Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa

By On Thursday, November 17th, 2016 Categories : Info Lainnya

Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa – Berbagai jenis fauna tersebar diseluruh wilayah di Indonesia.

Masing-masing wilayah atau daerah tentunya memiliki jenis fauna khasnya sendiri, seperti Papua terkenal dengan burung meraknya, Lampung dengan gajahnya dan pulau Komodo tentu saja terkenal dengan komodonya.

Dari sekian banyak keanekaragaman jenis fauna yang ada di Indonesia, terdapat satu hewan yang sudah sangat terkenal atau populer hampir seluruh daerah di Indonesia juga selain itu hewan ini dapat dimakan daging juga dan telurnya, kemudian bulunya dimanfaatkan dan juga ada yang menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan, hewan ini adalah ayam.

fakta-unik-ayam-ketwa

Baca Juga : Teknik dan Cara Ternak Ayam Kampung yang Benar

Banyak jenis ayam yang  tersebar luas di seluruh daerah Indonesia. Terdapat satu jenis ayam yang dinilai unik dan banyak yang menjadi penggemar ayam ini, yaitu jenis ayam ketawa.

Ayam ketawa ini disebut juga dengan ayam jantan dari timur yang dalam bahasa bugis.

Tidak hanya manusia yang bisa tertawa, ternyata ayam juga bisa. Inilah alasannya unggas yang satu ini diberi nama dengan ayam ketawa.

Suara kokok ayam ini mirip seperti orang yang sedang tertawa. Sementara bagi orang yang ingin mencari keberuntungan atau hoki, ayam ketawa ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan.

Dulunya ayam ini dipelihara dan dijadikan hewan oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam ketawa merupakan simbol dari status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah, dan juga sukses. Secara fisik, unggas yang juga sering disebut dengan nama Ayam Jantan dari Timur ini bisa dikatakan lebih mirip dengan ayam kampung biasa.

Mulai dari bentuk, ukuran, gerak-gerik dan warna warni bulunya menyerupai ayam kampung. Mengembakbiakkan dan merawat unggas yang satu ini pun tidak susah, tetap sama seperti ayam lainnya. Hanya saja bedanya kalau ayam ketawa sudah dapat berkokok sejak berusia tiga bulan.

Namun bagi orang yang baru pertama mendengar, suara kokok ayam ini lebih mirip bunyi burung perkutut.

  1. Ayam Bangsawan

Sejak zaman dulu, ayam jenis ketawa ini hanya dipelihara oleh para bangsawan suku bugis. Selain itu ayam ketawa bisa menjadi simbol status sosial seseorang dalam masyarakat juga menjadi simbol akan sukses atau tidaknya seseorang.

  1. Ayam Sidrap

Waktu itu sekitar tahun 2005, pemerintah daerah Kabupaten Sidrap yaitu Kabupaten Sidenreng Rappang yang terletak di sebelah utara kota Makassar yang masuk kedalam Provinsi Sulawesi Selatan berinisiatif untuk melestarikan ayam jenis ketawa ini.

Kemudian Pemerintah memberikan penyuluhan, memberikan berupa motiasi – motivasi dan berbagai lomba untuk meningkatkan kesadaran warga sekitar Kabupaten Sidrap tentang pentingnya pelestarian ayam ketawa.

  1. Mirip Ayam kampung

Dilihat dari bentuk fisiknya, ayam ketawa mirip sekali dengan ayam kampung. Namun ketika mendengar suaranya, maka akan ditemukan perbedaan yang sangat mencolok. Ayam ketawa memang memiliki suara yang memang mirip sekali dengan ketawa manusia.

  1. Jenis Suara

Setiap manusia telah di anugerahi berbagai macam jenis suara, seperti suara jenis tenor, soprano, bass dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi pada unggas jenis ayam ketawa ini. Layaknya seperti tidak mau kalah dengan manusia, ayam ketawa juga memiliki tiga jenis suara yaitu Garetek, Gaga dan Dodo.

  • Jenis Suara Garetek

Jenis suara ayam garetek ini adalah salah satu jenis suara yang memiliki interval

  • Jenis Suara Gaga

Jenis suara yang satu ini adalah suara kokok ayam dengan interval yang lambat.

  • Jenis Suara Dodo

Suara yang mendayu – dayu adalah termasuk jenis suara dodo.

Baca Juga : Berikut Daftar Kebutuhan Vitamin yang dibutuhkan Oleh Ayam

Fakta Unik Tentang Ayam Ketawa | ilmuhewan | 4.5