Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta unik ikan bilis atau ikan teri

By On Saturday, October 7th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta unik ikan bilis atau ikan teri – Suka makan sambal teri?

Rasanya pasti sedap ya, karena lidah orang Indonesia dan beberapa orang Asia terbiasa dengan sesuatu yang pedas, dan rasanya ada yang kurang kalau tidak ada sambal.

Nah untuk sambal teri sendiri, pasti ada ikan teri yang menjadi salah satu bahan utama di dalam membuat sambal teri.

Tahukah kamu ikan teri?

Ikan teri merupakan ikan kecil, yang termasuk ke dalam family Engraulidae, yang disebut juga dengan Anchovy.

Baca Juga : Fakta Unik Hewan Teripang

Ada 144 spesies yang tersebar di seluruh samudera, mulai dari Samudera Atlanatik, Hindia dan Pasifik serta laut Mediterania. Seperti apa fakta ikan billis atau ikan teri?

Berikut fakta unik ikan billis atau ikan teri

  1. Ikan teri ukurannya kecil, biasanya hanya 2 cm, namun ada juga yang berukuran 40 cm. Bentuknya pipih kecil kurus, dan memiliki gigi yang tajam di mulutnya. Ikan teri memiliki proporsi ukuran mulut yang lebih besar ketimbang kerabatnya ikan herring. Sekilas ikan teri juga mirip dengna ikan sarden versi kecilnya. Struktur moncongnya dipercaya memiliki sensor, yang membantu ikan teri bertahan di alam. Ikan teri hidup di air yang suhunya sekitar 12 derajat celcius ke bawah.
  2. Ikan teri senang hidup bergerombol, dan ternyata mudah beradaptaso dengan berbagai jenis air, dengan kadar garam dan suhu yang berbeda-beda. Karena itu tidak heran ikan teri mudah ditemui dimana-mana, hampir seluruh samudera yang ada di dunia. Ikan teri yang terkenal adalah ikan teri Peruvian, yang jumlah populasi ikan terinya terbesar di dunia.
  3. Ikan teri merupakan ikan yang mudah dimangsa oleh berbagai ikan karnifora yang lebih besar, dan di dalam sistem ekologi merupakan salah satu yang memegang peranan penting di dalam rantai makanan, karena menjadi sumber makanan bagi ikan dan juga burung. Ikan teri sendiri adalah ikan yang menyaring semua makanan seperti ikan herring, selalu membuka mulut dan akhirnya makanan apapun yang muat bisa masuk ke dalam mulut dan perutnya.
  4. Ikan teri sendiri memiliki berbagai jenis dan nama yang berbeda-beda, tergantung dari wilayah asal ikan teri tersebut. Ada European, Japanese, Peruvian, Argentine dan California anchovy.
  5. Untuk budidaya ikan teri, yang perlu disiapkan pertama-tama adalah lahan tempat budidaya ikan teri. Ikan teri memang sulit untuk dibudidayakan karena sebenarnya merupakan jenis ikan laut. Jadi yang bisa dilakukan sebenarnya adalah mengeksplorasi titik-titik yang menjadi tempat dengan jumlah populasi ikan teri yang cukup banyak, untuk kemudia, dijaring.
  6. Untuk pengawetan ikan teri sendiri, bisa dilakukan dengan mencampurkan ikan teri dengan garam, lalu dibungkus dengan minyak. Beberapa alternatif juga menyebutkan bahwa ikan teri bisa dibuat menjadi acar.
  7. Ikan teri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, karena memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1.
  8. Jumlah produksi pabrik ikan teri kalengan pada 2009 bsia mencapai 49,600 ton. Sebanyak 300.000 ton ikan teri juga ditangkap dari perairan Turki.
  9. Berbagai jenis masakan bisa dibuat dari ikan teri. Jika di Indonesiam ikan teri dibuat untuk gorengan teri, keripiki teri, dan sambal teri, di negara lain teri sering dibuat sebagai campuran pizza dan salad karena rasanya yang gurih.

Itu tadi fakta ikan bilis atau ikan teri.

Baca Juga : Ciri dan karakteristik ikan nila

Loading...
Fakta unik ikan bilis atau ikan teri | ilmuhewan | 4.5