Daftar Hewan Yang Tergolong Anggota Arachoidae

By On Monday, May 29th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Jenis dan Macam  Hewan Anggota Arachoidae – Seperti yang sudah kita ketahui, hewan memiliki golongan yang sangat banyak. Salah satunya adalah golongan Arachoidae. Apakah kalian tahu apa itu Arachoidae? Hewan apa saja yang masuk dalam golongan tersebut?

Arachoidae atau Arachnida merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Arachnae yang miliki arti laba-laba. Bagian tubuh dari hewan ini terdiri dari dua bagian yaitu Chepalotorax dan perut.

Pada chepalotorax terdapat 6 pasang embelan dan tidak memiliki antenna.  Embelan ini jika menurut orang awam biasa disebut dengan kaki.

Embelan-embelan tersebut adalah :

  1. Pasangan embelan pertama disebut dengan Kelisere (Chelicerae) yang memiliki fungsi untuk merobek dan melumpuhkan mangsanya. Dan dalam Kelisere terdapat kelenjar beracun tetapi beberapa spesies memiliki kelenjar beracun ini pada chepalothorax.
  2. Pasangan embelan kedua disebut dengan pedipalpus yang digunakna untuk memegang makanan.
  3. Pasangan embelan selanjutnya yang berjumlah 4 pasang digunakan sebagai kaki jalan. Pada bagian perut tidak terdapat embelan.

Klasifikasi umum arachnida dibagi menjadi 5 ordo utama yaitu

  • Ordo Araneae : golongan laba-laba sejati
  • Ordo Scorpiones : golongan kalajengking sejati
  • Ordo opilioner : golongan laba-laba penuai
  • Subkelad acara atau superordo acariformes dan superordo parasitiformes : golongan tungau dan caplak.
  • Ordo-ordo lain yang lebih kecil.

Hewan pada kelas arachoidae bernafas dengan menggunakan trakea dan ada juga yang memiliki paru-paru buku yang terletak di bagian ventral perut bagian depan. Contoh hewan yang ada pada daftar golongan Arachoidae adalah sebagai berikut :

1. Laba-laba

Hewan ini merupakan hewan arachnida yang mampu menghasilkan jarring atau benang halus yang dihasilkan dari spinneret pada bagian ujung tubuhnya yaitu di abdomennya.

Jumlah laba-laba yang ada pada saat ini jumlahnya kira-kira terdapat 30.000 spesies yang tersebar di bumi.

Ciri-ciri khusus dari anggota ini adalah dapat membuat atau menghasilkan jarring atau benang halus, memiliki kelisere yang kecil dan beberapa jenis ini memiliki saluran racun pada taringnya.

2. Kuman

Kuman merupakan jenis hewan arachnida yang dapat kita temukan dimana-mana baik di dalam air, tanah, udara, tanaman, hewan dan bahkan pada tubuh manusia.

Ukuran kuman sangatlah kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata manusia dengan mata telanjang namun harus menggunakan alat bantu mikroskop.

Namun, kebanyakan dari spesies kuman merupakan parasite bagi manusia contohnya adalah kuman kudis yaitu Sarcoptes Scabiei yang memiliki ciri-ciri segmen tubuh tidak jelas dan abdomen bersatu dengan sephalothorax.

3. Caplak coklat

Hewan ini merupakan hewan kecil yang menjadi parasite pada anjing. Atau biasanya kita menyebutnya sebagai kutu anjing.

Selain itu, hewan lain yang masuk dalam golongan ini adalah kalajengking, laba-laba penuai, laba-laba black widow, segala macam kala mulai dari kala buku dan kala labah-labah.

Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan anda dan membantu anda dalam mata pelajaran biologi.

Baca Juga : Pembagian Hewan Langka Menurut Wilayah di Indonesia

Daftar Hewan Yang Tergolong Anggota Arachoidae | ilmuhewan | 4.5