Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta dan kandungan gizi yang terdapat di dalam kelabang, pakan yang cocok untuk burung kicauan

By On Tuesday, September 19th, 2017 Categories : Burung

Manfaat dan Kandungan Kelabang Untuk Burung Kicauan – Setiap orang pastinya ingin memiliki penampilan yang indah dan menarik, serta menambah nilai jual dari diri sendiri.

Tidak terkecuali juga jika kita memelihara burung, tentunya kita ingin burung yang kita pelihara sehat, memiliki kicauan atau bulu yang indah, gesit dan lincah serta mudah dilatih.

Nah untuk bisa mendapatkan kualitas burung yang baik, kita harus tahu jenis burung yang dipelihara, bagaimana karakteristiknya, serta bagaimana cara perawatannya.

Perawatan standar untuk hampir semua jenis burung adalah tempat tinggal yang baik, pembersihan yang baik dan jelas pakan atau makanan yang baik.

Baca Juga : Fakta burung paok pancawarna atau kutilang

Makanan yang baik buat burung tentu saja disesuaikan dengan burung, apakah burung termasuk jenis burung petelur, pedaging, hias bulu atau burung kicauan.

Nah, untuk burung kicauan ada jenis pakan yang merupakan jenis serangga, yaitu kelabang.

Mau tahu fakta dan kandungan gizi yang terdapat di dalam kelabang, pakan yang cocok untuk burung kicauan.

Berikut fakta dan kandungan gizi yang terdapat di dalam kelabang, pakan yang cocok untuk burung kicauan.

  1. Kelabang merupakan jenis centipede, arthropoda atau hewan berkaki banyak, yang jumlah kakinya bervariasi mencapai 1,000 jumlah pasang kaki, namun jarang ada yang tepat 100 kaki. Ada yang bilang juga kaki seribu. Bentuknya seperti ulat merayap dengan perut. Dan ukurannya beragam ada yang mencapai 30 cm. Kelabang ternyata adalah hewan yang hidup di malam hari, di mana sebagian aktivitasnya banyak dilakukan di malam hari.
  2. Kelabang termasuk hewan yang cukup berbisa dan bisa mematikan. Ada sekitar 8.000 jenis kelabang yang tersebar di dunia. Kelabang memiliki habitat yang tersebar bahkan sampai ke Arctic Circle. Ternyata spesies kelabang hampir tidak memiliki pandangan yang jelas alias buta. Makanan dari kelabang berbeda-beda, yang diperkiran bisa memakan apa saja yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Dan jenis pertahanan tubuhnya adalah mengeluarkan sejenis bisa atau racun ke tubuh musuhnya. Ketika ada musuh yang datang mendekat, kelabang bisa menggigit musuhnya.
  3. Ternyata berbagai jenis kelabang dijadikan makanan dan bahan minuman oleh beberapa produsen makanan di China. Nutrisi yang terkandung di dalam kelabang atau kaki seribu adalah berbagai jenis asam, termasuk asam amino, zat besi, lemak dan kandungan protein. Sumber protein lipan bahkan bisa mengobati berbagai penyakit pada manusia, seperti obat kejang dan obat anti kejang, juga regenerasi tubuh dan memperlancar peredaran darah. Di dalam kelabang juga terkandung zat sianiad hidrogen dan benzoquinones yang terkandung di dalam senyawa obat-obatan penenang. Ada kandungan lain yang cukup penting juga, yaitu kalsium, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Dan kandungan zat besi juga diperlukan untuk tubuh, beberapa dapat menjaga sistem imun tubuh. Beberapa obat memang memiliki bahan dasar  baik kelabang kering ataupun yang masih basah (hidup direbus dan diambil sarinya, ataupun ditumbuk). Beberapa kelabang bahkan dijadikan penangkal racun, padahal kita tahu kelabang adalah hewan beracun.
  4. Jadi apa gunanya untuk burung? Nah jadi untuk beberapa burung jenis kicau, kelabang bisa dijadikan solusi untuk menambah kicauan burung jenis kicau akan semakin merdu. Kandungan protein dipercaya bisa memancing hormon burung agar bisa bersuara merdu, cepat memiliki hasrat untuk kawin,  dan bisa menjaga kesehatan burung kicau karena kandungan-kandungan lain yang terdapat di dalam kelabang. Jangan lupa memberikan 1-2 kelabang setiap harinya, jangan terlalu banyak.

Itu tadi fakta dan kandungan gizi yang terdapat di dalam kelabang, pakan yang cocok untuk burung kicauan.

Baca Juga : Fakta unik burung tekukur

Loading...
Fakta dan kandungan gizi yang terdapat di dalam kelabang, pakan yang cocok untuk burung kicauan | ilmuhewan | 4.5