Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Ternak Cacing

By On Monday, March 7th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Ternak Cacing – Bagi sebagian orang, cacing adalah salah satu binatang yang terlihat kotor dan menjijikkan.

Namun di balik kotor dan menjijikkannya binatang satu ini, ternyata banyak orang yang membudidayakannya karena merupakan peluang bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan.

Secara umum, dalam tubuh seekor cacing memiliki berbagai jenis nutrisi yang bermanfaat, tidak hanya untuk hewan, melainkan juga untuk manusia.

Oleh karenanya, bagi yang beternak unggas atau juga ikan, cacing merupakan binatang yang paling sering mereka cari untuk pakan hewan peliharaan mereka itu. Sedangkan untuk manusia, cacing dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan atau juga kecantikan.

Untitled

Karena tidak membutuhkan modal yang sampai berjuta-juta, namun justru hasilnya atau keuntungan dari ternak cacing ini sangat melimpah, maka tidak sedikit yang melirik peluang usaha ini.

Sayangnya, bagi orang-orang yang tergolong baru dan akan memulai bisnis pengembangbiakan dan peternakan cacing, terkadang masih bingung harus bagaimana atau memulai dari mana.

Baca Juga : Fakta Unik Si Pembangun Ekosistem, Cacing

Oleh karenanya, Anda dapat mengikut beberapa tahapan atau apa saja yang patut diperhatikan dalam beternak cacing.

Mengetahui jenis cacing yang akan diternakkan

Tidak semua jenis cacing yang ada di muka bumi dapat dikembangbiakkan atau menguntungkan. Jenis paling banyak dijadikan obyek ternak yang berasal dari keluarga Megascolicidae dan Lumbricidae yang bergenus Lumbricus, Eiseinia, Pheretima, Perionyx, Diplocardi dan Lidrillus.

Pembuatan kandang atau tempat untuk membudidayakan cacing

Setelah mengetahui jenis cacing mana yang akan diternakkan, maka langkah kedua adalah dengan membuat tempat atau kandang cacingnya.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dalam pembuatannya, karena cacing tidak membutuhkan tempat yang mewah dan juga Anda dapat memanfaatkan berbagai wadah atau barang bekas lain sebagai tempatnya, seperti bambu, rumbia, genteng bekas, kaleng dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, para peternak cacing yang sudah memulai bisnisnya dalam bidang ini menggunakan kandang permanen dengan model rak bertingkat.

Memang untuk membuat rak jenis ini, Anda harus mengeluarkan dana tambahan, namun hal ini akan mempermudah Anda dalam proses pemeliharaan dan perawatannya.

Mempersiapkan media

Jika kandang telah dipersiapkan, poin selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan media untuk budidaya cacing.

Media ini berupa kompos dan campuran bahan organik yang dicampur menjadi satu atau juga endapan tanah untuk jenis budidaya Cacing Sutra. Media tersebut harus benar-benar dijaga tingkat keasamannya dan juga kandungan oksigen di dalamnya.

Pemilihan bibit cacing

Untuk memiliki bibit cacing, Anda dapat mencarinya dari alam atau juga membelinya di peternak cacing. Jika Anda mencarinya dari alam, maka harus dilakukan proses karantina agar memperkecil risiko terjangkitnya penyakit karena bakteri.

Namun jika ingin membeli dari peternak, maka disarankan untuk membelinya dari para peternak yang usahanya masih dalam skala kecil karena lebih murah.

Pemeliharaan sampai panen

Untuk memelihara cacing, maka Anda harus benar-benar memberikan perhatian sehari-hari, contohnya media tidak boleh kering, memberikan air secukupnya sampai dengan memberikan pakan dari bahan organik atau kotoran hewan.

Setelah proses pemeliharaan selesai, maka waktunya panen dapat dilakukan. Dari setiap jenis cacing, waktu panennya bermacam-macam, ada yang hanya membutuhkan waktu dalam hitungan hari ada pula yang membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Dari poin-poin sederhana di atas, tentunya Anda sudah mengerti kisi-kisi apa saja yang harus diperhatikan sebelum benar-benar memulai bisnis satu ini, bukan?

Baca Juga : Bagamana Cara Ternak Cacing Merah?

Loading...
Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Ternak Cacing | ilmuhewan | 4.5