Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta unik burung cipoh dan tips budidaya

By On Monday, October 9th, 2017 Categories : Ternak Hewan, Tips Dan Trik

Tips budidaya burung cipoh – Bayangkan Anda ada di suatu hutan belantara yang pohonnya teduh, diiringi suara kicauan burung. Pasti menenangkan ya.

Itulah sebabnya banyak orang senang memlihara burung untuk didengarkan kicauannya.

Selain untuk konsumsi pribadi, kicauan suara burung bisa diperdengarkan kepada orang lain sebagai kebanggan.

Selain itu, kicauan burung juga bisa diikutsertakan ke dalam lomba, yang tentunya bisa menorehkan penghargaan dan memenangkan banyak hadiah juga.

Baca Juga : Fakta unik ikan sapu-sapu, si pembersih akuarium

Tahukah kamu burung yang kicauannya merdu yang bernama burung cipoh? Berikut fakta burung cipoh dan tips budidayanya.

  1. Burung cipoh memiliki bahasa latin Common iora, yang berasal dari daerah India. Burung cipoh cukup menarik perhatian karena warnanya yang terang dan kicauannya ynag khas dan keras. Warna yang laing khas dari burung cipoh adalah kuning kehijauan, meskipun ada juga yang berwarna coklat gelap. Motif di sayap dan tubuhnya biasanya berwarna putih, dengan corak garis. Panjang tubuhnya mencapai 14 cm.
  2. Paruh burung cipoh lurus, dengan ujung yang tajam. Common iora jantan biasanya berbeda dengan betina, sesuai dengan sifat dimorfisme seksualnya, karena burung cipoh jantan memiliki sejenis topi hitam di bagian kepala, sedangkan burung cipoh betina biasanya lebih berwarna hijau. Populasi burung Cipoh tersebar di area benua Asia.
  3. Burung cipoh sering bertengger di dahan pohon, bertengger untuk mencari serangga. Burung cipoh sering bersaut-sautan berkicau dengan burung cipoh lainnya, atau dengan burung jenis lain. Pada musim tertentu burung cipoh akan melakukan pertunjukan akrobatik, terutama burung cipoh jantan dengan terbang dan memutar di udara. Habitat burung cipoh bisa di hutan mangrove dan perkebunan.
  4. Burung cipoh atau ada yang menyebutnya juga dengan cipoh kacat, disebut juga burung cipeuw,banyak dipelihara di Indonesia. Untuk memeliharanya diperlukan kesabaran , karena untuk burung-burung jenis suara dan kicauan harus dilatih dan diberikan perawatan dan makanan yang tepat. Pembuatan kandang bisa dimulai dengan kandang ukuran 40x40x60 cm.
  5. Untuk benih ikan cipoh bisa dicari burung cipoh yang jenis kelaminnya jantan. Cari burung cipoh yang kondisinya sehat, matanya cerah dan gerakannya gesit. Untuk penjantan cari yang tidak terlalu kecil, dan ujung ekornya tumpul, jangan yang bulu ekornya menyebar. Harga bibit burung cipoh atau burung cipoh anakan berkisar antara Rp 30.000,- sampai Rp 50.000,-, dan jika sudah dewasa bisa dijual sampai Rp 500.000,- per ekornya, apalagi untuk burung cipoh yang sudah memenangkan kontes.
  6. Untuk perawatan, burung cipoh harus sering-sering dijemur di luar sewaktu pagi hari. Harus rutin disemprot juga dan disiram dengan air, lalu dijemur sekitar 1-2 jam sehari. Setelah itu berikat ulat hongkong. Berikan vitamin dan sejenis vroer untuk menjaga kesehatan burung cipoh. Makanan burung cipoh adalah biji-bijian, serangga dan pisang serta nektar bunga.
  7. Agar cepat berbunyi, memang dibutuhkan kesabaran karena berbeda dengan burung pleci atau burung kenari dan cucak jenggot yang cepat mengeluarkan suara. Bisa memancing suara burung cipoh dengan memperdengarkan cd mp3 yang isinya kicauan burung cipoh. Ada juga cara lain untuk membuat burung cipoh, yaitu dengan mengundang kicauan burung cipoh betina, namun tidak saling lihat, dengan menutup kandang dengan penutup kandang yang gelap, sehingga burung cipoh akan berkicau. Sirtu betina lebih cerewet dan lebih sering berkicau dibandingkan burung cipoh jantan.

Itu tadi fakta burung cipoh dan tips budidaya.

Baca Juga : Fakta unik dan Tips budidaya ikan buntal di air tawar

Loading...
Fakta unik burung cipoh dan tips budidaya | ilmuhewan | 4.5