Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta unik Kera Raksasa Gigantopithecus

By On Sunday, December 10th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Fakta unik Kera Raksasa Gigantopithecus – Ilmuhewan.com – Mungkin kita masih merasa asing dengan kata Gigantopithecus, atau beberapa diantara kita bahkan tidak pernah mendengar sama sekali sebutan itu.

wajar saja, karena Gigantopithecus ini adalah hewan purba yang sudah lama punah keberadaannya. Penasaran dengan apa sih itu Kera Gigantopithecus?

yuk, kita kupas fakta-fakta unik dari kera raksasa yang satu ini.

Si Raksasa yang Pernah Hidup di Muka Bumi

Gigantopithecus atau yang dalam Bahasa Yunani kuno disebut yiyac gigas “raksasa” dan Pithekos “kera” merupakan sebuah genus kera yang telah punah sejak Sembilan juta tahun hingga serratus ribu tahun yang lau.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas

Konon, kera ini berkelana di sekitar benua Asia yakni, Nepal, Cina, India, Vietnam bahkan Indonesia dalam rentang waktu dan lokasi geografis yang sama dengan beberapa spesies hominin.

Catatan fosil dan sejarah menunjukkan bahwa semua individu dari spesies ini merupakan kera terbesar yang diketahui pernah hidup di muka bumi, tingginya dapat mencapai 3 meter dengan berat sekitar 540 kg.

Sisa-sisa Kehidupan Gigantipothecus

Sisa-sisa keberadaan Gigantopitechus pertama kali dijelaskan oleh seorang antropolog asal Jerman yaitu Ralph Von Koenigswald yang menemukan fosilnya pada ahun 1935 di sebuah toko obat di Negara China.

Fosil gigi dan tulang dari kera ini ternyata sering diperjual belikan dengan bentuk serbuk atau bubuk dan digunakan di beberapa obat tradisional China.

Von Koenigswald kemudian menamai temuannya ini dengan nama Gigantopithecus.

Semenjak saat itu fosil Gigantopithecus mulai jarang ditemukan. Selain itu, ditemukan juga gigi Gigantopithecus blacki serta beberapa tulang rahang di Goa Liucheng di Liuzhou, Cina.

Selanjutnya ditemukan Situs lain yang menghasilkan temuan fosil yang signifikan di Vietam dan India.

Melalui penemuan-penemuan ini, dapat digambarkan bahwa kisaran kehidupan Gigantopithecus berada di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Karakteristik Kera Raksasa

Sesuai dengan sebutannya, Kera ini merupakan kera terbesar yang pernah ditemukan hingga saat ini. Jika kalian pernah menonton film King Kong pasti dapat membayangkan tubuhnya yang tinggi besar.

Namun, belum dapat dipastikan bagaiamana Gigantopithecus dapat bergerak atau berjalan karena belum ditemukannya tulang panggul atau kakinya.

beberapa ahli berpendapat bahwa kera ini berjalan dengan merangkak seperti gorilla dan simpanse saat ini, namu sebagian kecil beranggapan bahwa kera ini adalah bipedal atau dapat bergerak atau berjalan dalam keadaan berdiri.

dilihat dari bentuk rahang yang ditemukan berbentuk U dan meluas kearah belakang, serta fitur gigi dan rahangnya dapat diasumsikan bahwa hewan tersebut adalah penguyah yang kuat dari makanan yang berserat seperti tanaman bambu dengan memotong, menghancurkan dan menggilingnya. Selain bambu, Gigatopithecus juga memakan tanaman berserat lain seperti biji dan buah.

Gigantopithecus jantan dewasa dikabarkan tiga kali lebih berat daripada gorilla dewasa dan memiliki rentang tangan hingga mencapai 3.6 meter.

Selain itu, untuk Gigantopithecus betina dewasa kira-kira setengah dari berat pejantan. untuk penampilan secara keseluruhan belum dapat diketahui secara pasti karena sisa-sisa fosil yang ditemukan beum cukup untuk mendeskripsikan kenampakan si kera raksasa ini.

Spesies ini diduga menghuni hutan bambu selama hidupnya karena di daerah itu lah fosil mereka sering ditemukan Bersama nenek moyang panda yang juga sudah lama punah.

Masa Kepunahan

Kepunahan Gigantopithecus ini diduga akibat daei perubahan iklim yang ekstrim. Kera raksasa dengan ukuran tubuh yang besar tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ektrim tersebut sehingga mengalami kepunahan.

di masa modern seperti sekarang, tidak sedikit masyarakat yang mengaitkan Gigantopithecus dengan penampakan Yeti, bigfoot atau sejenis manusia kera yang lain.

mereka beranggapan bahwa beberapa spesies Gigantopithecus ada yang dapat bertahan dan berevolusi di wilayah dingin seperti Himalaya.

Namun, hal ini belum bisa dibuktikan dan masih dianggap mitos oleh sebagian orang.

Baca Juga : Penjelasan dan Fakta Unik Tentang Monyet Laba-Laba

Loading...
Fakta unik Kera Raksasa Gigantopithecus | ilmuhewan | 4.5