Penjelasan Penting Mengenai Enzim DNA

By On Thursday, December 12th, 2019 Categories : Biologi

Penjelasan Penting Mengenai Enzim DNA – Dalam dunia pengetahuan kita mengenal banyak sekali ada istilah yang mungkin belum tentu semuanya kita kenali. Salah satu istilah yang sering digunakan adalah enzim.

Enzim merupakan sebuah molekul atau zat yang sangat berguna dalam diri manusia karena akan membantu dalam beberapa proses dalam tubuh kita.

Setelah itu ada juga istilah DNA, mungkin istilah ini lebih sering kita dengar karena berhubungan dengan kedokteran dan sering disebut oleh beberapa orang. Namun bisakah kedua istilah ini bersatu menjadi satu? Tentu saja bisa. Mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Enzim DNA

Enzim DNA merupakan sekelompok enzim-enzim yang akan membantu dalam proses replikasi sel. Melalui bantuan enzim ini nantinya akan terbentuk beberapa sel baru yang akan sangat berguna untuk manusia. Selain itu beberapa enzim ini juga terdiri dari enzim yang umum kita dengar sebelumnya.

Sel membutuhkan enzim ini dalam meregenerasi dan juga menerjemahkan beberapa kode dalam untaian DNA. Selain itu sel juga menggunakan enzim ini untuk berkembang biak dan bertumbuh.

Fungsi Enzim DNA

Beberapa orang bertanya apakah penting sebenarnya fungsi enzim ini, sebenarnya enzim ini penting sekali untuk keberlangsungan hidup kita agar semua proses dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari enzim DNA antara lain:

  1. Memperbaiki untaian DNA, ini adalah fungsi utama dari enzim ini karena perbaikan DNA ini haruslah dilakukan dengan baik karena bisa saja jadi DNA yang seutuhnya.
  2. Menyalin kode pada DNA, ini adalah salah satu proses dalam replikasi DNA yang akan membantu rangkaian DNA terbuat dengan baik dan sesuai.
  3. Mengoreksi untaian DNA, terkadang memang ada untaian yang tidak sesuai sehingga harus diperbaiki dengan baik agar menghasilkan untaian yang sempurna.

Jika kita sudah mengenal apakah itu enzim DNA dan juga fungsinya maka kita harus tahu juga apa saja enzim yang termasuk dalam rangkaian proses panjang ini. Proses ini terjadi dalam darah dan juga pada alat dalam tubuh kita yang berpengaruh pada proses pembentukan DNA. Ada beberapa jenis enzim yang digunakan dalam proses ini, namun ada beberapa orang yang hanya mengenal enzim Polimerase.

Jenis-jenis enzim DNA

Ada beberapa enzim yang digunakan dalam proses replikasi DNA ini. Berikut ini adalah beberapa enzim yang digunakan adalah antara lain:

  • Enzim Helycase, ini hanya digunakan dalam proses awal dimana pelepasan untaian DNA.
  • Enzim Polimarase, ini adalah enzim yang paling berperan penting dalam proses replikasi ini oleh karena itu enzim ini juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu I, II dan III.

Fungsi utama enzim polimerase

Enzim ini adalah enzim yang paling berperan penting dalam proses replikasi DNA sehingga ada banyak sekali fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari enzim ini antara lain:

  1. Memperbaiki kesalahan dalam proses replikasi DNA.
  2. Membongkar dan melonggarkan untaian DNA.
  3. Menciptakan DNA baru.

Itulah sejumlah fungsi dari enzim yang penting ini, sebenarnya dalam proses ini enzim bekerja dengan beberapa tahapan yang panjang. Mulai dari merombak segala untaian yang ada sampai dengan menerjemahkan beberapa untaian yang ada pada DNA.

Selain itu ada juga proses menerjemahkan yang dilakukan oleh enzim ini juga. Proses inilah yang dinamakan sebagai proses replikasi DNA. Semoga informasi ini berguna untuk Anda semua yang membutuhkan.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird

Loading...
Loading...
Penjelasan Penting Mengenai Enzim DNA | ilmuhewan | 4.5