Fakta dan tips budidaya ikan black ghost

By On Monday, September 4th, 2017 Categories : Perikanan

Fakta dan tips budidaya ikan black ghost – Bagi penggemar ikan hias, pasti ingin memelihara jenis-jenis ikan yang eksotis alias jarang dimiliki oleh orang lain.

Selain menciptakan keunikan sendiri, dengan memelihara jenis ikan eksotis akan memberikan kebanggaan tersendiri, karena tidak semua orang bisa memelihara semua jenis ikan dengan baik.

Tahukah kamu ikan black ghost?

Berikut fakta dan tips budidaya ikan black ghost.

  1. Ikan black ghost termasuk kedalam kelompok ikan pisau hantu (Apteronotidae). Ikan black ghost memiliki habitat asli yaitu di Amerika Selatan, yaitu di sepanjang Venezuela ke Paraguay, di Sungai Parana, termasuk di derah sungai Amazon. Ikan black ghost cukup serign dipelihara di tengah-tengah masyarakat, khususnya sebagai ikan hias di dalam akuarium. Ikan black ghost, sesuai dengan namanya, memiliki warna hitam pekat. Ada corak cincin putih di bagian ekornya, dan titik puith di bagian hidung. Pergerakan ikan black ghost dilakukan dengan hentakan dari siripnya yang panjang. Ikan black ghost bisa mencapai ukuran panjang 50 cm. Sekilas dari kejauhan tampak seperti sebatang bulu hitam. Ekor ikan black ghost bsia dibengkokan sampai 90 derajat. Selain itu  ketika berenag, ikan black ghost tampak seperti bendera yang sedang berkibar. Cukup keren dan indah untuk dilihat.
  2. Nah ada yang unik dari kata ghost dari nama black ghost knife fish. Ternyata ikan black ghost merupakan hewan air nocturnal, yang biasa melakukan berbagai aktivitas utama seperti mencari makanan di malaam hari. Dan ternyata ikan black ghost memiliki senjata perlindungan diri, yaitu sengatan beracun yang digunakan untuk mencari mangsa, biasanya larva serangga. Mengenai sengatan listrik tadi, ternyata ikan black ghost merupakan jenis ikan yang bisa memproduksi dan menangkap energi listrik dari dan oleh tubuhnya. Namun meskipun begitu, sengatannya terbilang lemah karena adanya proses electromotor dan sistem electrosensory. Kita pun tahu bahwa air merupakan penghantar listrik atau konduktor yang baik.
  3. Ternyata sistem kelistrikan yang ada di dalam tubuh ikan black ghost adalah sistem kelistrikan pasif dan aktif. Sistem kelistrikan ini juga bisa mengirimkan gelombang frekuensi yang sinyalnya bisa dipantulkan kembali ke ikan black ghost. Tipe listrik gelombang membantu ikan black ghost yang merupakan hewan nokturnal, untuk bergerak dan mencari mangsanya. Sistem kelistrikan yang dihasilkan oleh ikan black ghost cukup stabil. Ikan black ghost betina memiliki frekuesnsi listrik yang lebih tinggi.
  4. Ikan black ghost bukanlah ikan yang agresif, jadi bisa disatukan dengan berbagai ikan lainnya. Namun hati-hati dengan ikan pemangsa. Ekornya yang meliuk-liuk sering disangka sebagai cacing ataupun lintah, yang bisa mamancing keributan di dalam akuarium  jika disatukan dengan ikan agresif. Untuk akuarium bisa disediakan jenis akuarium kaca yang ukurannya cukup untuk ikan black ghost dan ikan lain berenang. Berikan tempat bersembunyi bagi ikan black ghost dengan tanaman hias. Untuk makanan bisa memberikan jenis cacing hari, dua kali sehari pagi dan sore. Jangan lupa berikan air jenis sumur ke dalam akuarium, dan ganti air 5 kali sehari.
  5. Jangan lupa kalau ikan black ghost termasuk hewan nocturnal, jadi berikan latar belakang yang gelap. Ikan black ghost jantan biasanya berukuran lebih besar dan panjang, sedangkan ikan black ghost betina biasanya berukuran lebih kecil dan pendek gemuk. Untuk pemijahan sendiri, setelah musim kawin siapkan satu kolam dan lakukan pemasangan jantan dan betina. Setelah telur muncul, tetaskan di akuarium lain. Beri anakan ikan black ghost cacing artemia.

Itu tadi fakta dan tips budidaya ikan black ghost.

Baca juga : Rasakan Manfaat Memelihara Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...
Loading...
Fakta dan tips budidaya ikan black ghost | ilmuhewan | 4.5
BEOHOSTER.COM