Faktor Penyebab Burung Susah Berkicau Atau Gacor

By On Sunday, November 6th, 2016 Categories : Burung

jantans

Faktor Penyebab Burung Susah Berkicau Atau Gacor – Permasalahan yang kemungkinan sering dihadapi oleh para penggemar burung kicauan adalah burung yang sudah dirawat dan disayangi teramat susah untuk berkicau.

Padahal tujuan perawatan yang dilakukan adalah untuk mendengar kicauannya sebagai hiburan musik alami.

Semua penggemar burung pasti berharap burung yang dipeliharanya bisa rajin berkicau. Jika burung yang dipelihara tak kunjung berkicau tentu hati jadi dongkol dan jengkel.

Pada saat melakukan pembelian burung atau kala mendapatkan burung tersebut, pemilik tentu sudah mencermati dan memilih-milih burung tersebut layaknya seleksi.

Mulai dari pemilihan dari bulunya, bentuk tubuhnya dan juga suara yang dihasilkan. Semuanya dicari yang paling bagus dan paling rajin berkicau. Akan tetapi saat dipelihara dalam sangkar burung peliharaan tersebut susah untuk berkicau. Mengapa demikian ???

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang membuat burung yang dipelihara di rumah susah untuk berkicau.

Penyebab paling mendasar adalah dalam hal penempatan sangkar yang kurang tepat. Disamping itu ada beberapa faktor lainnya, seperti :

  1. Faktor umur atau usia

Burung yang usianya sudah tua, tentu akan malas untuk mengeluarkan kicauan. Hal itu dikarenakan kondisi tubuh si burung yang sudah mulai lemah dan tidak memiliki stamina prima. Walaupun burung tersebut berkicau, kicauanya akan terdengar semrawut  dan tak beraturan.

  1. Burung dalam masa mabung 

Apabila burung yang dimiliki sedang menjalani proses mabung atau rontok bulu, dapat di pastikan burung tersebut akan susah berkicau.

Hal ini karena memang kondisi tubuh burung tersebut yang kurang sehat dan energi tubuhnya fokus dikeluarkan untuk menumbuhkan bulu.

  1. Faktor kesehatan burung 

Jika kondisi burung kurang fit, burung juga akan susah gacor atau berkicau. Kondisi burung sangat mempengaruhi performa burung itu sendiri.

Jika mengetahui burung tampak sakit, segera mungkin melakukan langkah-langkah pengobatan. Kenali gejala burung yang sakit dari segi fisiknya.

Mulai dari kondisi matanya yang kurang fokus,  ukuran tubuhnya yang semakin kurus atau dari kotorannya yang cair.

  1. Faktor stress

Burung yang stres akan cenderung diam dan tidak mau mengeluarkan suara kicauannya. Penyebab burung yang stres banyak sekali, salah satunya adalah penempatan kandang atau sangkarnya yang kurang tepat.

  1. Faktor kegemukan

Faktor ini paling unik dan kadang tidak disadari oleh pemiliknya. Burung yang mengalami kegemukan bisa menyebabkan susah mengeluarkan kicauan. Hal ini karana burung yang gemuk akan jadi malas dan kadang juga tanda tidak sehat.

  1. Faktor makanan

Makanan yang diberikan pada burung juga bisa berpengaruh terhadap suara burung tersebut. Makanan yang tidak tepat akan membuat burung enggan untuk mengeluarkan suara.

Baca Juga : Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina

Loading...
Loading...
Faktor Penyebab Burung Susah Berkicau Atau Gacor | ilmuhewan | 4.5