Fungsi Dan Peranan Protein Pada Ternak Kambing

By On Saturday, February 18th, 2017 Categories : Mnafaat dan Khasiat

Fungsi Dan Peranan Protein Pada Ternak Kambing – Ilmuhewan.com – Bukan hal yang aneh apabila selama menjalankan peternakan kambing para peternak harus dihadapkan dengan biaya – biaya operasional tambahan untuk mendukung produktivitas dan kualitas ternak kambing.

Salah satunya adalah pemenuhan angka kecukupan nutrisi atau gizi untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas ternak kambing.

Biaya pakan ternak kambing ini bahkan bisa membuat peternak harus merogoh hingga 80% biaya modal.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pubertas Pada Ternak Kambing Dan Domba Betina

Suplemen berupa nutrisi pada pakan terutama seperti protein pada ternak kambing sangat penting untuk menjaga daya tahan ternak kambing terhadap serangan penyakit.

Fungsi dan peranan protein pada ternak kambing

Protein merupakan zat pengatur sistem metabolisme pada tubuh makhluk hidup. Para ternak kambing, fungsi dan peranan protein adalah untuk menghasilkan sel sel tubuh yang baru dan memperbaiki sel sel tubuh yang telah rusak.

Misalnya saja pada kambing yang sudah tua, sel sel baru akan dibentuk ketika terdapat luka atau peradangan. Sementara pada kambing anakan untuk percepatan pertumbuhan.

Bahkan, lebih dalam lagi, jika ternak kambing sampai kekurangan nutrisi protein bisa membuat ternak kambing mengalami penurunan tingkat pertumbuhan. Atau kambing menjadi kurus karena kekurangan gizi.

Mahalnya biaya pakan suplemen protein

Para peternak kambing sangat setuju jika ternak kambing membutuhkan protein untuk meningkatkan laju pertumbuhan.

Akan tetapi, tidak sedikit peternak kambing yang mengeluh tentang mahalnya biaya operasional yang harus dikeluarkan apabila memenuhi protein ternak kambing dari segi pakan. Dalam bekatul sendiri, terdapat protein kasar dengan presentase sebesar 12% dari bahan pakan.

Mendapatkan nutrisi protein dari Sumber alami

Protein tidak bisa dihasilkan sendiri di dalam tubuh. Maka dari itu , untuk mendapatkan pakan kambing yang mengandung protein harus diperoleh dari sumber pakan yang baik dan berkualitas.

Misalnya saja, dari jenis tanaman rumput atau leguminosa seperti daun lamtoro. Alternatif lain seperti daun turi.

Konsentrat protein juga bisa dibeli di pasaran berasal dari tepung darah, tepung ikan dan tepung daging. Pakan ternak ruminansi yang mengandung protein juga bisa diperoleh dari limbang pengolahan produk seperti bungkil kelapa, ampas tahu, ampas kedelai dan bungkil. Bungkil yang bisa dipilih seperti bungkil kelapa, bungkil sawit dan bungkil kedelai.

Lebih baik mana, pakan mengandung protein hewani atau protein nabati?

Bahan pakan yang mengandung protein hewani dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan pakan yang mengandung protein nabati. Dikarenakan, protein hewani mengandung zat senyawa asam amino esensial serta nilai nutrisi yang lebih tinggi.

Sementara itu, protein hewani akan diurai menjadi protein dalam jaringan tubuh yang lebih minim risiko ketimbang pengolahan protein nabati.

Protein ternak kambing bermutu standar

Bicara soal mutu, sebenarnya ternak ruminansia seperti kambing tidak perlu protein yang berkualitas tinggi. Pakan protein dengan standar nitrogen sudah cukup memadai. Nitrogen ni dapat diberikan pada kambing dan sapi dengan dosis: 1/3 dari total kebutuhan protein.

Bisa dicampur dengan molasses atau tetes tebu agar lebih mudah diserap dan dicerna dalam usus sapi.

Selain itu, dalam pemberian urea sebaiknya tidak melebihi 1% dari total ransum, agar tidak menimbulkan keracunan pada kambing hingga menyebabkan kematian.

Jika peternak memberi bahan pakan dengan serat kasar seperti jerami yang belum difermentasi, maka hal ini akan menimbulkan dampak kekurangan protein karena tingkat protein yang minim.

Disarankan agar mencampur bahan pakar dengan suplemen alternatif yang mengandung protein agar tingkat nutrisi dan kebutuhan protein ternak tetap terpenuhi.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Kambing Gibas

Fungsi Dan Peranan Protein Pada Ternak Kambing | ilmuhewan | 4.5