anggota keluarga di rumah.

Terlebih, ketika kamu memiliki pasangan yang kurang suka dengan hewan peliharaan. Kamar adalah ruang privasi, bisa jadi dengan adanya hewan peliharaan yang tidur di dalam kamar, maka privasi akan sedikit terganggu.

Lebih bagus jika mendiskusikan hal ini dengan keluarga apakah keputusan untuk mengajak hewan kesayangan tidur di kamar adalah hal yang masih bisa ditolerir.

Kebanyakan orang tidak suka dengan hewan peliharaan yang masuk ke rumah karena takut kotor, terkena bulu-bulu yang rontok dan menempel di perabotan rumah.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Aquascape Air Terjun dalam Sebuah Aquarium

Loading...
Hal Penting Yang Harus dipertimbangkan Sebelum Tidur Bersama Hewan | ilmuhewan | 4.5