Fakta Unik Tentang Burung Hantu yang Wajib Anda Tahu

By On Sunday, December 25th, 2016 Categories : Burung

Fakta Unik Tentang Burung Hantu  – Mendengar nama Burung Hantu maka yang pertama kali terlintas di kepala biasanya sesuatu yang menakutkan. Tentunya hal tersebut bisa terjadi bukannya tanpa alasan.

Alasannya sederhana yaitu karena Burung Hantu selalu diidentikan dengan sesuatu yang gaib dan juga kasat mata.

Bahkan seringkali film-film horor baik dalam maupun luar negeri selalu menjadikan Burung Hantu untuk menambah kesan mistis.

Baca Juga : Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Peranan Aves (Burung)

Semua hal tersebutlah yang membuat Burung Hantu memiliki kesan tidak baik di mata banyak orang. Namun lepas dari semua kesan menakutkan tersebut nyatanya Burung Hantu memiliki banyak kemampuan menakjubkan yang masih jarang diketahui oleh orang banyak.

Karena itulah, berikut ini akan dijabarkan fakta unik tentang Burung Hantu yang wajib anda tahu:

  1. Leher yang Berputar 270 derajat

Tiap makhluk hidup tentunya memiliki batasan gerak tersendiri. Hal tersebut tidak lepas karena kerangka tubuh yang tercipta untuk melindungi tubuh itu sendiri.

Seperti gerakan yang hanya bisa maju, mundur maupun menoleh. Namun ada beberapa jenis binatang yang memiliki keistimewaan gerak.

Salah satunya adalah Burung Hantu. Dimana Burung Hantu memiliki kemampuan untuk memutarkan lehernya hingga 270 derajat.

Yang dalam arti lainnya kepala Burung Hantu bisa memutar secara penuh. Ternyata hal ini bisa terjadi karena mata dari Burung Hantu yang berukuran besar tidak bisa melirik. Untuk itulah, kemampuan dari Burung Hantu yang memutarkan kepalanya berguna untuk mengawasi kondisi sekitar.

  1. Terbang Dalam Senyap

Biasanya banyak jenis burung yang terbang dengan mengeluarkan suara yang jelas. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk sebagai penegas dari keberadaannya.

Namun ternyata hal lain terjadi pada Burung Hantu. Dimana Burung Hantu yang sering muncul di malam hari ternyata dikenal sebagai Burung yang tenang. Bukan hanya ketika dia sedang bertengger di pohon namun juga ketika dia sedang terbang.

Dimana Burung Hantu ketika terbang tidak pernah mengeluarkan suara berisik bahkan bisa dibilang senyap. Hal tersebut tidak lepas karena sayap dari Burung Hantu dirancang sedemikian rupa untuk tidak mengeluarkan suara ketika digunakan.

  1. Sudah Dikenal Lama Oleh Suku Maya

Ternyata Burung Hantu menjadi binatang yang sudah lama dikenal sejak dulu. Hal tersebut terbukti dengan sebuah relief gambar dari Burung Hantu yang terdapat di peninggalan Suku Maya.

Dimana Suku Maya nyatanya tidak pernah memandang sebelah mata dari binatang mala mini. Karena Suku Maya menganggap bahwa Burung Hantu adalah binatang yang menjadi symbol dari kebijaksanaan.

  1. Bisa Mengonsumsi Hingga 1.000 Tikus

Salah satu jenis binatang yang menjadi konsumsi dari Burung Hantu adalah tikus. Namun yang banyak orang belum tahu adalah satu ekor Burung Hantu mampu mengonsumsi hingga 1.000 Tikus dalam setahun.

Dimana jenis Burung Hantu yang mampu melakukan konsumsi dalam jumlah besar ini adalah Burung Hantu jenis Serak Jawa.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Burung Hantu jenis akan mengonsumsi tikus buruannya dengan sangat ganas. Yaitu dia tidak akan menyisakan apapun dari Tikus yang ia dapatkan. Mulai dari daging, kulit hingga tulang pasti akan dihabiskan.

  1. Predator yang Handal

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Burung Hantu mampu terbang dengan tidak berisik. Hal tersebut nyatanya dimanfaatkan oleh Burung Hantu untuk menyergap mangsanya dengan cepat dan juga tidak ketahuan.

Hal tersebut tidak lepas karena mangsanya tidak menyadari kehadiran dari Burung Hantu. Sehingga membuat Burung Hantu menjadi predator yang handal dan juga tidak berisik.

Baca Juga : Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot)

Loading...
Loading...
Fakta Unik Tentang Burung Hantu yang Wajib Anda Tahu | ilmuhewan | 4.5