BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Faktor Penyebab Burung Pandai Berkicau

By On Monday, October 31st, 2016 Categories : Burung

Faktor Penyebab Burung Pandai Berkicau – Pada umumnya kita mendengar burung yang berkicau itu sebagai sebuah suara nyanyian indah yang keluar dari seekor burung.

Akan tetapi bagi burung itu sendiri, suara kicauan yang dikeluarkannya mempunyai tujuan yang beragam, ada kalanya si burung berkicau karena burung tersebut ingin menunjukan kehebatan berkicaunya, atau ada kalanya menunjukan kalau burung itu sedang mencari perhatian lawan jenisnya karena ingin kawin dsb.

Burung kenari, burung kacer dan burung cendet adalah jenis burung yang bisa mengeluarkan suara yang  indah dan merdu.

burung-bunyi

Baca Juga : Kandang sederhana untuk ternak burung lovebird

Bahkan burung cendet bisa mengeluarkan banyak kicauan yang berbeda seperti suara jangkrik dan suara burung prenjak.

Bagi para pecinta burung kicauan pasti ingin burung yang dimilikinya dapat berkicau dengan merdu dan lantang serta dengan durasi yang  panjang atau lama.

Oleh karenanya berbagai cara dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Burung kicauan yang dipelihara pecinta burung pasti selalu dirawat dan diberikan makanan tambahan agar burung bisa berkicau seperti keinginan.

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan burung kicauan yang dipelihara dirumah bisa pandai berkicau. Berikut ini ada beberapa faktor yang jadi penyebab burung pandai berkicau.

  1. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan yang meliputi penempatan sangkar menjadi faktor terpenting berkicaunya burung peliharaan.

Kandang yang ditempatkan dengan baik yang disesuaikan dengan kondisi psikis burung akan membuat burung menjadi jinak dan tidak kelabakan.

Kandang yang baik akan membuat burung menjadi nyaman dan akhirnya mau mengeluarkan kicauan.

  1. Faktor Keturunan

Faktor keturunan tentunya sangat berpengaruh terhadap kualitas burung. Jika induk burung memiliki suara yang bagus tentu anakan yang dihasilkan dari telurnya akan memiliki suara bagus juga karena hasil turunan sifat dari induknya

  1. Faktor Perawatan

Cara merawat burung kicauan juga berpengaruh besar terhadap hasil kicauan burung. Pemilik burung yang sudah merawat burung kicauannya dengan baik, mulai dari perawatan sangkar, proses memandikan dan memberi pakan setiap hari akan membuat burung senang dan rajin berkicau.

  1. Faktor makanan

Asupan gizi yang didapat burung dari makanan yang diberikan juga sangat penting dalam proses berkicaunya burung peliharaan.

Burung kicauan juga harus diberikan makanan tambahan untuk menambah staminanya.  Makanan tambahan yang baik untuk burung kicauan diantaranya adalah kroto dan jangkrik yang bisa  diberikan setiap 3 hari sekali (pagi hari dan sore hari).

  1. Faktor Masteran

Masteran suara burung yang diputar di dekat sangkar burung peliharaan dapat dijadikan pancingan supaya burung pandai berkicau.

Masteran dari burung lain misalnya burung cendet juga sangat bagus untuk pancingan kicauan.  Caranya dengan mendekatkan burung peliharaan didekat sangkar burung cendet.

  1. Faktor jenis kelamin

Burung yang berjenis kelamin jantan suara kicauannya biasanya lebih bagus dan lebih nyaring daripada burung berjenis betina. Sehingga faktor jenis kelamin juga berpengaruh terhadap kicauan burung.

Itulah faktor-faktor yang menyebabkan burung pandai berkicau, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Parkit Jantan dan Betina

Loading...
Faktor Penyebab Burung Pandai Berkicau | ilmuhewan | 4.5