Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta Unik Hewan Teripang

By On Saturday, October 7th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Hewan Teripang – Anda gemar dengan mentimun?

Ya, jenis makanan yang satu ini sering diolah menjadi acar, yang sering disajikan dengan makanan sehari-hari.

Karena rasanya yang asam dan kandungan airnya yang cukup banyak. Namun, tahukah kamu ada jenis mentimun yang merupakan hewan, yang hidup di laut?

Ya, teripang atau timun laut merupakan jenis echinodermata, yang memiliki 1.717 spesies di dunia, dengan populasi terbanyak di wilayah Asia Pasifik.

Teripang sering dijadikan konsumsi, mulai dibudidayakan untuk konsumsi ataupun sebagai hiasan. Tahukah kamu serba-serbi dan fakta teripang? Berikut serba-serbi dan fakta teripang.

  1. Timun laut memiliki rangka dalam atau endoskeleton, yang sama dengan hewan jenis echinodermata lainnya. Salah satu jenis echinodermata yang terkenal adalah binatang laut dan bulu babi.  Dinamakan timun laut karena kemiripan dengan mentimun, bentuknya pipih dan panjang, mirip ular namun tidak panjang, bervariasi antara 10 sampai 30 centimeter. Ada jenis yang kecil yang ukurannya hanya 3 mm, dan jenis panjang dan besar yang ukurannya bisa mencapai 3 meter.
  2. Timun laut memiliki sistem pencernaan yang terdiri dari mulut sampai anus. Teripang atau timun laut tidak memiliki otak sebenarnya, karena sistem organ syaraf dikendalikan dengan cortex atau serabut syaraf yang mengirimkan sinyal ke seluruh area tubuh. Hampir kebanyakan teripang atau timun laut tidak memiliki organ tubuh perasa. Sistem pernafasan teripang atau timun laut terdiri dari pohon pernafasan, dengan cloaca yang terletak di dalam anus, jadi pernafasan timun laut atau teripang berasal dari anus. Sistem peredaran darah timun laut atau teripang menggunakan haemal system dan water vascular system, yang juga mendukung pergerakan timun laut.
  3. Habitat timun laut atau teripang adalah di dasar laut, bisa ditemukan di dasar laut dengan kedalaman sampai 8.9 kilometer dari permukaan laut. Cukup dalam untuk ukuran hewan laut, karena tidak banyak ikan atau mahkluk hidup yang dapat bertahan di kedalaman laut. Timun laut atau teripang termasuk hewan scavenger, yang memakan sisa-sisa atau sampah dan bangkai. Berbagai jenis plankton dan protozoa merupakan makanan dari teripang atau timun laut.
  4. Cara berkomunikasi timun laut atau teripang cukup unik, yaitu memberikan sinyal dengan dua jenis pesan, yaitu pesan untuk kawin dan pesan untuk menghindar. Termasuk hwan laut yang jantan dan betinanya berbeda, dan cara berreproduksi hampir sama dengan kebanyakan hewan laut pada umumnya.
  5. Banyak hewan laut yang mengincar teripang atau timun laut, meskipun teripang atau timun laut memiliki sistem pertahanan diri yaitu dengan mengeluarkan racun sebagai sistem pertahanannya. Beberapa jenis ikan menjadi pemangsa, seperti kepiting, lobster dan ikan-ikan yang kebal dengan racun teripang.
  6. Teripang sendiri saat ini sering dijadikan bahan makanan dan dijual bebas di pasaran, terutama pasar Asia. Bagian kulitnya dijadikan berbagai jenis makanan, dan dieksport dari Alaska ke China.  Setengah kilogram teripang atau timun laut bisa dijual dengan harga 300 dollar Amerika, meskipun kini banyak pasar gelap yang menjual di bawah harga tersebut. Meskipun begitu, populasi teripang  juga perlu diperhatikan, mengingat jumlahnya yang semakin menurun.
  7. Untuk budidaya teripang sendiri, bisa menggunakan lahan kolam dengan strukttur berpasir atau berlumpur, dengan kedalaman yang cukup sampai 150 cm. Untuk pakan bisa diberikan kototran ayam atau dedak campur, dan bisa ditumbuhkan selama 4-5 bulan sebelum dipanen.

Itu tadi serba-serbi dan fakta teripang.

Loading...
Fakta Unik Hewan Teripang | ilmuhewan | 4.5