Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta unik burung tekukur

By On Sunday, September 17th, 2017 Categories : Burung

Fakta unik burung tekukur – Anda tahu burung merpati?

Burung merpati pastinya populer di kalangan para kolektor burung, karena burung merpati bermacam-macam jenisnya, mudah dipelihara, suaranya merdu, bulunya indah, dan punya kecerdasan atau tingkat intelegensia yang tinggi, sehingga burung merpati bisa dilatih dan bisa terbang sesuai dengan arahan.

Namun tahukah kamu ada kerabat dari burung merpati yang juga unik?

Baca Juga : Fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk

Ya, burung  tekukur. Mau tahu fakta unik burung tekukur? Berikut fakta unik tekukur.

  1. Burung tekukur atau yang biasa disebut Spotted dove, dengan bahasa latin Spilopelia chinensis, adalah jenis burung yang kecil, dan kadang merupakan hasil perkawinan campur silang antara burung merpati dengan burung tekukur, sehingga ekornya lebih panjang. Burung tekukur berasal dari Asia Tenggara dan daerah India. Spesies burung tekukur banyak tersebar di seluruh dunia. Yang menjadi keunikan dari morfologi burung tekukur adalah adanya bintik-bintik putih di sekitar leher yang berwarna hitam. Burung tekukur juga memiliki corak polkadot di bagian sayap. Spesies tekukur juga dapat ditemukan di hutan-hutan dan taman, dan daerah-daerah pemukiman. Nama lain dari tekukur adalah merpati gunung, merpati leher mutiara, dan merpati berkalung.
  2. Burung merpati bentuknya tirus, dengan ekor yang panjang. Panjang burung tekukur berkisar antara 28 sampai 32 centimeter. Warna dari burung tekukur biasanya abu-abu gelap di bagian punggung, dan putih di bagian perut. Burung tekukur dapat ditemukan di daerah perhutanan dan kebun, juga pemukiman penduduk. Burung tekukur cukup banyak populasinya di Hawaii, California Selatan, Kepulauan Mauritius, Australia dan Selandia Baru. Di Australia burung tekukur pertama kali diperkenalkan di Melbourne pada 1860, dan popularitasnya melebihi burung merpati lokal.
  3. Burung tekukur bergerak di dalam kelompok yang kecil. Makanan burung tekukur adalah berbagai jenis biji-bijian, gandum, rumput,  dan buah-buahan yang jatuh ke tanah. Burung tekukur termasuk ke dalam omnivora, terkadang bisa memakan serangga dan rayap. Burung tekukur terbang dengan cepat, dan dapat diatur penerbangannya dengan pelatihan intensif. Musim-musim kawin dari burung tekukur di berbagai wilayah berbeda-beda, antara September sampai Januari. Sarang burung tekukur biasanya dibangun di dataran rendah, dan kadang ditempatkan di atas bangunan atau pohon-pohonan. Kedua induk burung tekukur memiliki peranan penting di dalam mengasuh dan menetaskan anak tekukur yang menetas setelah 13 hari pengeraman. Satu pasang tekukur bisa menetaskan sekitar 2 butir telur.
  4. Nah untuk melatih suara dari burung tekukur, bisa dilakukan dengan berbagai tips. Yang pertama jelas pilihlah burung tekukur jantan, karean suaranya lebih bagus, dan khususnya untuk keperluan kontes. Kemudian jangan lupa membersihkan kandang dan menyiram burung tekukur dengan semprotan air. Dijemur setiap pagi antara jam 7 sampai jam 9. Dan jangan lupa untuk menjaga keamanan dan kenyamanan burung tekukur dari hewan-hewan ataupun aktivitas manusia yang menganggu burung tekukur dan membuat stres. Jangan lupa juga memberikan makanan secara teratur, dan berikan vitamin secukupnya. Jangan lupa memancing suara dengan memperdengarkan suara kicauan burung tekukur.
  5. Ternyata ada juga mitos yang berkata bahwa burung tekukur bisa menolak roh-roh jahat ata bala. Burung tekukur di Indonesia juga dipercaya dapat menjaga keselamatan daripada pemeliharanya jika dipelihara dengan baik Belum bisa dipastikan kebenarannya. Burung tekukur bukan termasuk burung yang mahal, karena bisa dijual dengan harga Rp 30.000,-  sepasang.

Itu tadi fakta unik burung tekukur.

Baca Juga : Fakta dan tips memelihara burung elang Jawa

Loading...
Loading...
Fakta unik burung tekukur | ilmuhewan | 4.5