Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Darimanakah Asal Belatung dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

By On Thursday, January 19th, 2017 Categories : Asal dan Sejarah

Asal dan Cara Mengatasi (Menghilangkan) Belatung – Hewan belatung mungkin dianggap sebagai hewan pemakan bangkai yang misterius.

Meskipun bentuknya kecil, akan tetapi bekerja sama dalam koloni yang bisa berjumlah ribuan atau jutaan tergantung ukuran bangkai yang digerogoti.

Dalam dunia kedokteran sendiri, hewan belatung juga sangat membantu hasil penyelidikan karena dapat dijadikan patokan kapan waktu meninggalnya jenazah atau mayat.

Nah, tentu banyak yang bertanya, lalu dari manakah asal belatung? Dan lebih jauh lagi, bagaimana cara mengatasinya? Oke, siapkan diri untuk membaca uraian jawaban singkat berikut ya…

Darimanakah Asal Belatung?

Belatung secara universal dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan ‘maggot’. Sebenarnya, belatung merupakan larva alias bakal lalat. Sebelum bisa terbang dan memiliki sayap, lalat akan berbentuk serupa larva atau belatung.

Belatung tentu dimulai dari sebuah perkawinan antara lalat jantan dan betina. Umumnya, lalat jantan akan hinggap di atas tubuh lalat betina dan menyalurkan sel-sel sperma untuk dibuahi di dalam tubuh lalat betina.

Sel-sel telur lalat betina kemudian akan dibuahi di dalam rahim lalu menetas hingga berjumlah ratusan bahkan ribuan larva.

Saat menetas inilah, kemudian lalat betina akan meletakkan larva atau bayi-bayi lalat di tempat-tempat yang dinilai ‘strategis’ yaitu tempat-tempat jorok dan kotor yang dianggap dapat memberikan suplai makanan kepada larva atau bayi lalat.

Sang larva atau bayi lalat akan terus berada di tempat atau sarang ‘strategis’ tersebut hingga ia dewasa dan tercukupi segala kebutuhan nutrisinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Belatung Pada Makanan?

Belatung bisa ada di mana saja dan kapan saja, tentu hal ini berkat bantuan sang induk, yaitu lalat betina yang mampu ‘membuang’ bayi-bayi lalat  ini hanya dalam hitungan per sekian detik saja alias dalam sekejap mata.

Ketika makanan berada di luar atau tidak tertutup dan membusuk, akan mengundang lalat-lalat untuk datang dan menetaskan larva.

Hal ini karena lalat dipersenjatai dengan indera penciuman yang sangat tajam hingga radius 10 km, lalat mampu mencium aroma bangkai atau makanan busuk.

Jika sudah terkontaminasi belatung atau larva lalat, sebaiknya makanan memang tidak perlu dikonsumsi alias dibuang karena jika sampai masuk ke dalam tubuh, larva alias belatung bisa masuk ke dalam usus dan mengganggu sistem pencernaan manusia.

Cara Mengatasi Belatung Pada Makanan

Ibarat pepatah, mencegah adalah lebih baik daripada mengatasi. Solusi untuk mengatasi belatung yang paling efektif adalah mencegahnya untuk menetas di dalam makanan kita. Sebaiknya cek beberapa tips sederhana untuk cara mengatasi belatung pada makanan berikut:

  1. Pasang teralis atau jala besi untuk mencegah serangga seperti lalat masuk ke dalam rumah.

Jendela atau lubang angin, sebaiknya dipasang rang atau jala besi yang bisa mencegah masuknya serangga berukuran kecil seperti nyamuk ataupun lalat.

  1. Semprotan serangga

Semprotan serangga juga cukup ampuh untuk mengusir lalat dari rumah karena mengandung bahan khusus yang mengganggu sistem pernapasan serangga seperti nyamuk atau lalat.

  1. Selalu tutup makanan

Jangan biarkan makanan berada di tempat terbuka dalam kondisi tidak tertutup atau dimasukkan wadah yang tertutup rapat.

Untuk mencegah masuknya debu, bakteri ataupun belatung dan larva lalat hal ini cukup sepadan. Kamu bisa membeli tudung saji dari plastik atau wadah makanan plastik sehingga lalat tidak akan bisa terbang dan hinggap di atas makanan .

  1. Segera bersihkan sampah dan jangan sampai membusuk

Belatung biasanya senang berada di tempat busuk dan lembap seperti tong sampah. Tips yang sederhana, taburi tempat sampah dengan sedikit garam yang bersifat antiseptik untuk mengacaukan senyawa kimia penyebab bakteri.

Kini kamu sudah tahu darimanakah asal belatung dan bagaimana cara mengatasi belatung. Semoga bermanfaat.

Loading...
Darimanakah Asal Belatung dan Bagaimana Cara Mengatasinya? | ilmuhewan | 4.5