Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta Unik Tentang Hewan Antelope Yang Wajib Anda Ketahui

By On Saturday, January 7th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Hewan Antelope – Ilmuhewan.com – Apabila mendengar tentang hewan antelop, sebagian besar masyarakat yang masih awam tentu akan mengernyitkan dahi karena tidak terlalu familiar.

Sebenarnya, tidak begitu heran kenapa hewan antelop jarang dijumpai di tanah air. Karena hewan yang masuk dalam spesies lembu dan mirip kijang ini ternyata tinggal dan hidup di benua Afrika.

Kondisi habitat pada rumput alias savanna membuat antelop merasa nyaman berkembang biak di Afrika. Dilihat sepintas, fisik antelop sangat mirip dengan kijang.

Tubuhnya ramping, gerak gesit dan pada punggung terdapat warna cokelat gelap sementara bagian samping berwarna kuning kecoklatan. Antelop jantan yang dewasa tubuhnya berwarna cokelat gelap.

Berikut ini beberapa fakta-fakta tentang antelop yang wajib Anda ketahui. Agar tidak penasaran, simak terus ya…

  1. Terdapat rongga di dalam kuku dan tanduk. Ciri ini juga dimiliki oleh lembu.
  2. Hewan antelop memiliki nama latin Bovidae, dan menjadi salah satu hewan yang langka dan dilindungi oleh pemerintah karena terancam dalam kepunahan.
  3. Termasuk dalam hewan nomaden serta berkoloni dalam jumlah yang besar mencapai ratusan ekor dalam satu koloni.
  4. Panjang tubuh antelop antara 1,2 m, dan panjang ekor hingga 1,7 m
  5. Bobot tubuh antelop dewasa dapat mencapai 73 kg
  6. Tanduk berbentuk lurus dan sedikit spiral di ujung tanduk ketika sudah tua, tetapi ukuran tanduk jantan lebih panjang dan tebal dibanding antelop betina
  7. Habitat asli berada di hutan atau rawa-rawa, tetapi paling sering dijumpai di daerah savanna dengan banyak vegetasi kering.
  8. Memiliki kecepatan berlari yang baik dan naluri melarikan diri yang gesit dari sergapan predator seperti singa di alam liar.
  9. Antelop mudah menjadi sasaran empuk para predator karena sering berada di tempat terbuka seperti savanna
  10. Antelop betina bertugas memberikan kode peringatan tanda bahaya kepada koloni dengan cara melompat-lompat ke udara serta mengeluarkan suara seperti menjerit
  11. Antelop dewasa dapat berlari hingga 64 km per jam. Serta, memiliki daya tahan tubuh yang baik ketika berlari.
  12. Senang beraktivitas di pagi dan sore. Ketika suhu udara mulai turun, antelop memilih untuk berdiam di sarangnya.
  13. Memiliki sifat memamah biak seperti lembu. Makanan dikunyah dan langsung ditelan, tetap, saat istirahat, makanan dikeluarkan lalu dikunyah lagi hingga halus.
  14. Hewan antelop kadang juga bisa memakan jenis semua tumbuhan, seperti rumput, semak, pucuk daun, tunas pohon, hingga umbi-umbian.
  15. Ketika memasuki musim kawin, antelop jantan akan bertarung untuk memperebutkan antelop betina. Di India, Asia Selatan, musim kawin terjadi pada bulan Maret hingga April, serta Agustus dan Oktober.
  16. Setiap antelop dewasa yang siap kawin akan menandai wilayah kekuasaan masing-masing. Luas wilayah teritori ini hingga 100 hektar, jika ada antelop jantan lain yang memasuki wilayah ini, tak jarang akan terjadi pertarungan yang berujung kematian.
  17. Tanduk antelop yang berbentuk unik juga berfungsi untuk menarik hati antelop betina. Selain itu, tanduk yang runcing berbentuk lurus juga sangat mematikan bagi lawan, apabila sudah mencapai usia tua, tanduk ini akan melengkung ke belakang dan membentuk seperti spiral.
  18. Saat berhasil kawin, antelop betina akan mengandung selama kurang lebih 6 bulan. Dalam satu kelahiran, antelop betina hanya mampu melahirkan satu ekor anak saja, sehingga sangat mempengaruhi populasi antelop sendiri.
Loading...
Fakta Unik Tentang Hewan Antelope Yang Wajib Anda Ketahui | ilmuhewan | 4.5