Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta unik dan Tips budidaya ikan buntal di air tawar

By On Sunday, October 8th, 2017 Categories : Perikanan, Ternak Hewan

Cara budidaya ikan buntal di air tawar – Suka menonton Spongebob Squarepants?

Pasti tahu salah satu karakter di film Spongebob Squarepants, yang mengajari Spongebob menyetir mobil namun tidak pernah berhasil.

Ya, Nyonya Puff, yang digambarkan sebagai ikan buntal atau sejenis ikan fugu yang bisa membesar dan menggembung.

Tahukah kamu fakta ikan buntal?

Berikut fakta dan tips budidaya ikan buntal di air tawar.

  1. Nama lain dari ikan buntal adalah puffer fish atau tetraodontidae. Termasuk ikan laut sebenarnya, namun beberapa jenis ada yang bisa hidup di sungai. Ikan buntal memiliki kemiripan dengan ikan landak, yang sama-sama memiliki duri yang tajam, namun ikan buntal hanya mengeluarkan duri di saat-saat tertentu, dan tidak seperti ikan landak yang menunjukkan durinya terus menerus. Ada sekitar 191 spesies yang tersebar di dunia. Ukurannya beragam, bisa mencapai 100 cm. Sebanyak 35 spesies ikan buntal bisa masuk ek dalam sungai, dan bertahan hidup di sana. Warnanya beragam, mulai dari yang berwarna gelap coklat atau abu-abu, dan warna-warna cerah seperti ungu dan kuning, dengan corak yang beragam.
  2. Ikan buntal merupakan ikan beracun, dan termasuk ikan beracun di dunia. Beberapa organ dalam tubuh dari ikan buntal mengandung racun, seperti bagian hatinya. Namun di Jepang dan China, ikan buntal bisa dimakan, dengan diolah terlebih dahulu oleh koki profesional yang tahu bagian tubuh ikan buntal mana yang aman untuk dikonsumsi. Kesalahan pengolahan pada ikan buntal bisa menyebabkan kematian. Banyak berita yang menyiarkan kematian orang-orang yang memakan ikan buntal. Karena itu menjadi tantangan sendiri bagi para wisatawan yang ingin mencoba ikan buntal. Sistem tubuh manusia tidak kebal terhadap racun yang ada di dalam tubuh ikan buntal, sehingga jika memakan racun ikan buntal bisa terkena penyakit atau bahkan mati. Hanya beberapa ikan yang bisa kebal terhadap racun ikan buntalk, salah satunya adalah ikan hiu harimau.
  3. Nah yang unik dari ikan buntal adalah cara bertahan hidupnya. Ikan buntal bergerak dengan lambat, dan sering menjadi incaran para predator. Namun di ekornya ternyata memiliki sejenis pecut, sehingga ketika ada ikan yang mengincar, ikan buntal bisa dengan tiba-tiba meluncur maju dan menghindar. Pertahanan cara kedua adalah dengan mengisi badannya dengan air, ketika terancam. Jadi jika ada yang belum memakan ikan buntal, dan ingin memangsa, pasti kaget karena mangsanya tiba-tiba berubah jadi bola duri. Yang sudah memakan lebih sial lagi, karena di dalam perut bisa saja ikan buntal membesar dan mengeluarkan racun.  Selain itu beberapa ikan buntal ternyata bisa berkamuflase dan menyesuaikan warna tubuh dengan lingkungan sekitar.
  4. Makanan ikan buntal tergantung dengan kondisi lingkungan sekitar. Biasanya ikan buntal memakan berbagai jenis udang-udangan, serangga kecil dan ganggang. Untuk di Indonesia sendiri ikan buntal banyak ditemukan di perairan Sumatera, termasuk di sungainya. Ikan buntal bukan termasuk ikan yang bisa dipelihara dengan ikan lainnya, karena termasuk ikan agresif meskipun bergerak lambat, dan bisa mengancam ikan lainnya.
  5. Akuarium untuk ikan buntal harus diberi air  banyak, dengan penyaringan ganda karena ikan buntal termasuk ikan berprotein tinggi, dan jangan lupa sering mengganti air. Untuk hiasan juga bisa diberi berbagai jenis tanaman, karena ikan buntal bisa mengalami kebosanan dan stres. Jenis ikan buntal tawar yang bisa dipelihara adalah dwarf, avocado, fahaka, amazonian dan pignose puffer.

Itu tadi fakta dantips budidaya ikan buntal.

Baca Juga : Daftar Hewan yang Memiliki Perisai Diri

Loading...
Fakta unik dan Tips budidaya ikan buntal di air tawar | ilmuhewan | 4.5