Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Hewan Langka Dan Musnah

By On Wednesday, December 20th, 2017 Categories : Info Lainnya

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Hewan Langka Dan Musnah – Ilmuhewan.com – Selamat siang readers, apa kabarnya nih? Semoga baik- baik saja yha!

Mengenai hewan tentunya menarik untuk dibahas yha. Tetapi semakin bertambah dewasanya zaman, hewan semakin langka dan bahkan musnah.

Nah readers tahu tidak apa saja faktor-faktor yang menyebabkan hewan menjadi langka dan musnah? Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Karena pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan hewan langka dan musnah. Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas

  1. Hilangnya habitat

Faktor pertama yang menyebabkan hewan menjadi langka dan musnah yaitu hilangnya habitat. Berbagai macam ekosistem yang ada di darat dan juga di laut mengalami peruskan.

Perusakan ini dilakukan demi pembangunan gedung, jalan, rumah, maupun pembangunan- pembangunan yang lainnya. Oleh karena itu, satwa yang ada di bumi menjadi langka dan bahkan telah musnah.

  1. Eksploitasi alam

Faktor selanjutnya yaitu eksploitasi alam. Pengeksploitasia alam seperti halnya peburuan, memancing, dan juga berdagang, adalah faktor- faktor lain yang menyebabkan satwa yang ada di bumi menjadi langka dan bahkan musnah.

Misalnya, Bison Amerika adalah salah satu yang diburu. Populasi awalnya yang berjumlah 30 juta sebelum datang dan berkembangnya bangsa Eropa, ketika pada tahun 1890 jumlah Bison ini terhitung hanya tinggal 750 ekor yang masih hidup.

  1. Adanya bencana alam

Adanya bencana alam dapat berakibat terhadap punahnya satwa bahkan juga dapat memusnahkan. Seperti halnya hujan meteor yang tejadi pada zaman dinosaurus yang menyebabkan spesies dinosaurus mati dan punah tanpa ada satu dinosauruspun yang masih tersisa dan meneruskan keturunannya.

Dan jika suatu habitat tertentu yang hidupnya di lokasi yang sempit kemudian terkena bencana yang besar seperti halnya tsunami, tanah longsor, banjir, kebakaran, tumbukan meteor, dan masih banyak lagi, maka akan dapat mengakibatkan spesies menjadi langka dan bahkan mengalami kepunahan.

  1. Didesak oleh populasi yang lebih kuat

Pada dunia binatang, kompetisi menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Seperti halnya macan tutul dan harimau yang mampu membuat pesaing yang lebih lemah darinya akan terdesak ke suatu wilayah tertentu dan bahakan bisa saja mati kelaparan secara masal sehingga dapat menyebabkan kepunahan.

  1. Polusi

Faktor yang terakhir yaitu polusi. Polusi ini adalah isu penting penyebab kepunahan masal pada suatu jenis satwa. Jika tidak langsung membunung para binatang, polusi akan berakibat pada reproduksi dan juga mengacaukan proses binatang dalam berkembang biak. Selain itu, polusi juga akan menimbulkan perilaku yang tidak biasa bagi hewan.

Nah readers, gimana? Menarik bukan informasi kali ini. Sudah paham kan mengenai faktor-faktor yang menyebabkan hewan langka dan punah.

Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini. Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian.

Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pembagian Hewan Langka Menurut Wilayah di Indonesia

Loading...
Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Hewan Langka Dan Musnah | ilmuhewan | 4.5