Fakta Unik Tentang Burung Kasuari

By On Thursday, December 1st, 2016 Categories : Burung

Fakta Unik Burung Kasuari  – Ternyata masih banyak orang yang awam terhadap Burung Kasuari. Bahkan sebagian yang lain masih belum tahu dan baru mendengar tentang Burung Kasuari.

Hal tersesbut tentunya bisa terjadi bukannya tanpa alasan. Alasan terbesarnya adalah Burung Kasuari memang termasuk dalam Burung langka yang jumlah penyebarannya sangat terbatas.

Yaitu antara Papua New Guinea hingga Papua saja. Dimana selain kedua daerah tersebut maka Burung jenis Kasuari akan sulit untuk bisa hidup dan juga beradaptasi.

burung-kasturi

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Aves (Burung)

Kenyataan tersebutlah yang membuat jenis Burung ini sulit untuk ditemukan. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang masih awam terhadap Burung Kasuari.

Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan fakta unik tentang Burung Kasuari:

  1. Jenis Burung Berbahaya

Hal pertama yang harus diketahui tentang Burung Kasuari adalah tentang keganasan yang dimiliki oleh Burung ini.

Dimana ternyata Burung Kasuari dikenal sebagai jenis burung yang sangat sensitive dan juga peka. Sehingga apabila ada sesuatu disekitarnya yang ia anggap sebagai bahaya maka tanpa ragu Burung Kasuari akan melakukan penyerangan.

Hal tersebut dilakukan untuk melindungi dirinya sendiri. Bahkan tidak terkecuali apabila yang ia anggap bahaya adalah manusia maka Burung Kasuari juga akan melakukan serangan mendadak dan juga tidak terduga. Sehingga apabila ada disekitar dari Burung Kasuari maka sangat dianjurkan untuk berhati-hati.

  1. Memiliki Perlindungan yang Hebat

Meskipun bukan termasuk kedalam jenis Burung predator namun bukan berarti Burung Kasuari tidak memiliki perlindungan diri yang hebat.

Dimana perlindungan diri tersebut didapatkan terutama dari cakar yang dimiliki. Karena cakar yang dimiliki oleh Burung Kasuari sangat tajam sekaligus besar.

Sehingga dengan cakar tersebut Burung Kasuari bisa melakukan penyerangan maupun perlindungan sekaligus. Selain itu kekuatan lain yang dimiliki oleh Burung Kasuari adalah kaki-kakinya yang sangat kuat.

Dimana kaki tersebut sangat kuat ketika menendang. Hal tersebut berguna apabila ada predator yang mencoba memangsanya.

  1. Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Tidak seperti jenis-jenis burung lainnya yang memiliki kemampuan terbang namun ternyata kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh Burung Kasuari.

Hal tersebut disebabkan karena bobot yang dimiliki oleh Burung Kasuari bisa dibilang sangat besar. Apalagi apabila bobot tersebut dibandingkan burung-burung lainnya. Tentunya Burung Kasuari bisa dibilang burung dengan salah satu bobot terbesar.

Sehingga tidak heran apabila Burung Kasuari tidak memiliki kemampuan untuk mengepakkan sayapnya agar bisa terbang.

  1. Memiliki Masa Hidup Panjang

Tiap Jenis Burung tentunya memiliki karakteristik panjang umur masing-masing. Ada yang berumur pendek hingga ada yang berumur panjang.

Untuk jenis Burung Kasuari sendiri termasuk ke dalam jenis Burung yang memiliki masa hidup panjang. Dimana kisaran hidup yang dimiliki oleh Burung Kasuari antara 50 tahun hingga 60 tahun.

Apalagi apabila Burung Kasuari tinggal di lingkungan alaminya maka masa hidupnya bisa lebih panjang lagi.

  1. Burung Kasuari Jantan yang Mengerami Telur

Biasanya tugas untuk mengerami telur akan diberikan kepada Burung Betina. Namun ternyata khusus untuk Burung Kasuari tugas tersebut diberikan kepada pejantan.

Dimana setelah Burung Kasuari Jantan dan Burung Kasuari Betina kawin dan menghasilkan telur maka Burung Jantanlah yang bertugas mengerami telur tersebut hingga menetas.

Hal tersebut disebabkan karena Burung Kasuari Jantan lebih ganas daripada Burung Kasuari betina. Sehingga untuk menjaga telur-telur tersebut dari serangan predator maka Burung Kasuari Jantan yang lebih bisa untuk diandalkan.

Baca Juga : Macam-macam Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Fakta Unik Tentang Burung Kasuari | ilmuhewan | 4.5