Daftar Hewan yang Memiliki Perisai Diri

By On Friday, July 21st, 2017 Categories : Info Lainnya

Daftar Hewan yang Memiliki Perisai Diri – Hewan di dunia ini memiliki cara mereka sendiri untuk melindungi diri dari berbagai macam serangan musuhnya.

Ada yang melindungi diri dengan cara berlari juga bersembunyi. Akan tetapi, ada juga beberapa diantara hewan tersebut yang dapat memberikan semacam perlawanan dikarenakan mereka memiliki perisai diri atau pelindung.

Memiliki alat pertahanan diri merupakan hal yang wajib di dunia hewan. Alat pertahanan yang dimiliki hewan berfungsi untuk melindungi diri dari musuh, pesaing maupun predator di sekitarnya.

Dengan adanya duri-duri yang tajam, maka akan menjadi hal yang mustahil bagi para musuh untuk menyerang serta memangsa hewan-hewan ini, apabila para predator tetap maksa menyerang maka hal tersebut hanya akan berakibatkan luka-luka akibat duri-duri tersebut.

Baca Juga :

Fakta Unik Tentang Kucing Persia

Fakta Unik Tentang Hewan Beruang

Fakta Unik Burung Murai Hijau Jawa

Fakta Unik dan Aneh Tokek Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Kawin Hewan Paling Unik dan Aneh Di Dunia

Nah, berikut ini merupakan daftar hewan-hewan yang memiliki perisai diri yang perlu kalian ketahui :

  1. Kadal Armadillo (Cordylus cataphractu)

Kadal Armadillo (Cordylus cataphractu) merupakan salah satu hewan yang berasal dari Afrika dan juga Madagaskar. Hewan ini memiliki kulit yang sangat keras dan hampir menyerupai duri.

Kadal armadillo ini dapat melindungi dirinya dengan menggunakan  caranya yaitu menggulungkan badannya dan menggigit ekornya hingga badannya membentuk sebuah lingkaran sebagai suatu sistem pertahanan yang aman dari gangguan para musuhnya.

  1. Ikan Buntal (Diodon nichthemerus)

Ikan Buntal (Diodon nichthemerus) merupakan salah satu hewan yang memiliki ukuran tubuh yang sedang untuk ukuran jenis ikan.

Ikan tersebut mempunyai kemampuan untuk mengembangkan tubuh beserta duri-duri agar melindungi dirinya ketika ikan tersebut merasa terancam.

Pertama-tama, ikan buntal tersebut akan menyerap air di sekitarnya untuk mengembangkan tubuhnya sampai mencapai 2 kali besar dari bentuk tubuh aslinya, kemudian ikan ini menegakkan duri-durinya yang tajam tersebut sebagai upaya perlindungan dari berbagai serangan para musuh dan predatornya.

  1. Ekidna

Ekidna (Tachyglossus aculeatus) merupakan salah satu jenis mamalia dengan ukuran sebesar kelinci dan seluruh tubuhnya dilapisi oleh duri-duri. Hewan tersebut hidup di hutan-hutan Australia dan juga Papua Nugini.

Ekidna juga mempunyai moncong yang panjang dengan kuku yang besar agar memudahkan mereka dalam menggali tanah.

Sistem pertahanan dari hewan Ekidna sendiri yaitu hewan tersebut mempunyai hingga 5000 duri dan 2000 sensor medan listrik yang ada pada tubuhnya, hal tersebut menyebabkan ikan ini mempunyai pertahanan yang sangat kuat dan sulit ditembus.

Dapat kalian lihat juga bahwa Ekidna ini memiliki perlindungan ideal untuk melindungi dirinya dari berbagai macam ancaman.

  1. Landak

Landak merupakan salah satu hewan menyusui (mamalia) yang dengan mudah sekali dikenali dan memiliki ciri khas dengan bulunya yang berduri-duri.

Dimana duri-duri pendek tersebut memenuhi hampir dari separuh badan pada bagian depannya sedangkan duri-duri panjang yang lainnya memenuhi separuh badan pada bagian belakangnya.

Meskipun begitu, hewan landak ini sering diburu oleh manusia dikarenakan duri yang ada pada badannya dapat dijadikan berbagai hiasan maupun tusuk konde yang biasanya digunakan untuk para wanita.

Padahal, duri yang ada pada tubuhnya tersebut adalah pelindung yang mampu melindungi landak dari berbagai serangan musuh dan predator lainnya yang memangsanya sebagai makanan.

Maka dari itu, cara landak untuk melindungi diri dari serangan predator yaitu dengan duri-duri yang ada tersebut. Selain itu, landak juga mampu memanfaatkan tempat tinggal mereka sebagai tempat persembunyian karena pada umumnya landak berada di dalam liang (lubang) yang dengan sendirinya mereka gali dan terletak diantara semak-semak.

Indera penciuman mereka yang tajam serta berkemampuan unik, yaitu dapat berlari ke belakang (mundur) dan ke samping dengan cepat.

Kemampuan uniknya tersebut dapat juga digunakannya supaya mampu menghindar dari musuh maupun predator yang berkeinginan untuk memangsanya sebagai makanan.

Loading...
Loading...
Daftar Hewan yang Memiliki Perisai Diri | ilmuhewan | 4.5