BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Fakta Unik Prilaku Gajah

By On Saturday, December 3rd, 2016 Categories : Uncategorized

Fakta Unik Prilaku Gajah – Banyak yang mengenal Gajah sebagai hewan darat terbesar di dunia. Hal tersebut terjadi karena bobot dari Gajah yang mencapai massa hingga 7.000 kg.

Dimana jenis Gajah sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yakni Gajah Afrika dengan Gajah Asia. Sesuai dengan namanya, Gajah tersebut tinggal di wilayah Afrika dan wilayah Asia.

Namun yang patut disayangkan adalah dari waktu ke waktu, populasi dari Gajah terus mengalami penurunan. Hal tersebut tentunya bisa terjadi karena perburuan terhadap Gajah oleh pihak-pihak bertanggung jawab yang terus terjadi.

prilaku-gajah

Baca Juga : Fakta Unik Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kucing Savannah

Dimana kulit dan Gading Gajah yang selalu menjadi buruan utama untuk dijual. Padahal Gajah termasuk dalam binatang yang unik. Berikut ini akan dijabarkan fakta unik prilaku Gajah:

  1. Induk Gajah Menendang Anak Gajah Yang Baru Lahir

Tiap anak yang baru dilahirkan tentunya sangat dilindungi oleh induknya. Hal tersebut disebabkan karena Induk sudah mengandung janin dari anak tersebut sangat lama. Bahkan tidak jarang ada beberapa induk yang bersikap sangat protektif terhadap anaknya.

Namun cerita sedikit berbeda dimiliki oleh Gajah. Dimana induk Gajah yang baru melahirkan akan selalu melakukan satu hal pada anaknya.

Yaitu sang induk Gajah akan menendang anaknya yang baru lahir. Ternyata hal ini dilakukan bukan tanda tidak sayang maupun tidak peduli namun ternyata usaha dari induk Gajah untuk memastikan apakah anak Gajah yang ia lahirkan masih bernafas atau tidak.

  1. Induk Gajah Menjilat Bayi Gajah Sebagai Bentuk Kasih Sayang

Ternyata tiap binatang akan menunjukan rasa kasih sayang dengan cara yang berbeda-beda. Seperti yang dilakukan oleh Gajah terutama oleh induknya.

Dimana untuk menunjukan kasih sayangnya yang begitu besar terhadap anaknya maka Induk Gajah akan menjilati tubuh dari anaknya.

Selain itu, menurut penelitian, air liur dari induk Gajah ternyata mampu membuat bayi Gajah menjadi tenang. Bahkan ketika bayi Gajah baru dilahirkan maka Induk Gajah akan sangat sering menjilati tubuh dari anaknya untuk membuat anaknya bisa bertahan hidup.

  1. Gajah Selalu Berjalan Jinjit

Meskipun memiliki kaki yang terlihat begitu besar namun ternyata kaki tersebut tidak berfungsi secara sepenuhnya. Karena nyatanya Gajah selalu berjalan dengan berjinjit.

Nyatanya hal tersebut bisa terjadi bukannya tanpa alasan. Alasannya adalah karena kaki Gajah pada bagian belakang nyatanya hanya terdiri dari lemak.

Yang artinya tidak ada tulang pada bagian tersebut. Hal tersebutlah yang membuat Gajah akan memilih bagian kaki yang memiliki tulang untuk menapak sedangkan meninggalkan bagian lain yang tidak bisa.

  1. Gajah Tidak Bisa Melompat

Sebagai binatang dengan ukuran besar tentunya Gajah memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah mampu melakukan perlawanan terhadap predator yang menyerangnya.

Namun ternyata dengan ukuran tersebut pula, Gajah  adalah salah satu hewan darat yang tidak bisa melompat. Selain itu penyebab lainnya adalah karena Gajah memiliki empat lutut.

Sehingga kakinya tidak bisa menekuk untuk melakukan loncatan. Sehingga Gajah hanya bisa melakukan pergerakan seperti jalan kaki biasa.

  1. Kuping Gajah Selalu Bergerak Untuk Mengatur Suhu Tubuh

Apabila sering diperhatikan maka Gajah terlihat selalu menggerakkan kupingnya. Ternyata hal itu dilakukan bukanya tanpa alasan.

Alasan dari Gajah menggerakkan kupingnya adalah untuk mengatur suhu tubuhnya. Hal tersebut bisa terjadi karena kuping Gajah yang terus bergerak mampu menjadi sirkulasi udara bagi kulit Gajah yang terkenal tebal. Sehingga membuat Gajah mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Burung Kasuari

Loading...
Fakta Unik Prilaku Gajah | ilmuhewan | 4.5