Faktor dan cara penanganan kanibalisme pada ayam

By On Monday, December 26th, 2016 Categories : Info Lainnya

Faktor dan cara penanganan kanibalisme pada ayam – Setelah ditelusuri, sebagian ayam ada yang memiliki sifat kanibalisme. Yang dimaksud kanibalisme pada ayam ini yaitu kejadian ayam yang mematuk dan bahkan memakan ayam lain.

Kanibalisme pada ayam ini juga sering sekali terjadi. Jika kanibalisme dibiarkan , takutnya akan membahayakan ayam-ayam yang lain dan bahkan menyebabkan kematian pada ayam.

Untuk dapat mengatasi kanibalisme pada ayam yang perlu anda lakukan yaitu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kanibalisme pada ayam. Sehingga anda dapat mengatasi dan mencegah terjadinya kanibalisme.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas

Factor-faktor yang menyebabkan kanibalisme pada ayam :

  1. Ayam kekurangan pakan dan mineral

Ayam yang mengalami kekurangan mineral seperti Nacl, kalsium ,grit (dalam batu-batuan)dan nutrisi yang lain dapat menyebabkan terjadinya kanibalisme.

Salah satu contoh kanibalisme pada ayam broiler yaitu mematuk bulu,pial, kepala, dan kaki ayam lain. Sedangkan pada ayam petelur dapat mengakibatkan ayam mematuk telurnya sendiri. Jika tidak segera ditangani hal ini bisa menyebabkan kematian.

  1. Suhu yang terlalu panas pada kandang

Jika suhu didalam kandang terlalu panas dan lembab maka akan menyebabkan ungags menjadi stress dan memacu terjadi kanibalisme. Hal ini terjadi karena unggas ingin melepaskan panas ditubuhnya dengan cara mencari tempat yang nyaman.

  1. Kapasitas kandang yang terlalu padat

Jika kapasitas dalam suatu kandang terlalu padat atau berlebihan akan menyebabkan suhu pada kandang akan meningkat. Hal ini menyebabkan ayam akan berebut tempat yang nyaman. Bahkan ayam bisa melakukan kanibalisme untuk mendapatkan tempat yang nyaman dari ayam ayam lain

  1. Keseragaman umur

Ayam yang akan disatukan dalam satu kandang haruslah memiliki umur yang sama. Jika ada ayam yang lebih dewasa yang disatukan dengan ayam yang lebih muda, maka ayam dewasa akan cenderum menindas dan menyerang ayam yang lebih muda

  1. Kurangnya tempat untuk makan dan minum baik dari segi jumlah maupun luasnya.

Kurangnya tempat untuk makan dan minum akan menyebabkan ayam saling berebut makanan. Jika tempatnya sempit ayam akan mematuk ayam lain untuk mendapatkan makanan. Karena sifat alami ayam yang akan berebut makanan untuk bertahan hidup.

  1. Parasite

Ada beberapa parasit yang dapat memacu terjadinya kanibalisme. Karena beberapa parasite dapat menyebabkan penyakit. Jika ada parasit di tubuh ayam, ayam akan merasa gatal dan mematuk dirinya sendiri sampai berdarah.

  1. Warna merah (jengger)

Ayam alaminya akan cenderum menyerang warna merah (jengger). Jika ada ayam yang mempunyai jengger terlalu merah maka akan memicu ayam lain yang akan menyerangnya.

Lalu bagaimana caranya mengatasinya :

  1. Memperbaiki pakan
  2. Atur suhu dan temperature kandang
  3. Mengatur kapasitas kandang agar tidak terlalu padat
  4. Pisahkan ayam menurut umur dan bobot
  5. Perluas untuk tempat makan dan minum ayam
  6. Melakukan sanitasi pada kandang.

Itulah beberapa informasi tentang faktor dan cara mengatasi kanibalisme pada ayam. Semoga informasi yang saya sampaikan menambah pengetahuan dan manfaat  bagi kalian semua. Sekian dari saya terima kasih.

Baca Juga : Panduan merawat ayam aduan usai betarung

Loading...
Faktor dan cara penanganan kanibalisme pada ayam | ilmuhewan | 4.5