BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Daftar Hewan Yang Bernapas Dengan Paru-paru

By On Friday, January 6th, 2017 Categories : Pernapasan Hewan

Daftar Hewan Yang Bernapas Dengan Paru-paru – Setiap mahluk hidup di muka bumi ini memiliki alat pernafasan yang berbeda-beda.

Manusia bernafas dengan paru-paru, hewan ada yang bernafas dengan trakea, paru-paru, insang, pundi-pundi udara, kulit dan pada tumbuhan adalah stomata, lentisel dan rambut akar.

Alat pernafasan mahluk hidup berbeda-beda karena menyesuaikan dengan habitat tinggalnya dan jenis dari mahluk hidup itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi sistem Pernapasan Pada Hewan Invertebrata

Contoh hewan yang bernafas dengan trakea adalah belalang, yang bernafas dengan pundi-pundi udara contohnya adalah burung, yang bernafas dengan kulit contohnya adalah cacing dan yang bernafas dengan insang sebagian besar adalah ikan walau tidak semua jenis ikan bernafas dengan insang, contohnya paus bernafas dengan paru-paru sama seperti manusia.

Sama halnya dengan manusia, hewan juga ada yang bernafas menggunakan alat pernafasan yang sama dengan manusia yaitu paru-paru. Tahukah anda hewan-hewan apa saja yang bernafas dengan paru-paru?  Berikut ini adalah daftar hewan- hewan yang bernafas dengan paru-paru :

  1. Hewan yang tergolong kedalam jenis hewan mamalia.

Hewan mamalia merupakan hewan yang menyusui, memiliki tulang belakang, berdarah panas atau memiliki kelenjar mamae. Hewan mamalia tidak hanya hidup di darat tapi ada juga yang hidup di air.

Contoh umum dari hewan mamalia yang bernafas dengan paru-paru adalah lumba-lumba, kuda, gajah, kambing, harimau, kelelawar, kera, paus, pesut, dan lain sebagainya.

Di dalam paru-paru terjadi penyerapan oksigen, sedangkan  karbon-dioksida dan uap air dihembuskan keluar melalui hidung.

Misalnya pada paus, paus dapat bernafas dengan paru paru karena lubang hidung paus berada di atas kepalanya maka ia dapat bernafas dengan paru paru dan mulutnya tetap berada di air.

  1. Burung

Alat pernafasan burung sebenarnya tidak hanya berupa pundi-pundi udara, Burung dapat menghirup oksigen dengan melalui hidungnya lalu oksigen tersebut melewati batang tenggorokan, juga melewati alat pernafasan manusia juga yaitu paru-paru dan baru berhubungan dengan pundi-pundi udaranya.

Burung memiliki 5 pundi-pundi udara yaitu pundi-pundi udara pada pangkal leher, pundi-pundi udara antar tulang selangka bercabang membentuk pundi-pundi udara di dalam tulang lengan atas, pundi-pundi udara perut, pundi-pundi udara dada depan dan pundi-pundi udara dada belakang.

Ketika burung sedang berada di darat, tidak dalam keadaan sedang terbang, udara dihirup burung melalui hidung dan tersalurkan  ke batang tenggorokan menuju paru-paru sedangkan pada saat burung sedang terbang, burung akan mengepakan sayapnya dan udarapun akan masuk ke dalam pundi-pundi udara melalui ke paru-paru.

  1. Reptile

Reptil adalah hewan melata yang merupakan kelompok hewan vetebrata yang berdarah dingin dan ditandai dengan ciri-ciri memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptil terbagi atas 4 ordo yaitu sebagai berikut ini :

  • Ordo Crocodilia

Contoh reptile yang tergolong Ordo Crocodilia adalah buaya dan alligator. Jumlah spesies dari Ordo Crocodilia adalah 23 spesies.

  • Ordo Sphenodontia

Contoh reptile yang tergolong dari ordo sphenodontia adalah tuatara selandia baru yang terdiri dari 2 spesies.

  • Ordo Squamata

Contoh dari Ordo Squamata adalah kadal dan ular dimana ordo squamata terdiri dari 7900 spesies, terbanyak dari spesies ordo lainnya.

  • Ordo Testudinata

Contoh dari reptile Ordo Testudinata adalah kura-kura dan penyu yang terdiri dari 300 spesies.

Reptil bernafas melalui paru-paru dimana dibedakan menjadi 2 fase dalam system pernafasan reptile yaitu sebagai berikut ini :

Fase Inspirasi

Otot tulang rusuk reptile berkontraksi, lalu rongga dadanya akan membesar, paru-paru mengembang dan oksigen masuk melalui lubang hidung ke  rongga mulut, anak tekak dan trakea yang panjang, bronkiolus dalam paru-paru. Lalu oksigen akan diangkut oleh darah menuju ke seluruh tubuh reptile.

Fase Ekspirasi

Otot tulang rusuk reptile berelaksasi, lalu rongga dada mengecil, paru-paru mengecil, karbondioksida dari jaringan tubuh menuju jantung melalui darah melewati paru-paru, bronkiolus, trakea yang panjang, anak tekak, ronggo mulut dan lubang hidung.

  1. Amfibi

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu air dan darat contohnya adalah katak. Pada saat katak sudah dewasa, katak akan bernafas dengan paru-paru berbeda dengan saat katak masih berupa berudu ia akan bernafas dengan insang bukan dengan paru-paru.Tapi ketika berada di air, katak akan bernafas melalui kulitnya.

Itulah beberapa contoh hewan yang bernafas dengan paru-paru sama halnya seperti alat pernafasan manusia. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda ya.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Pada Hewan Vertebrata

Loading...
Daftar Hewan Yang Bernapas Dengan Paru-paru | ilmuhewan | 4.5