Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta Unik Tentang Hewan Beruang

By On Thursday, January 19th, 2017 Categories : Uncategorized

Fakta Unik Tentang Hewan Beruang – Ilmuhewan.com – Dari beberapa jenis hewan yang bersifat buas, beruang adalah salah satu hewan yang sering masuk ke dalam pemukiman manusia.

Kasus ini sering dijumpai di negara-negara dengan kontur wilayah pegunungan seperti California.

Beruang merasa terancam dengan keberadaan manusia yang terus-menerus merusak hutan dan mengganggu wilayah teritori beruang.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Kucing Persia

Dalam kelompok famili, beruang masuk sebagai Ursidae yang berukuran tubuh lebih besar ketmbang hewan lain dalam satu famili.

Insting hewan beruang sangat tajam, terlebih ketika sudah memiliki anak, ia akan berusaha sekuat tenaga untuk memproteksi keberlangsungan hidup anak-anaknya.

Beruang terdiri dari berbagai macam jenisnya, namun berikut ini ada hal-hal dan fakta unik tentang hewan beruang yang patut Anda ketahui:

Fakta Unik Tentang Hewan Beruang

  • Kata beruang berasal dari bahasa Inggris kuno, bera yang berarti hewan bermoncong panjang, memiliki cakar serta memiliki bulut tebal.
  • Beruang adalah hewan karnivora dengan makanan utama daging, tetapi ada pula jenis beruang yang memakan segala atau omnivore yaitu beruang madu.
  • Beruang memiliki 8 spesies dengan 6 genus utama yang semuanya tersebar di seluruh penjuru dunia. Para ahli hingga kini masih mempelajari lebih detail beberapa genus, seperti Ursus, Ailuporoda serta Helarctos.
  • Habitat utama beruang berada di hutan dengan area pegunungan atau perbukitan. Mereka senang di wilayah sub tropis dengan 4 musim ataupun berada di wilayah kutub. Beruang juga sangat pandai beradaptasi, terlihat pada bulu-bulu beruang kutub yang tebal dan mampu bertahan dalam iklim wilayah yang bersuhu dingin hingga minus 0.
  • Kekuatan utama beruang berada di sekitar otot pada bahu serta kaki. Bahkan, beruang juga bisa berdiri dengan 2 kaki. Sementara itu, cakar panjang pada tangan dapat dipakai untuk menggali tanah, mematahkan tulang musuh, hingga menumbangkan sebatang pohon.
  • Indera penciuman beruang kutub bisa mencapai radius 20 mil. Dalam masa dingin, hewan beruang sangat mengandalkan indera penciuman karena sulit untuk mendapatkan mangsa buruan/makanan.
  • Beruang memiliki kecepatan berlari sampai 50 km per jam rata-rata, dengan catatan beruang kutub mampu berlari hingga 56 km per jam. Sedangkan beruang madu dapat berlari sampai 48-52 km per jam.
  • Bobot tubuh hewan beruang jantan dewasa bisa mencapai 450 kg dengan tinggi sekitar 3 meter. Sementara itu, beruang kutub jantan dewasa bahkan bisa mencapai 800 kg.
  • Hewan beruang mampu berhibernasi atau tidur panjang selama musim kawin tanpa kencing sedikit pun karena urin akan terus didaur ulang di dalam tubuhnya.
  • Selama hibernasi, beruang juga terus tidur tanpa makan atau minum, karena mengandalkan cadangan lemak di dalam lapisan tubuhnya.
  • Gigi beruang mencapai 32 sampai 42 buah, akan tetapi gigi taring malah berukuran lebih kecil daripada gigi gerahamnya.
  • Warna tubuh setiap jenis spesies beruang berbeda-beda. Misalnya beruang kutub berwana bulu putih mengkilap yang tebal sementara beruang lain berwarna hitam dan ada pula yang kecoklatan atau kemerahan bahkan abu-abu.
  • Hewan beruang termasuk dalam hewan yang berumur bisa dibilang lumayan panjang umur karena rentang usia yang dimiliki sampai 40 tahun. Tapi, ini adalah rekor hewan beruang yang dikarantina atau berada dalam kebun binatang. Sementara beruang liar yang hidup di hutan bebas memiliki umur yang lebih pendek karena harus mengalami persaingan dalam habitatnya.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Hewan Antelope Yang Wajib Anda Ketahui

Loading...
Fakta Unik Tentang Hewan Beruang | ilmuhewan | 4.5