Fakta Unik dan Aneh Tokek Yang Wajib Anda Ketahui 

By On Friday, July 7th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik dan Aneh Tokek – Mungkin, kalian hanya mengenal kucing, anjing, ikan atau hewan lain sebagai hewan yang digunakan sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, pernakah kalian berfikir untuk memelihara seekor tokek?

Hal tersebut mungkin belum pernah terfikir di benak kalian untuk memelihara hewan yang satu ini. Namun, nyatanya banyak para pecinta hewan yang telah memelihara hewan yang satu ini karena keunikannya serta tokek juga merupakan hewan yang terbilang cukup mudah untuk di pelihara dan tidak memerlukan suatu keahlian khusus untuk memeliharanya.

Peluang usaha hewan tokek ini pun terbilang sangat menggiurkan dan sangat mudah untuk mendatangkan keuntungan, karena pada saat ini tokek merupakan salah satu hewan yang banyak di cari oleh para pecintannya.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Ternak Tokek untuk Pemula

Tokek sendiri adalah hewan reptil yang berukuran kecil dan masih merupakan kerabat dekat hewan cicak dan juga biasanya masyarakat menyebut tokek sebagai cicak besar.

Ciri-ciri tokek sendiri dapat dengan mudah terlihat, seperti warna dan ukuran tokek yang tentunya cenderung berbeda dengan cicak. Tokek sendiri dapat dengan mudah ditemukan di rumah dan juga di hutan.

Pada umumnya, tokek rumahan mempunyai ukuran yang tidak sebesar tokek hutan serta biasanya tokek hutan mempunyai ukuran 2 hingga 3 kali ukuran dari tokek rumah.

Akan tetapi, ada beberapa fakta unik tokek yang wajib untuk kalian ketahui, nah berikut adalah uraiannya :

  1. Tokek adalah seekor hewan nokturnal atau hewan malam, dan biasanya tokek tidak muncul di siang hari dan juga mencari makan pada malam hari. Akan tetapi, tak jarang tokek dapat keluar pada siang hari dan juga dapat mengeluarkan suara di siang hari. Tokek juga biasanya memakan serangga seperti jangkrik, nyamuk, atau serangga apapun yang ada di sekitarnya.
  2. Tokek juga dapat memutuskan ekor yang sama halnya dengan cicak pada saat mereka merasa terancam keselamatannya. Akan tetapi, pertumbuhan ekor tokek ini tidak secepat cicak, ekor tokek juga terbilang sangat lamban dalam pemulihan ekornya tersebut. Ekor tokek ini juga dapat berfungsi sebagai penyeimbang pada saat berjalan di atas pohon maupun atap.
  3. Tokek memiliki ukuran yang cenderung berbeda-beda, dan ukuran pada tokek bisa dibilang merata. Akan tetapi, pada beberapa kasus ukuran tubuh yang dimiliki tokek dapat juga melebihi ukuran normal pada umumnya dan berat badan tokek juga ada yang mendekati dan lebih dari 4 kg. Hal tersebut bisa disebabkan oleh umur tokek dan faktor gen juga.
  4. Tokek merupakan hewan yang dapat bertahan pada cuaca yang ekstrim dikarenakan proses seleksi alam dan evolusi yang membuat tokek mampu beradaptasi pada cuaca yang panas dan juga cuaca dingin. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meletakkan tokek di atap rumah, dan tokek pasti akan mampu untuk menyesuaikan dengan panas pada atap rumah.
  5. Terdapat jenis-jenis tokek yang berbeda-beda. Jenis tokek sendiri tidak sepenuhnya sama seperti jenis tokek madagaskar yang mempunyai bentuk badan yang seperti daun kering dan memungkinkan tokek untuk berkamuflase dengan alam serta juga untuk menghindari pemangsa alami daripada tokek. Setiap jenis tokek mempunyai bentuk dan juga warna yang berbeda-beda serta tentunya mempunyai keunikan tersendiri.
  6. Hewan tokek ini tidak dapat ditemukan di kutub selatan maupun kutub utara, meskipun tokek dapat bertahan di cuaca yang ekstrim akan tetapi hewan tokek ini tidak akan ditemukan di daerah kutub. Hal tersebut disebabkan karena di kutub tidak terdapatnya sumber makanan berupa serangga yang berfungsi sebagai kelangsungan hidup tokek.

Baca Juga : Daftar Tokek Terbesar di Dunia

Loading...
Loading...
Fakta Unik dan Aneh Tokek Yang Wajib Anda Ketahui  | ilmuhewan | 4.5