Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup tanpa air

By On Saturday, August 26th, 2017 Categories : Perikanan

Ilmuhewan.com – Setiap mahkluk hidup di bumi diciptakan dengan keunikan dan ciri khas sendiri-sendiri. Namun keunikan itu tentunya merupakan sesuatu yang muncul dengan sebuah fungsi, untuk mendukung aktivitas hidup dari individu tersebut.

Kita tahu bahwa secara umum, ada 3 jenis kategori habitat yang besar, yaitu darat, air dan udara.

Habitat darat biasanya ditempati oleh makhluk berkaki dan melata, habitat udara bisa dilalui oleh mahkluk bersayap, sedangkan habitat air ditempati oleh mahkluk bersirip dan berinsang.

Masing-masing bentuk dan anatomi tubuh disesuaikan dengan keadaan habitat dan usaha mahkluk yang dimaksud untuk bertahan hidup.

Baca Juga : Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan

Ada sebuah teori evolusi, yang diteliti dan dikembangkan oleh Charles Darwin.

Teori evolusi kurang lebih menyimpulkan bahwa anatomi morfologi serta fungsi tubuh bisa berubah seiring dengan kebutuhan dan kemampuan mahkluk hidup untuk bertahan hidup.

Setiap mahkluk hidup tentu saja memiliki kemampuan untuk bertahan hidup, namun kemampuan itu tentu saja diuji setiap harinya, karena organisme tidak hidup sendiri.

Di dalam rantai makanan sendiri, mahkluk hidup memiliki peranan sendiri-sendiri, dan tentu saja banyak pemangsa ataupun mangsa yang semakin banyak atau malah berkurang. Tentu saja diperlukan kemampuan bertahan hidup yang tinggi.

Teori evolusi mengakui hukum rimba, dan setiap mahkluk hidup yang ada saat ini kemungkinan besar adalah hasil dari perubahan mahkluk hidup yang jauh lebih primitif jutaan tahun lalu. Teori ini juga banyak ditentang oleh beberapa filsafat, karena menentang adanya hari penciptaan.

Menurut teori Charles Darwin, manusia terbentuk dari hewan yang lebih primitif, yaitu monyet. Tentu saja banyak pro kontra, namun semua argumentasi dan teori boleh dikemukakan asal disertai pembuktian dan melalui proses penelitian yang tentu saja tidak sebentar.

Nah, kalau membahas mahkluk hidup, kita pasti tahu jenis ikan. Ikan merupakan spesies yang hidup di air, kebanyakan bersirip, bersisik dan berinsang.

Insang merupakan alat pernapasan yang menyaring oksigen dari air dan mengeluarkan karbon dioksida.

Fungsinya sama dengan paru-paru, namun khusus di dalam air, karena paru-paru tidak bisa menyaring udara di dalam air. Karena itulah manusia tidak dapat bernafas di dalam air.

Beberapa jenis hewan di air bisa hidup di kedua tempat. Contohnya saja kodok. Kodok termasuk hewan amfibi, yang memiliki organ labyrinth.

Kodok sendiri bukan termasuk ke dalam kelas ikan, tetapi kelas reptil. Namun pernahkah anda melihat ikan meloncat-loncat di darat,tanpa air, dan bertahan hidup?

Saya rasa kita sering melihat ikan meloncat-loncat di darat, namun bukan karena ingin berjalan, tetapi karena kehabisan nafas dan hampir mati. Namun ada ikan yang bisa hidup di darat, yang disebut Climbing Perch, atau Gurame Climbing (Memanjat).

Climbing Perch (Anabas testudineus) berasal dari daerah Asia Selatan, papua Nugini, Australia dan Asia Tenggara. Climbing Perch bisa bertahan tanpa air, dan meloncat di darat.

Climbing Perch bisa bertahan tanpa air, di dalam lumpur bahkan dengan tingkat garam yang kecil, karena termasuk ikan air tawar.

Panjang Climbing Perch bisa mencapai 25 cm.   Climbing Perch bisa bertahan tanpa air sampai enam hari (berjalan-jalan di darat).

Dan tahukah kamu bagaimana caranya populasi Climbing Perch bisa ada di Australia?

Ada yang berpendapat bahwa Climbing Perch dibawa oleh kapal yang melintas ke Australia, secara diam-diam alias menyelundup.

Keberadaan Climbing Perch dianggap membahayakan habitat hewan di Australia, karena Climbing Perch dilengkapi dengan pelindung yang bisa melukai burung yang menyangka Climbing Perch adalah santapan yang lezat, namun ketika Climbing Perch disantap, burung pun tersedak. Bayangkan ada ikan yang tiba-tiba menghampiri kita.

Tentu saja dengan mudah bisa kita santap bukan, tanpa harus bersusah payah memancing.

Itu tadi Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup di air.

baca Juga : Alat yang dibutuhkan dalam pembenihan dan pembibitan gurame

Loading...
Loading...
Climbing Perch, Ikan Gurame yang bisa bertahan hidup tanpa air | ilmuhewan | 4.5