BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Fakta Unik Tentang Ayam Serama

By On Sunday, November 20th, 2016 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Tentang Ayam Serama – Ayam serama termasuk salah satu jenis ayam yang memiliki ukuran kecil atau mini namun ayam ini tampak gagah dari segi bentuknya.

Ayam jenis serama merupakan ayam asli Indonesia yang mempunyai keunikan sendiri sehingga bisa membuat canda tawa dan ternyata mampu menghilangkan stress bagi si pemilik ayam sendiri.

Cukup dengan bantuan tepukan tangan saja atau iring – iringan musik, ayam serama ini akan langsung beraksi seperti pragawati yang sedang berjalan di atas catwalk.

fakta-unika

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa

Begitu juga dengan ayam serama yang akan langsung berlenggak-lenggok dengan membusungkan dadanya yang berbulu tebal.

Harga untuk satu ekor ayam jenis serama ini tak heran tergolong sangat mahal hingga mencapai sekitar lebih kurang 200 juta rupiah. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang ayam serama.

Ayam Paling Mungil di Dunia

Ayam serama disebut sebagai ayam yang termungil atau paling kecil di dunia, karena dengan tinggi badannya yang hanya antara 20 cm hingga 25 cm.

Sedangkan untuk berat badannya, ayam ini hanya memiliki berat badan sekitar 300 gram hingga 500 gram.

Meskipun demikian, dengan ukuran tubuh yang tergolong sangat kecil, untuk harganya ternyata ayam ini sangatlah tidak kecil. Ayam serama dijual jutaan bahkan ratusan juta rupiah.

Jika ayam serama yang dibeli adalah ayam yang pernah menjuarai sebuah kontes, maka untuk harga beli ayam ini bisa mencapai 50 juta rupiah.

Ayam Sombong

Ayam serama dijuluki sebagai ayam yang sombong disebabkan karena ayam ini dadanya membusung kedepan, memiliki sayap yang besar, panjang kemudian tegak lurus arah kebawah dan menyentuh lantai. Berbeda dengan ayam jenis.

Ayam kate juga termasuk ayam yang kecil akan tetapi pendek. Sementara ayam serama, meskipun mungil, tubuhnya tegap gagah. Kepalanya seperti ditarik ke belakang dan ekornya berdiri tegak lurus, tepat di belakang kepala.

Gaya Kontes

Ayam serama juga diikutkan dalam berbagai kontes selain dipelihara. Penilaian yang diberikan pada ayam serama saat mengikuti kontes, dilihat berdasarkan dari postur tubuh dan gaya ayamnya yang angkuh.

Tempat ayam serama berjalan dan bergaya adalah pada meja kontes. Gaya yang paling khas dari ayam serama ini adalah membusungkan dadanya atau yang biasa dikenal dengan gaya narik.

Selain itu juga ada gaya dengan nama gaya getar, yaitu dengan menggerakkan kepala dan lehernya seperti seolah – olah sedang bergetar.

Jika dadanya sejajar atau melebih posisi kepala dari ayam ini, maka gaya ini dikenal dengan gaya slam atau nyelam.

Ayam Persilangan

Seorang peternak dari Malaysia yang bernama Pak Wee Yean Een lah yang pertama kali melakukan persilangan pada ayam serama ini.

Persilangan yang terjadi berlangsung selama bertahun – tahun dengan berbagai jenis ayam dan ternyata nama serama ini diambil dari seorang tokoh wayang kulit yang bernama Sri Rama.

Warna-Warni

Ayam serama memiliki warna dan corak yang merupakan kombinasi dari warna hitam dan merah atau yang biasa disebut ara. Sedangkan kombinasi dari dua warna yang kemudian dihiasi bintik – bintik dikenal dengan istilah rinting. Untuk warna ayam serama yang berwarna cokelat tua biasanya disebut dengan kubing.

Selain itu juga terdapat jenis warna ayam serama yang seperti warna pinang masak, yaitu warna kuning terang.

Diantara banyaknya jenis warna yang ada pada ayam serama, ternyata ada pula warna ayam serama yang polos putih dan hitam.

Baca Juga : Berikut Daftar Kebutuhan Vitamin yang dibutuhkan Oleh Ayam

Loading...
Fakta Unik Tentang Ayam Serama | ilmuhewan | 4.5