Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Fakta ayam Sumatera, spesies ayam Indonesia yang populer di Eropa

By On Friday, September 15th, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Ayam Sumatera – Kalau kita mendengar kata Sumatera, yang terlintas di benak kita adalah sebuah pulau, yang terletak di Indonesia, yang terkenal dengan kota-kota besar seperti Aceh, Medan, Padan, Palembang dan Lampung.

Pulau Sumatera sendiri letaknya ada di wilayah Indonesia bagian barat.

Apakah Anda senang melihat adu ayam?

Buat sebagian orang, menonton pertandingan adu ayam menjadi keasyikan sendiri, karena kita bisa melihat ketangguhan ayam yang sudah dibesarkan dan dipelihara sedemikian rupa.

Namun tahukah kamu ayam Sumatera?

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Pelung

Berikut fakta ayam Sumatera, spesies ayam Indonesia yang populer di Eropa

  1. Ayam Sumatera adalah ayam yang berasal dari pulau Sumatera, yang dikirim ke Eropa pada 1847 untuk dijadikan ayam adu. Ayam ini cukup besar, dengan warna gelap dan corak hijau di bagian badan dan ekornya. Bagian ekornya memiliki bulu yang cukup lebat. Pejantan beratnya mencapai 2,7 kilogram, dan betina 1,8 kilogram. Betina ayam Sumatera hanya menghasilkan 100 telur setiap tahunnya, sehingga dapat disebut sebagai ayam petelur yang buruk. Jantan akan bertarung mati-matian untuk menjaga wilayah kekuasaannya. Bentuk badannya tegah dan gagah, bahu lebar memanjang dan leher menyempit tegap seperti ayam pheasant. Kepalanya kecil yang membuat ayam Sumatera  tampak gagah. Tajinya ada tujuh. Ayam Sumatera bisa hidup sampai 14 tahun. Jengger dan gelambirnya kecil. Ekornya melengkung  panjang, indah terkulai,  dan sudut untuk kualitas ayam Sumatera terbaik adalah 30 derajat. Sayapnya panjang dan lebar.
  2. Ayam Sumatera jarang ditemui di tempat lain. Kemampuan bertarungnya cukup tinggi, karena sifatnya yang agresif di dalam mempertahankan wilayah kekuasannya. Ayam Sumatera sering disilangkan dengan jenis ayam lainnya, seperti leghorn. Selain untuk ayam adu, ternyata ayam Sumatera sering dijadikan sebagai ayam hias karena bentuknya yang indah. Sifatnya garang, dan daya tempurnya hampir setara dengan ayam Bangkok. Ternyata ayam Sumatera bisa terbang, dan merupakan spesies ayam dengan kemampuan terbang yang cukup tinggi. Ayam Sumatera merupakan spesies yang langka.
  3. Ketika bertarung, ayam Sumatera akan sedikit terbang dan banyak melompat-lompat. Ayam Sumatera akan terbang ketika menghindari serangan dari musuhnya. Ayam Sumatera memiliki kemampuan bertahan hidup yang luar biasa, dan termasuk ke dalam hewan yang jenius. Ayam Sumatera sangat agresif terutama terhadap sesama ayam Sumatera lainnya. Dikabarkan bahwa ayam Sumatera terdahulu ada yang terbang sejauh 5 mil dan terbang melintasi pulau Sumatera menuju pulau Jawa.
  4. Ternyata ayam Sumatera yang ada saat ini merupakan hasil pengembangbiakan ayam Sumatera pada 1885, oleh seorang professor dari Smithsonian University. Ayam Sumatera disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Black Yokohama dari Jepang. Banyak nama lain dari ayam Sumatera, di antaranya Sumatera Pheasant dan Big Breasted Red. Ayam Sumatera cukup populer sebagai ayam adu dan ayam hias terutama di benua Eropa.
  5. Ayam Sumatera di Indonesia sendiri sudah jarang didengar, dan spesies aslinya ternyata sudah punah. Ayam Sumatera yang ada saat ini dan sering terlihat di Eropa dan Amerika adalah spesies ayam Sumatera yang sudah dikawinkan dengan spesies ayam lainnya. Ayam Sumatera sendiri digolongkan ke dalam jenis ayam hutan.
  6. Ayam Sumatera yang jinak biasanya lebih banyak bersuara dan berkokok. Untuk penjinakkan sendiri diperlukan ayam Sumatera yang berumur 4 bulan, dan kadang ada beberapa jenis Ayam Sumatera yang tidak dapat dijinakkan sama sekali.

Itu tadi fakta ayam Sumatera, spesies ayam Indonesia yang populer di Eropa.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Untuk Ayam Petelur

Loading...
Fakta ayam Sumatera, spesies ayam Indonesia yang populer di Eropa | ilmuhewan | 4.5