Fakta tentang cupang siam, jenis ikan cupang petarung

By On Tuesday, September 12th, 2017 Categories : Perkawinan

Ikan Cupang siam, jenis ikan cupang petarung – Masa kanak-kanak adalah masa yang paling menyenangkan, dimana kita bisa belajar dan bermain dengan bebas tanpa adanya banyak beban, karena sebagian besar anak-anak masih di dalam tanggungan keluarga.

Ketika masih anak-anak, kebanyakan kita sering mempertanyakan banyak hal, yang menurut kita cukup unik dan aneh. Kita ingin mencoba mengenal lingkungan sekitar, dengan berinteraksi secara langsung, meskipun banyak keraguan.

Salah satunya adalah munculnya minat untuk memelihara jenis binatang atau tumbuhan serta mengamati karakteristik dan pertumbuhannya.

Pernahkah Anda memelihara ikan cupang?

Baca Juga : Jenis dan Cara Mengobati Penyakit Pada Ikan Cupang

Buat sebagian orang yang lahir di tahun 90an, pastinya memelihara cupang sempat populer di era 90an dan milenium, meskipun pada jaman sekarang pun banyak yang memelihara cupang untuk dijadikan ikan hias atau untuk diadu.

Ada juga yang mulai memiliki minat di dalam memelihara ikan cupang ketika sudah menginjak usia dewasa. Memelihara ikan cupang memang cukup mengasyikan, karena disamping bisa dilihat keindahannya, ikan cupang juga banyak jenisnya, dan rasanya asyik untuk melihat warna-warni ikan cupang di dalam akuarium.

Untuk memelihara ikan cupang pun terbilang relatif terjangkau, serta tidak membutuhkan tempat atau biaya yang besar.

Selain diliat dari keindahan ekor yang berwarna-warna, corak warna tubuh, ada juga ikan hias yang sering diadu. Tahukah kamu ikan cupang siam? Berikut fakta tentang cupang siam, jenis ikan cupang petarung.

  1. Ikan cupang siam dengan nama latin Betta splendens, merupakan jenis ikan cupang yang bisa dijadikan hiasan atau petarung. Ikan cupang siam termasuk jenis ikan cupang yang sangat agresive di dalam mempertahankan wilayahnya. Dua jenis jantan yang berdekatan sudah pasti akan bertarung dengan sengit, yang bahkan bisa menewaskan salah satu atau kedua ikan cupang yang terlibat perkelahian. Ikan cupang siam betina juga bisa bertarung jika kondisi sarang di dalam akuarium terganggu, karena terlalu kecilnya ukuran akuarium.
  2. Spesies ikan cupang siam berasal dari daerah Asia Tenggara, seperti Laos, Thailand. Ukuran tubuhnya mencapai 6,5 cm. Meskipun corak dan warna dari ikan cupang siam bisa berwarna-warni, namun ikan cupang siam biasanya berwarna hijau, coklat dan abu-abu. Jenis ikan cupang siam pun bermacam-macam, dan mempengaruhi warna ekornya. Warna dan corak sirip dari ikan cupang siam pun bermacam-macam, yang biasanya kontras antara warna tubuh dan warna sirip. Warna ikan cupang beragam, bahkan iakn cupang memiliki hampir seluruh warna yang ada di dunia, dengan berbagai motif dan corak.
  3. Makanan ikan cupang siam adalah plankton, jenis udang kecil dan juga larva nyamuk. Beberapa jenis pelet dan olahan pakan ikan hias bisa diberikan kepada ikan cupang siam. Untuk sistem reproduksi sendiri, dimulai dengan tarian ikan cupang siam jantan, dan kemudian dilanjutkan dengan pembuatan sarang berbuih, yang merupakan hasil dari perkawinan ikan cupang siam jantan dan betina. Sekali kawin, ikan cupang siam bisa menghasilkan 30-40 telur yang akan ditetaskan di permukaan air. Ternyata pembuahan dilakukan di luar tubuh ikan cupang siam betina, dengan menetaskan sel telur untuk dibuahi oleh jantan. Selama hampir 2 hari ikan cupang siam jantan akan memastikan keamanan dan kenyamanan telur-telur ikan cupang siam.
  4. Jangan lupa ikan cupang siam adalah ikan petarung. Jangan memelihara lebih dari 1 cupang bersamaan, karena akan mengakibatkan perang saudara. Pisahkan apalagi ikan cupang siam yang paling agresif. Nah ada trik khusus terkadang untuk membuat ikan cupang siam lebih agresif, yaitu memasang kaca untuk membuat ikan cupang siam melihat diri sendiri dan merasa ingin bertarung. Namun hati-hati, kadang ikan cupang siam bisa stres.

Itu tadi fakta tentang cupang siam, jenis ikan cupang petarung.

Baca Juga : Ini Dia Standar yang Digunakan dalam Kontes Cupang Versi ABI (Asosiasi Betta Indonesia)

Loading...
Loading...
Fakta tentang cupang siam, jenis ikan cupang petarung | ilmuhewan | 4.5