Fakta Unik Tentang Kucing yang Anda Harus Tahu

By On Saturday, November 19th, 2016 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Tentang Kucing – Kucing termasuk kedalam salah satu jenis hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh sebagian besar orang, banyak fakta – fakta unik tentang kucing yang harus diketahui terutama bagi pecinta kucing.

Baca Juga : 4 Trik Jitu Jinakkan Burung Gereja yang Gesit

Berikut penjelasan lebih rincinya.

  1. Kucing sebenarnya adalah sejenis hewan yang menyukai kebersihan, salah satu perilaku perawatan diri kucing adalah dengan menjilati rambut nya menggunakan air liurnya. Air liur kucing ini merupakan sebuah agen pembersih yang baik dan kuat, namun memang bagi beberapa orang bisa menimbulkan alergi yang efeknya tidak baik. Kucing juga terkadang sering mengeluarkan atau memuntahkan gulungan – gulungan rambut atau hairball yang terkumpul dari dalam perutnya.
  2. Sensor syaraf perasa pada kucing rupanya hanya sedikit, ini menyebabkan lidah kucing tidak dapat merasakan bagaimana rasa makanannya. Sebagai perbandingan saja, manusia yang mempunyai 9000-an syaraf perasa di lidah sedangkan kucing hanya mempunyai sekitar 470-an saraf perasa di lidahnya. Inilah yang membuat kucing sering untuk membaui makanannya sebelum makanan itu mulai dimakan, hal ini disebabkan karena nafsu makan seekor kucing berasal dari bau makanan bukan rasanya.
  3. Di Indonesia, suara kucing sering dituliskan dengan kata meong. Di Amerika, suara kucing tersebut dituliskan dengan kata meow.
  4. Bila kucing sesekali menggosokkan badannya ke bagian badan ataupun kaki manusia, itu artinya kucing menginginkan dirinya menjadi hewan peliharaan orang tersebut hal ini ditandai dengan cara kucing memberitahukan orang tersebut dengan bagaimana bau badan dari kucing itu sendiri.
  5. Salah satu cara kucing menyimpan energinya yaitu akan tidur lebih sering dibandingkan dengan hewan lainnya. Kucing adalah hewan yang bisa tidur lebih kurang 12-16 jam per hari, dengan rata-rata lama tidur sebanyak 13-14 jam sehari. Namun untuk beberapa jenis kucing ada yang jam tidurnya selama lebih kurang 20 jam setiap harinya.
  6. Jika Anda iseng dan ingin membandingkan usia kucing dengan manusia, maka mulailah dari usia 20 tahun untuk manusia untuk kucing sebagai tahun pertama. Kemudian tambahkan dengan usia manusia sebanyak 4 tahun untuk setiap tahun usia kucing. Contohnya: jika mempunyai kucing yang berusia 4 tahun berarti usia kucing yang sekarang sama dengan 20 tahun usia manusia atau 1 tahun usia kucing kemudian ditambahkan 3 tahun usia kucing lalu dikalikan dengan 4, sehingga didapatkan perhitungan 20 tahun ditambah 12 tahun usia manusia. Jadi usia kucing tersebut yang 4 tahun sama dengan usia manusia yang telah berusia 32 tahun.
  7. Kucing mempunyai tubuh yang begitu lentur, bagian kaki depan kucing bisa diputar ke segala arah dan bagian tubuh lainnya pun dapat bergerak ke arah yang berlawanan juga.
  8. Kucing mendengkur atau biasa disebut purring ternyata tidak selalu menunjukkan bahwa kucing berada dalam keadaan yang nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang sama hanya saja lebih keras saat merasa stres atau sedang merasakan sakit.
  9. Jika kucing yang memakan rumput, ternyata ini merupakan cara kucing dalam upaya untuk memperbaiki sistem pencernaannya dan membantu mengeluarkan rambut yang ikut tertelan saat membersihkan badannya yang kemudian menumpuk di lambung.
  10. Kucing mempunyai 5 buah jari pada kaki depannya dan mempunyai 4 buah jari di kaki belakangnya. Namun ada juga kucing yang terlahir dengan 6 atau 7 jari pada kaki depan dan belakangnya.
  11. Usia kucing yang jika dipelihara dengan baik di rumah biasanya bisa mencapai usia 16 tahun, namun untuk kucing yang biasa hidup liar di luar rumah hanya bertahan sekitar 3-5 tahun saja.
  12. Pada kondisi gelap total rupanya kucing tidak dapat melihat, namun pada malam hari dengan cahaya yang sangat sedikit penglihatannya jauh lebih tajam daripada penglihatan manusia. Hal ini dikarenakan kucing mempunyai lapisan yang merefleksikan cahaya yang biasa disebut dengan taptetum, fungsinya untuk meningkatkan cahaya yang masuk ke dalam retina matanya.

Baca Juga : Cara Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Pekarangan Rumah

Fakta Unik Tentang Kucing yang Anda Harus Tahu | ilmuhewan | 4.5