Fakta unik burung kakatua raja, burung eksotis

By On Thursday, September 7th, 2017 Categories : Burung, Fakta Unik

Fakta unik burung kakatua raja  – Burung kakatua, hinggap di jendela, nenek sudah tua, giginya tinggal dua.

Itu tadi sepenggal lagu anak-anak yang cukup populer di era 90an.

Burung kakatua merupakan jenis burung yang suka berceloteh dan berkicau, namun punya bentuk fisik yang unik juga dan indah untuk dipelihara.

Ada satu jenis burung kakatua yang berasal dari Timur Indonesia, yang disebut dengan kakatua raja. Seperti apa burung kakatua raja?

Baca Juga : Tips Ternak dan Merawat Burung Kakatua Yang Benar

Berikut fakta tentang burung kakatua raja.

  1. Burung kakatua raja adalah jenis burung yang dikenal dengan kakatua goliath atau kakatua besar hitam, dengan nama latin Probosciger aterrimus. Burung kakatua raja berasal dari Kepulauan Aru, Indonesia, Papua Nugini dan Australia. Jadi burung kakatua raja termasuk ke dalam hewan endemik khas Indonesia Timur. Yang menjadi ciri khas dari burung kakatua raja adalah paruh yang besar dan corak di bagian matanya yang berwarna merah.
  2. Burung kakatua raja, yang bahasa Latinnya Probosciger aterrimus, ternyata berasal dari kata proboscis yang artinya hidung yang panjang dan tipis, lalu dengan kata penanda superlative ater yang artinya yang paling hitam, berarti burung yang paling hitam dengan hidung yang panjang dan tipis.
  3. Panjang tubuh kakatua raja mencapai 60 cm, dengan berat mencapai 1,2 kilogram. Burung kakatua raja termasuk burung kakatua terbesar di Australia. Paruh burung kakatua raja cukup besar, dan kuat, sehingga bisa memecahkan berbagai jenis kacang chessnut dan biji-bijian, juga ternyata burung kakatua raja senang mematuk seperti burung pelatuk, meskipun tidak seekstrim burung pelatuk. Burung kakatua jantan memiliki paruh yang lebih besar daripada burung kakatua jantan.
  4. Ternyata burung kakatua raja memiliki sekitar 30 jenis pengucapan kata yang bisa dilatih dan bahkan dikembangkan. Teknik mematuk-matuk yang merupakan kebiasaan dari burung kakatua raja merupakan salah satu keunikan yang dimiliki oleh burung kakatua raja, dan ternyata masih misterius sampai hari ini. Ada yang berpendapat bahwa hal tersebut dilakukan untuk menguji kekuatan sarang. Ada yang berteori juga bahwa teknik mematuk melakukan suatu pertanda untuk wilayah-wilayah kekuasaan dari masing-masing burung kakatua raja.
  5. Ternyata burung kakatua raja merupakan spesies yang tidak suka bergerombol dalam kerumunan yang besar. Terbukti dari jumlah kumpulan spesies burung kakatua raja yang hanya mencapai enam, itupun hanya pada saat tertentu. Spesies burung kakatua raja sifatnya lebih individualistis. Burung kakatua raja hanya mengeluarkan satu butir telur setiap musimnya, yaitu setahun. Ternyata masa atau umur dari burung kakatua raja cukup panjang. Bisa mencapai 40 tahun. Dikabarkan sepasang kakatua raja yang jantan berusia 26, dan betina berusia 40, ternyata masih bisa menghasilkan telur pada 1966 di Kebun Binatang Taronga di Sydney.
  6. Makanan dari burung kakatua raja adalah berbagi jenis biji-bijian dan kacang, juga buah dari pohon palem. Ternyata burung kakatua raja termasuk hewan yang hampir punah dan masuk ke dalam daftar IUCN Red List di Australia. Nah untuk melatih cara bicara kakatua agar lebih bgacor, begitu istilah dari para peminat burung, bisa diberikan jenis buah-buahan, potongan buah kelapa, wortel, kacang panjang dan biji bunga matahari. Makanan tersebut konon katanya bisa membuat burung kakatua cepat berbicara.
  7. Satu ekor harga burung kakatua sendiri beragam, mulai dari Rp 1.000.000,- sampai Rp 5.000.000,- per ekor. Untuk burung kakatua raja sendiri saya masih meragukan harganya berapa, karena sebenarnya merupakan hewan langka yang dilindungi, dan pastinya tidak akan mudah untuk mendapatkan ijin memelihara burung kakatua raja.

Itu tadi fakta tentang burung kakatua raja.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Kakatua

Loading...
Loading...
Fakta unik burung kakatua raja, burung eksotis | ilmuhewan | 4.5