Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Hewan Di Air

By On Tuesday, April 4th, 2017 Categories : Info Lainnya

Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Hewan Di Air – Pada dasarnya kehidupan hewan di air tidak begitu berbeda dengan kehidupan hewan yang hidup di darat, begitupula faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan suatu makhluk hidup ada dua pokok, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal

Faktor internal yang mempengaruhi kehidupan hewan (multiseluler) air yaitu gen dan hormon.

1).Gen berperan dalam pewarisan sifat keturunan dari induk kepada anaknya. Selain itu, gen juga berperan sebagai pembawa kode untuk pembentukan enzim. Enzim tersebut memengaruhi berbagai reaksi metabolisme dalam tubuh.

2). Hormon, hormon berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan yang hidup di perairan, Meskipun setiap kelompok organisme perairan memiliki hormon yang berbeda-beda, pada prinsipnya hormon membantu pengaturan dan sistem koordinasi tubuh.

Faktor eksternal (faktor lingkungan luar)

Faktor eksternal meliputi suhu, cahaya, kelembapan, pH tanah, dan ketersediaan nutrisi (makanan)

1). Suhu

Hewan tumbuh dengan baik pada suhu optimum, yaitu antara 10°C–38°C. Pada umumnya, hewan tingkat tinggi tidak dapat tumbuh pada suhu di bawah 0°C dan di atas 40°C. Hal ini berhubungan dengan kerja enzim pada proses-proses fisiologis hewan.

2). cahaya

Manusia dan hewan membutuhkan cahaya untuk membantu proses penulangan (osifikasi). Cahaya matahari mengubah provitamin D menjadi vitamin D, sehingga tulang kuat dan tumbuh sempurna.

3). Kelembapan

Bagi manusia dan hewan, kelembapan udara dan kelembapan tanah tidak berdampak langsung pada proses pertumbuhannya.

4). pH air (derajat keasaman)

Setiap hewan memiliki kadar ketahanan yang relatif sama pada derajat keasaman pada pH normal.

5). Makanan

Makanan diperlukan untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktivitas. Selain itu, makanan juga berperan dalam proses regenerasi sel-sel, pembentuk tubuh, dan menjaga kestabilan cairan tubuh

6). Oksigen

Oksigen yang terlarut di dalamperairan dibutuhkan hewan air untuk berrespirasi dan memmeroleh sumber energi bagi kehidupannya.

Baca Juga : Ciri dan karakteristik hewan Amfibi

Loading...
Loading...
Faktor Yang Mempengaruhi Kehidupan Hewan Di Air | ilmuhewan | 4.5