Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuning Telur

By On Tuesday, November 29th, 2016 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Kuning Telur – Salah satu makanan paling sehat di dunia adalah telur. Telur sendiri teridiri dari dua bagian, yaitu bagian berwarna putih dan kuning.

Banyak orang yang salah mengiraa tentang salah satu bagian dari telur, itu kkuning telur ini. Banyak orang yang menganggap kuning telur hanya mengandung kolesterol tinggi.

Namun jangan salah, justru bagian kuning telur yang banyak tidak disukai orang ini memiliki banyak manfaat dan berbagai hal unik lainnya.

kuning-telur-unik

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

Berikut ini beberapa fakta unik yang harus Anda ketahui tentang kuning telur.

  1. Warna kuning yang lebih pekat, lebih sehat

Semakin kuning warna kuning telurnya, maka kandungan vitamin A di dalamnya semakin banyak. Warna kuning pada telur dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ayam.

Jika warna kuning telur lebih pekat, artinya ayam lebih banyak memakan jagung, yaitu pakan alami, yang artinya ayam tersebut diberi nutrisi yang alami.

  1. Kuning telur selalu berada di tengah

Kuning teulr selalu terletak di tengah karena terdapat tali putih atau calazae pada bagian putih telur yang berfungsi untuk menahan si kuning telur agar tidak menempel pada cangkang telur.

  1. Dua kuning telur dalam satu cangkang

Walaupun jarang terjadi, namun hal ini bisa terjadi dikarenakan proses pembuahan terlalu cepat. Dan biasanya kuning telur double ini telurnya berbentuk lebih panjang dan langsing dari telur kebanyakan.

  1. Telur tanpa kuning

Walaupun ada telur yang kuning telurnya terdapat lebih dari satu, ternyata ada juga telur yang tidak ada kuning telurnya.

Hal ini terjadi karena jaringan reproduksinya pecah sehingga akan menstimulus telur memproduksi kelenjar yang akan membungkus telur menggunakan putih telur, membran, dan cangkang.

  1. Kuning telur yang matang, lebih sehat

Bagi beberapa orang, kuning telur memang lebih enak jika disantap setengah matang. Namun, ternyata kuning telur akan lebih sehat jika dimasak sampai matang karena level bakteri yang ada di dalamnya akan jauh berkurang.

  1. Manfaat kuning telur untuk rambut

Mungkin sebagian orang sudah mengetahui bahwa kuning telur sangat bermanfaat untuk rambut. Kuning telur mentah jika digunakan sebagai masker rambut akan menyuburkan dan menghilangkan masalah kerontokan. Namun, jangan lupa dibilas agar rambut tidak bau amis.

Baca JugaCara Merawat Telur Kenari Agar Menetas Dengan Sempurna

Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuning Telur | ilmuhewan | 4.5