Daftar Burung Dengan Ekor Paling Panjang di Dunia

By On Thursday, August 10th, 2017 Categories : Daftar TOP

Burung Dengan Ekor Paling Panjang di Dunia – Jika burung dengan bulu dan warna yang cantik itu sudah biasa, tapi bagaimana ya jika burung dengan ekor paling panjang di dunia?.

Hampir di seluruh dunia memiliki macam-macam jenis satwa unggas sepeti burung.

Tapi di beberapa negara juga memiliki jenis-jenis burung yang berbeda dari segi suara, bulu, warna, hingga ekornya. Kali ini saya akan membahas mengenai jenis burung dengan ekor terpanjang di dunia.

Selain burung Murai Batu ternyata ada lho burung yang memiliki ekor sepanjang 25 cm bahkan ada juga yang lebih dari 40 cm. Seperti burung Merak India, Lady Amherst’s,dan burung jenis lainnya.

Keindahan burung tak hanya dilihat dari warnanya atau kicauannya, tapi bisa juga dilihat dari ekor yang dimilikinya seperti burung Cendrawasih.

Burung dengan ekor panjang juga menentukan harga.

Semakin panjang kuran ekor burung maka semakin mahal juga harganya. Seperti yang terjadi pada burung Pin-Talled Whydah yang mempunyai ekor sepanjang lebih dari 20 cm dan ada juga burung Long-Tailed yang memiliki ekor lebih panjang.

Inilah daftar burung dengan ekor terpanjang :

  • Merak India

Burung ini memiliki tubuh yang panjangnya sekitar 2 meter lebih dapt dibayangkan juga seberapa panjang ekornya dengan ukuran badan yang memang sudah panjang.

  • Lady Amherst’s Pheasant

Burung ini menurut informasinya memiliki ekor dengan panjang 80 cm, akan tetapi pada umumnya burung yang memiliki ekor panjang hanyalah burung yang berjenis kelamin jantan.

Burung ini jika tidak salah berasal dari China (Tiongkok) di bagian Barat Daya dan dapat juga ditemukan di Burma.

  • Sakabula (The Long-tailed Widowbird)

Burung yang kebanyakan warnanya adalah warn hitam ini merupakan jenis burung yang berasal dari benua Afrika. Burung ini apat memiliki ekor sepanjang tiga kali dari ukuran tubuhnya yaitu sekitar 50 cm.

Menurut salah satu penelitian burng sakabula betina akan cenderung lebih memilih burung sakabula jantan yang memiliki ekor panjang.

  • Long-tailed Paradise

Burung ini memiliki ekor sepanjang 36 cm, dan warnanya mendominasi oleh warna hitam mulai dari kepala sampai ekor. Sedangkan bagian tubuh sebagian lehernya memiliki warn yang berbeda.

  • Resplendent Quetzal

Burung ini memiliki ekor yang sangat panjang. Bulunya yang didominasi warna hijau mengkilap ini juga menjadi salah satu faktor keindahannya.

Ekor burung Quetzal jantan ini panjangnya mencapai 66 cm.

  • Ribon-tailed Astrapia

Burung ini memiliki ekor sepanjang lebih dari 90 cm. Jenis burung ini bisa anda dapatkan di bagian Barat Papua Nugini, wah ada di Negri kita sendiri.

  • Burung Murai Batu

Burung ini memiliki ekor dengan panjang lebih dari 30 cm, tetapi pad umumnya burung ini hanya memiliki ekor dengan panjang maksimal 17 cm.

Bagimana?, menarik bukan?,

bagi sebgian orang pecinta unggas ini akan sangat senang melihat beragam jenis burung ekor panjang. Bahkan salah satunya ada di Indonesia negara kita sendiri.

Sebab itu, jika kita peduli dengan alam dan satwa maka kita harus memiliki misi untuk melindungi mereka dengan cara tidak memburu secara liar.

Karena akan mengakibatkan punahnya satwa cantik si ekor panjang ini. Lindungi mereka makakita sudah bertanggungjawab terhadap apa yang telah kita inginkan. Jika bukan kita siapa lagi yang akan ikut serta menjga ekosisitem satwa langka di bumi ini?.

Loading...
Daftar Burung Dengan Ekor Paling Panjang di Dunia | ilmuhewan | 4.5