Daftar Hewan Yang Bernafas Dengan Menggunakan Paru-paru Buku

By On Tuesday, May 16th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Jenis Hewan yang Bernafas Dengan Mengunakan Paru-paru Buku –  Setiap makhluk hidup memiliki sistem pernafasan yang berbeda-beda.

Hal ini termasuk dengan hewan, salah satu sistemnya menggunakan paru-paru. Alat nafas paru-paru pada hewan ini memiliki dibagi menjadi 2 jenis lagi yaitu paru-paru dan paru-paru buku.

Contoh hewan yang bernafas dengan paru-paru yaitu burung dan hewan mamalia.

Yang yang membuat sistem pernafasan yang berbeda adalah habitat dan jenisnya. Namun, apakah kalian tahu apa itu paru-paru buku? Paru-paru buku adalah alat pernapasan yang memiliki struktur bertumpuk yang mirip dengan buku.

Baca Juga : Jenis Hewan yang Mengalami Pembuahan Eksternal

Paru-paru buku memiliki gulungan yang berasal dari  invaginasi perut. Paru-paru buku memiliki lembara-lembaran tipis (lamella) yang tersusun sejajar dan juga memiliki spiratikel tempat masuknya oksigen dari luar.

Keluar masuknya udara disebabkan oleh gerakan otot pada paru-paru secara teratur.

Di paru-paru buku terdapat lekukan ke dalam dari permukaan tubuh dan didalamnya membentuk helaian-helaian dalam sebuah rongga.

Helaian tersebut terdapat di dalam ruang dan membuanyai spirakel atau lubang luar. Beberapa spirakel dapat membuka dan menutup karena otot yang ada di paru-paru yang berfungsi sebagai ventilasi udara atau lebih tepatnya untuk mencegah kehilangan air.

Hewan yang memiliki sistem pernafasan paru-paru buku adalah hewan yang masuk anggota Arachnida yang termasuk dalam filum Arthropoda.

Dan hewan ini disebut dengan hewan Chelicerata, namun untuk hewan yang memiliki sistem  pernafasan ini merupakan Chelicerata tingkat tinggi.

Selain itu, beberapa jenis dari Arachnida memiliki sistem pernafasan dengan trakea. Trakea meruapakan invaginasi atau lekukan kedalam dari ektoberm dan memiliki lubang ke luar yang juga disebut sebagai spirakel. Namun, spirakel pada trakea memiliki bentuk yang silindris dan dilapisi kritin.

Dalam trakea terdapat cabang-cabang trakeolus yang berisi udara atau kadang-kadang cairan. Sistem pernafasan pada trakea dengan cara pengambilan O2 dan mendistribusikan ke seleruh tubuh kemudian mengeluarkan CO2 dan difusi melalui spirakel.

Contoh jenis hewan yang mempunyai sistem pernafasan paru-paru buku ini adalah

  1. Kalajengking
  2. Laba-laba

Namun, asal kalian tahu paru-paru buku memiliki fungsi yang sama seperti fungsi paru-paru pada vertebrata dan begitu pula dengan insang buku.

Baca Juga : Daftar Hewan Paling Lambat Di Dunia

Loading...
Loading...
Daftar Hewan Yang Bernafas Dengan Menggunakan Paru-paru Buku | ilmuhewan | 4.5