Fakta dan tips budidaya ikan hias silver dolar

By On Friday, September 22nd, 2017 Categories : Perikanan

Tips budidaya ikan hias silver dolar – Pernah menonton Fantastic Four?

Pasti tahu karakter Silver Surfer, mahluk misterius dari Galaksi lain yang datang ke bumi, wawrna tubuhnya perak semua dan mengendarai sebuah papan seluncur melintasi angkasa.

Anda tahu Silverman?

Ya, itu adalah orang-orang yang ingin mengamen atau menggalang dana dengan cara yang unik, yaitu menyemprot seluruh tubuhnya dengan cat pilox atau pewarna perak, kemudian turun ke jalan-jalan dan mencari orang yang bisa dimintai sumbangan.

Baca Juga : Fakta dan cara merawat ikan piranha di dalam akuarium

Anda tahu silver dolar?

Pasti hanya tahu dolar nya saja, yaitu mata uang Amerika yang nilainya sekarang sudah tidak karuan.

Apa itu silver dolar?

Berikut fakta dan tips budidata ikan hias silver dolar.

  1. Silver dolar adalah jenis ikan yang termasuk ke dalam genus Metynnis, ikan tropis yang ternyata memiliki kekerabatan dengan ikan piranha dan ikan pacu. Ikan silve dolar juga berasal dari benua Amerika Selatan, tepatnya di Paraguay dan Brazil. Ikan silver dolar bisa berada di suhu air sekitar 24-28 derajat celcius, dengan tingkat keasaman ph 5-7.
  2. Ikan silver dolar termasuk ikan omnivora, yang bisa memakan ganggang, tanaman air dan jenis serangga. Ukuran silver dolar bisa mencapai panjang 20 cm. Masa hidupn ikan silver dolar bisa mencapai 10 tahun. Ikan silver dolar, sesuai dengan namanya, memiliki warna perak yang khas, yang kadang agak kehijauan atau kebiruan. Bentuk tubuhnya cukup pipih bulat, dengan sirip dan ekor yang transparan.
  3. Ikan silver dolar termasuk ikan yang semi-agrreisve, artinya tidak terlalu agresive namun boisa menyerang, tetapi ternyata termasuk ikan yang tenang. Untuk budidaya bisa dipersiapkan kolam dengan ukuran 80 gallons. Isi dengan tanaman air, yang juga bisa menjadi makanan untuk ikan silver dolar, seperti ganggang. Meskipun ikan silver dolar berkerabat dengan ikan piranha, namun jenis makanannya ternyata sayur dan tumbuhan. Bisa juga diberikan jenis pellet yang sesuai.
  4. Untuk langkah awal, masukan sekitar 10 ekor jenis ikan, baik jantan maupun betina. Untuk membedakan ikan jantan dan betina dari ikan silver dolar, bisa dilihat dari siripnya. Ikan silver dolar betina lebih runcing di bagian siripnya, dan ada warna oranye yang mencolok. Ikan silver dolar cukup mudah untuk dipelihara, dan bisa dipelihara dengan ikan hias lainnya. Namun perlu diingat pada awal pemijahan, lebih baik ikan silver dolar dipisahkan sendiri, karena meskipun ikan silver dolar bukanlah ikan canibal yang akan menyerang telur dan anakan sendiri, hewan lain bisa saja ingin mencoba memakan dan mengincar telur ikan silver solar.
  5. Berikan makanan dengan format 2×1, pagi dengan dan sore hari, dan berikan chu merah fresh dan beku. Bisa juga diberikan perangsang hormon seperti ovaprim. Untuk mengurangi kadar stres, bisa diberikan sejenis obat bius yang disuntikan, yaitu jenis MS-222. Setelah muncul telur-telur ikan silver dolar, masukan garam dan metyhlene blue, dan jagnan lupa mengambil telur ikan silver dolar dan pisahkan. Hati-hati di dalam membawa telur ikan agar tidak rusak. Jangka waktu menetas biasanya sekitar 50-70 jam setelah pemijahan. Berikan larva kepada anakan ikan silver dolar 3 kali sehari.
  6. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan air, dengan mengganti air atau menguras serutin mungkin. Air yang keruh bisa memancing munculnya kutu dan penyakit kulit pada ikan silver dolar. Bila ada yang terjangkit virus, cepat pisahkan.

Itu tadi fakta dan tips budidata ikan hias silver dolar.

Baca Juga : Mengenal ikan mujair, dan tips budidaya di kolam terpal

Loading...
Loading...
Fakta dan tips budidaya ikan hias silver dolar | ilmuhewan | 4.5