Daftar Harga Kura-kura Air Tawar untuk Hewan Peliharaan

By On Saturday, May 20th, 2017 Categories : Harga Hewan

Daftar Harga Kura-kura Air Tawar – Kura-kura air tawar merupakan salah satu binatang yang dewasa ini banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Tak hanya karena unik dan memiliki bentuk yang sangat menarik, kura-kura air tawar juga tidak memerlukan perawatan yang sulit sehingga sebagian besar orang, khususnya mereka yang tidak mempunyai banyak waktu untuk selalu merawat hewan peliharaannya, lebih memilih memelihara kura-kura air tawar ini dibandingkan dengan hewan-hewan lain seperti kucing, atau anjing yang harus dipelihara secara intensif.

Baca Juga : Ciri-ciri Kura-kura Sedang Sakit

Jika Anda tertarik dan berminat untuk mulai memelihara binatang bertempurung itu, berikut ini akan diulas mengenai jenis dan harga dari setiap jenis kura-kura air tawar tersebut.

Kura-kura Brazil

Kura-kura air tawar pertama yang juga merupakan jenis kura-kura yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia yaitu kura-kura Brazil.

Ketenaranannya membuat Anda bisa dengan mudah menemukan jenis kura-kura ini di pasaran.

Selain pola pada tempurungnya yang menarik, bentuk tubuh kura-kura air tawar yang memiliki nama lain Red Eared Slider ini juga sangat mirip dengan penyu, hanya saja kura-kura Brazil memiliki kuku yang panjang dan tajam. Harga kura-kura air tawar jenis Brazil relatif cukup murah yaitu hanya berkisar 20 hingga 30 ribu rupiah saja untuk anakannya.

Aligator Snapping

Jenis kura-kura air tawar yang cocok dijadikan hewan peliharaan selanjutnya yaitu Aligator Snapping atau nama ilmiahnya Macrochelys temminckii. Kura-kura aligator snapping dianggap menyeramkan karena tempurungnya yang berbentuk seperti duri.

Tak hanya itu saja, kura-kura air tawar ini juga lebih agresif dan seringkali melakukan penyerangan seperti menggigit. Namun, meskipun memiliki bentuk yang menyeramkan, kura-kura unik ini tetap memiliki banyak peminat.

Tak ayal jika harga kura-kura aligator snapping yang dijual di pasaran bisa mencapai 1 – 2,5 juta rupiah untuk anakannya. Dan akan semakin mahal untuk kura-kura yang sudah berusia dewasa, bahkan bisa mencapai 5 juta rupiah.

Kura-kura Ambon

Kura-kura air tawar lainnya yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kura-kura Ambon. Selain memiliki nama ilmiah Coura amboinensis, kura-kura Ambon juga sering disebut dengan kuya batok karena bentuk tempurungnya yang sangat cembung dan mirip sekali dengan batok kelapa.

Jenis kura-kura yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak di temukan di Asia, termasuk di Indonesia. Sayangnya, dibandingkan dengan dua jenis kura-kura air tawar yang telah disebutkan sebelumnya, kura-kura batok memiliki lebih sedikit peminat.

Hal ini disebabkan karena bentuk dan warna dari kura-kura batok cenderung biasa saja, yaitu hitam polos dan terkesan tidak memiliki keunikan yang menarik.

Oleh sebab itu, biasanya kura-kura ini tidak dijual di pasaran dan hanya bisa dimiliki dengan cara mencarinya sendiri di wilayah perairan air tawar seperti sungai, danau, rawa, dan lain-lain.

Selain kura-kura air tawar, ada lebih banyak jenis kura-kura darat yang juga dapat dijadikan hewan peliharaan yang tentunya memiliki harga yang juga lebih bermacam-macam.

Jika Anda sudah yakin untuk memelihara kura-kura air tawar, sebaiknya sebelum membeli Anda mempersiapkan tempat atau kandang untuk tinggal kura-kura tersebut.

Jangan sampai Anda membuang uang Anda untuk membeli kura-kura air tawar namun tidak memiliki persiapan atau pengetahuan mengenai bagaimana cara untuk merawat kura-kura tersebut, karena hal itu tak hanya membuat kura-kura air tawar tersebut tersiksa tetapi juga sangat merugikan bagi Anda.

Baca Juga : Penyebab dan Dampak Mata Kura-kura Bengkak

Loading...
Loading...
Daftar Harga Kura-kura Air Tawar untuk Hewan Peliharaan | ilmuhewan | 4.5