Fakta Unik Burung Sage Grouse

By On Tuesday, August 1st, 2017 Categories : Burung, Fakta Unik

Fakta Unik Burung Sage Grouse – Pernahkah kalian mendengar mengenai burung Sage Grouse atau burung yang memiliki payudara?, jika belum yuksimak ulasan berikut mengenai burung Sage Grouse.

1). Secara nyata jika anda pernah melihat maka akan terpikirkan burung ini kok seperti wanita ya karena dia memiliki payudara seperti sorang wanita. Namun faktanya berkata lain.

Burung ini tidak memiliki payudara. Bentuk dada yang seperti payudara ini merupakan kantong udara yang memiliki fungsi sebagai sumber suara keras dan aneh.

Suara keras dan aneh ini dipercaya bisa memikat lawan jenisnya.

Burung Sage Grouse bukan hanya suaranya yang menarik perhatian lawan jenis, burung ini juga dapat memikat hati lawan jenis dengan ekornya yang tajam, dan jambulnya yang indah.

Maka tidak heran jika burung ini dinobatkan menjadi burung unik.

2). Burung Sage Grouse mirip ayam.

Membahas soal ayam, burung ini memang terlihat seperti ayam terutama saat berdiri tegak. Ukuran tubuhnya yang paling besar sekitar 95 Cm dan berat 6,5 Kg.

Ukuran burung berjenis kelamin jantan lebih besar dua kali lipat dari burung Sage Gruse betina. Kaki burung ini ditutupi oleh bulu-bulu hingga menutupi jari-jarinya.

Tapi burung ini tidak memiliki jari kaki menonjol di belakang.

Fakta lain, burung ini juga jarang yang namanya berimigrasi. Kebanyakan burung ini berdiam diri saja di area mereka berkembang biak sepanjang tahun. Tapi juga gak menutup kemungkinan untuk jenis mereka berimigrasi.

Kesukaan brung tersebut adalah lahan yang kering dan berdekatan dengan hutan pinus atau pegunungan.

Sayangnya, burung langka ini hanya dapat hidup di daratan America saja, tepatnya di wilayah timur Utah dan Colorado, Amerika Serikat.

3). Burung Sage Grouse merupakan burung langka.

Burung ini dinyatakan burung paling langka di dunia. Karena, berdasarkan catatan organisasi konservasi burung tersebut sudah masuk kategori burung yang terancam punah.

Hal ini terbukti dari kehidupannya yang berada di alam bebas hanya tersisa sebanyak 5.000 ekor saja.

Mungkin sekarang sudah agak sedikit berkurang.

Berkurangnya populasi mereka karena banyak faktor lain diantaranya karena perubahan ekosisitem yang ada pada alam, kemudian adanya perburuan liar untuk diambil bulunya, ada lagi alih fungsi lahan, kerusakan habitat, dan banyaknya hewan predator.

Itulah fakta unik dari burung Sage Grouse, semoga kita dapat menyelamatkan ekosistem mereka agar tidak punah. Padahal proses perkembang biakan burung tersebut tergolong gampang dan cepat.

Pasalnya burung ini dapat bertelur cukup banyak bisa 5-12 butir telur dalam sekali perkembang biakan. Masa pengeraman juga terbilang sangat cepat, yakni 21 hari.

Bahkan dalam tiga hari anakan burung sudah dapat mencari makan sendiri dan terbang.

Namun karena faktor alam dan perbuatan manusia yang kurang peduli dengan lingkungan sekitar menjadikan populasi mereka semakin berkurang jumlahnya.

Burung ini tidak memiliki payudra, ingat ya jika bagian dada yang berbentuk payudara itu adalah kantong udara yang mengyimpan untuk mengeluarkan suara yang unik dan keras agar lawan jenisnya dapat tertarik dengan mereka.Fakta unik lainnya adalah, burung ini merupakan burung yang herbivora.

Makanannya hanya tunas, daun, ranting, dan lain-lainnya. Jika dihitung 95% makanannya berasal dari tumbuh-tumbuhan dan pepohonan.

Semoga ualsan berikut ini dapat memberikan informasi tambahan untuk kalian mengenai burung Sage Grouse alias si burung berpayudara dan pemakan tumbuh-tumbuhn alias herbivora.

Loading...
Loading...
Fakta Unik Burung Sage Grouse | ilmuhewan | 4.5