Daftar Hewan Paling Besar di Dunia

By On Tuesday, July 25th, 2017 Categories : Daftar TOP

Daftar Hewan Paling Besar di Dunia – Hewan merupakan salah satu mahluk hidup dengan populasi yang cukup banyak di dunia.

Beragam jenisnya, dengan berbagai macam ukuran hewan-hewan ada di dunia. Mulai dari ukuran sangat kecil, hingga besar.

Akan tetapi, ada beberapa jenis hewan yang memiliki tubuh yang sangat besar, dan dijuluki sebagai hewan paling besar di dunia.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hewan yang paling besar di dunia :

  1. Paus Biru (Blue Whale)

Paus Biru adalah salah satu hewan yang terbesar di dunia ini. Hewan mamalia terbesar ini memiliki berat badan yang dapat mencapai 180 ton dengan panjang badannya hingga 30 meter.

Baca Juga :

Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau

Daftar Hewan yang Memiliki Perisai Diri

Bagaimana Cara Hewan Bernafas?

Hewan Peliharaan Anda tiba-tiba pendiam? Jangan-jangan Exercise Intolerance

Cara Mengatasi Penyakit Apthae Epizootica (AE) pada Hewan Ternak

Paus biru ini sangat sulit ditimbang karena ukurannya yang sangat besar. Walaupun demikian, hasil daripada pengukuran antara 150 – 170 ton dibuat oleh hewan mamalia terbesar ini dengan panjang sekitar 27 m.

Massa seekor individu daripada paus biru ini berukuran panjang 30 m dan diyakini oleh NMML bahwa paus biru ini mempunyai massa tubuh lebih dari 180 ton.

Paus biru terbesar ditimbang secara teliti oleh ilmuan NMML dengan tujuan untuk mengukur seekor paus biru betina yang memiliki berat tubuh sebesar 177 ton.

Paus biru ini juga merupakan hewan mamalia laut yang hidup di Samudera Antartika, Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan juga Samudera Atlantik.

  1. Gajah Afrika (African Elephant)

Gajah Afrika merupakan salah satu hewan darat terbesar di dunia yang memiliki berat badan sebesar 6,350 kilogram dengan panjang yang mencapai 10,6 meter.

Berdasarkan data dari World Wildlife Foundation (WWF), total populasi daripada Gajah Afrika ini hanya sekitar 700.000 ekor di tahun 2014.

  1. Buaya Muara (Saltwater Crocodile)

Buaya Muara merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia. Memiliki nama buaya muara dikarenakan hewan besar yang satu ini hidup di sungai yang dekat dengan laut (muara).

Dalam bahasa Inggris, buaya muara ini diartikan sebagai Saltwater Crocodile, dan nama lain dalam bahasa Indonesia yaitu buaya laut atau buaya air asin.

Hewan reptil ini memiliki berat badan yang mencapai hingga 1,360 kilogram dengan panjang tubuh hingga mencapai 6,3 meter. Buaya muara juga dapat ditemukan di bagian Asia Tenggara, Asia Selatan maupun Australia.

  1. Salamander Raksasa Tiongkok (Chinese Giant Salamander)

Salamander merupakan satu-satunya hewan amfibi yang hampir mirip rupanya dengan kadal. Hewan ini mempunyai tubuh yang ramping, hidung yang pendek serta ekor yang panjang.

Jenis salamander raksasa Tiongkok ini mempunyai panjang tubuh sekitar  1,83 meter dengan berat badan sebesar 64 kg.

Salamander ini digolongkan sebagai salah satu hewan yang dilindungi dikarenakan populasinya berkurang dengan sangat cepat.

Salamander raksasa Tiongkok hanya dapat ditemukan di daratan Tiongkok dan Taiwan , dan juga merupakan salah satu hewan berjenis amfibi yang terbesar di dunia.

  1. Beruang Coklat (Brown Bear)

Beruang Coklat merupakan salah satu hewan karnivora (pemakan daging) terbesar di dunia. Hewan besar dengan warna coklat ini bisa ditemukan di daerah Amerika Utara dan bagian Utara Eropa-Asia.

Berat badan hewan ini bisa mencapai kurang lebih 1 ton dengan tinggi yang mencapai 3 meter.

  1. Cumi-Cumi Kolosal (Colossal Squid)

Cumi-cumi kolosal merupakan salah satu dari jenis cumi-cumi yang terbesar di dunia. Panjang daripada tubuh cumi-cumi kolosal ini mampu mencapai 14 meter diikuti dengan berat tubuhnya yang mencapai sekitar 494 kg.

Jarang ditemukan dan sangat langka, cumi-cumi kolosal ini hanya dapat ditemukan di perairan Benua Antartika.

Loading...
Loading...
Daftar Hewan Paling Besar di Dunia | ilmuhewan | 4.5