BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Fakta Unik Hewan Sosial, Rayap

By On Monday, February 8th, 2016 Categories : Ekosistem

Fakta Unik Hewan Sosial, Rayap – Rayap merupakan salah satu hewan yang mungkin sering kita jumpai dalam keseharian.

Hewan tersebut kerap dianggap sebagai hama atau hewan pengganggu karena rayap dapat merusak suatu benda khusunya yang terbuat dari kayu. Namun, sebenarnya kehidupan hewan rayap tersebut  unik. Yuk kita cari tahu apa saja keunikannya.

Rayap umumnya bertempat tinggal tinggal pada suatu lingkungan yang gelap dan lembab. Hal ini dikarenakan memang rayap tersebut tidak tahan pada cahaya.

Untitled

Rayap akan mencari tempat yang lembab namun dengan suhu yang hangat maka tak heran rayap sering kita jumpai di dalam kayu ataupun tanah terutama pada bagian yang hampir dekat permukaan.

Baca Juga : Penjelasan dan Peranan dari Sistem ekskresi Pada Hewan

Rayap merupakan hewan yang dalam hidupnya berkoloni atau seperti membuat suatu kerajaan dimana di dalam kelompok atau koloninya tersebut terdapat rayap raja dan rayap ratu sebagai pemimpinnya.

Di dalam silsilah kehidupan rakyat juga seperti kerajaan yaitu selain ada pemimpin terdapat pula kasta rayap sebagai prajurit dan pekerja.

Raja dan ratu rayap bertugas sebagai perkembang biak atau hewan yang bertugas melahirkan rayap- rayap lainnya, rayap pemimpin tersebut memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan juga sangat dilindungi dan dihormati oleh anggota kelompok rayap yang lainnya.

Sedangkan rayap dengan kasta prajurit adalah rayap yang bertugas untuk melindungi koloninya dan mempertahankan sarangnya dari serangan atau ancaman musuh yang ingin merebutnya, biasanya musuh terbesar dari rayap adalah hewan semut yang juga membentuk kelompok atau berkoloni.

Rayap prajurit tersebut memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan sang ratu dan dilengkapi dengan capit pada bagian kepalanya yang berguna sebagai senjata untuk melawan musuh.

Rayap dengan kasta pekerja merupakan rayap yang bertugas untuk membuat sarang dan mencari makan. Rayap pekerja merupakan rayap yang memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan yang lainnya dan juga memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan berwarna putih.

Rayap saling bekerja sama membuat sarang yang dikumpulkan dari bahan lumpur ataupun tanah maka tak heran di alam terkadang kita menemukan sarang rayap yang kokoh dan juga dengan ukuran yang besar bahkan dibeberapa kasus terdapat sarang rayap yang dapat menjulang tinggi hingga beberapa meter.

Rayap akan mengumpulkan makanan setiap harinya dengan saling bekerja sama. Makanan tersebut nantinya akan disimpan pada suatu rongga atau ruangan didalam sarangnya untuk kemudian dimakan oleh semua kasta rayap dan juga sebagian ada yang disimpan sebagai persediaan saat musim dingin nanti.

Umunya rayap memakan jamur yang terdapat dilingkungan sekitarnya. Saat ini kehidupan rayap terus dilakukan pengamatan dan penelitian terutama sarangnya bahkan terdapat penelitian bahwa sarang rayap tersebut mengandung suatu zat yang ternyata dapat memberikan nutrisi bagi tanah sehingga tanah menjadi subur.

Baca Juga : Fakta Unik Si Pembangun Ekosistem, Cacing

Loading...
Fakta Unik Hewan Sosial, Rayap | ilmuhewan | 4.5