Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta burung paok pancawarna atau kutilang

By On Monday, September 18th, 2017 Categories : Burung, Fakta Unik

Fakta burung paok pancawarna atau kutilang – Di pucuk pohon cemara, burung kutilang bernyanyi, bersiul-siul sepanjang hari.

Seperti itulah sepenggal lagu anak-anak yang populer pada era 90an.

Lagu tersebut terinspirasi dari jenis burung yang kicauannya memang merdu, burung kutilang.

Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung hias yang diunggulkan kicauannya.

Mau tahu fakta burung paok pancawarna atau kutilang?

Baca Juga : Fakta unik burung tekukur

Berikut fakta burung paok pancawarna atau kutilang.

  1. Burung paok pancawarna merupakan sejenis burung kutilang, memiliki nama Latin Pitta guajana. Burung kutilang banyak ditemukan di daerah tropis Asia dan Australia,dan sebagian lagi ada di wilayah Afrika. Burung paok pancawarna sendiri banyak ditemukan di Jawa, Bali,  termasuk ke dalam jenis burung kutilang yang jenis besarnya ada 3 yaitu, Pitta, Erytophitta, dan Hydornis.  Nama tersebut berasal dari kata pitta yaitu burung kecil, berasal dari bahasa Telugu dari India Selatan. Ukuran Burung paok pancawarna berkisar dari 15-25 cm, dengan bentuk tubuh yang kecil, dan leher yang pajang dan kaki yang panjang. Ekor burung paok pancawarna ukurnanya kecil.
  2. Burung paok pancawarna biasanya berada di hutan hujan basah. Burung paok pancawarna memiliki corak di bagian sayap dan tubuhnya yang berbeda-beda. Ada yang warna dasarnya hijau, biru, coklat dan abu-abu. Dinamakan pancawarna karena di dalam satu Burung paok pancawarna terdapat hampir lima warna yang berbeda-beda, dari corak dan warna sayap atau warna leher. Kebanyakan kutilang memang memiliki warna yang bermacam-macam. Makanan Burung paok pancawarna adalah berbagai jenis siput, serangga dan ulat-ulatan. Cacing, semut dan kodok kecil juga terkadang menjadi santapan dari burung paok pancawarna.
  3. Burung paok pancawarnabisa menetaskan sampai 6 butir telur di dalam pohon, ataupun di atas tanah. Beberapa jenis burung kutilang sendiri sudah dinyatakan hampir punah.  Beberapa penyebab burung paok pancawarna adalah karena burung paok pancawarna banyak diburu oleh para pemburu liar, dan habitat dari burung paok pancawarna sudah dirusak, karena banyak hutan yang dijadikan lahan pemukiman ataupun kawasan industri sehingga populasi burung paok pancawarna semakin berkurang.
  4. Variasi warna burung paok pancawarna biasanya dipakai untuk memancing lawan jenis, terutama jantan kepada betina. Dengan corak warna betina akan memilik jantannya. burung paok pancawarna memiliki flight abbility atau kemampuan terbang yang cukup tinggi. Warna burung paok pancawarna biasanya cerah. Ada juga beberapa jenis burung paok pancawarna yang tinggal di hutan bambu dan hutan bakau. Burung paok pancawarna memiliki populasi yang paling banyak di daerah Asia.
  5. Burung paok pancawarna termasuk hewan yang memerlukan sinar dan cahaya matahari di dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sehingga bukan hewan noctrunal yang sering kelayapan di malam hari terbangun dan tertidur di pagi hari. Burung paok pancawarna jarang ditemukan bergerombol dalam jumlah besar, hanya dalam jumlah kecil atau sendirian. Burung paok pancawarna termasuk hewan yang menjaga wilayah kekuasannya, yang berkisar antara 3,000 meter persegi lebih.  Burung paok pancawarna akan menjaga wilayahnya dengan baik, namun jarang ditemukan berkelahi. Berarti setiap burung paok pancawarna akan menghargai wilayah kekuasaan dari burung paok pancawarna lainnya.
  6. Seperti berbagai jenis burung lainnya, burung paok pancawarna sifatnya monogami yaitu hanya memiliki satu pasangan. Burung paok pancawarna membangun sarang yang hampir seragam anata satu burung paok pancawarna dengan burung paok pancawarnayang lainnya. Kedua induk burung paok pancawarna akan saling membantu merawat anak burung paok pancawarna.

Itu tadi fakta burung paok pancawarna atau kutilang.

Baca Juga : Fakta dan tips memelihara burung hantu celepuk

Loading...
Fakta burung paok pancawarna atau kutilang | ilmuhewan | 4.5