Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Ciri serta karakteristik Sapi Madura

By On Wednesday, July 4th, 2018 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri serta karakteristik Sapi Madura – Siapa yang tidak kenal dengan hewan satu ini,Sapi ialah hewan yang tidak asing untuk masyarakat Indonesia.

ia sangat dikenal secara luas dan sangat banyak sekali manfaat baik selain sebagai penghasil susu serta daging sapi juga biasa diperbantukan manusia di ladang maupun sawah, serta sebagian masyarakat menganggap sebagai hewan yang suci.berikut adalah beberapa kumpulan fakta seputar sapi khusus nya sapi madura.

Sapi Madura merupakan sapi potong asli produk Indonesia, Sapi ini hasil persilangan banteng dengan sapi Zebu (Bos indicus), yang secara genetik darah sapi madura mempunyai kemampuan adaptasi terhadap iklim panas serta tahan terhadap serangan penyakit salah satu nya caplak.

Ciri serta karakteristik Sapi Madura

Ciri serta karakteristik Sapi Madura

Baca Juga : Pengertian Dan Tipe-Tipe Sapi Tropis

Karakteristik sapi Madura sangat seragam, yaitu salah satu bentuk tubuhnya yang relatif kecil kaki pendek dan kuat.serta warna bulu merah agak kekuningan tetapi pada bagian perut dan paha sebelah dalam berwarna putih bersih, serta mempunyai tanduk yang khas dan jantannya bergumba.

Ciri-ciri khas Fisik dari Sapi Madura

1. Jantan ataupun betina berwana cokelat terang
2.  Bagian kaki bawah berwarna putih
3. Tanduk pendek
4  Pada betina kecil dan pendek berukuran kurang lebih 10 cm
5. Pada jantan berukuran 15 – 20 cm
6. Panjang badan mirip sapi bali tetapi memiliki punuk seperti onta tetapi berukuran kecil

Beberapa Keunggulan Sapi Madura

1. Sangat Mudah dipelihara.
2. Sangat Mudah dikembangkan
3. Serta kuat dan Tahan terhadap berbagai penyakit

Didaerah asalnya sendiri yaitu di pulau Madura, sapi tersebut sangat berharga mahal karena harga jual daging hampir selalu lebih tinggi bahkan lebih mahal di banding dengan harga daging di kota besar seperti Surabaya maupun jakarta. Rata-rata bobot badan Sapi Madura saat dipotong adalah 316,48 kg.

Data yang didapat menunjukkan bahwa bobot badan ternak sangat bergam, yaitu bobot terendah sebesar 181,83 kg dan bobot tertinggi sebesar 448,48 kg.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut diatas,wajar saja bila harga sapi madura sangat mahal dan banyak diminati oleh para peternak dan bahkan Tiap Tahaun Presiden Republik Indonesia menjadi langganan setia untuk membeli sapi Madura untuk hewan kurban.bahkan para peneliti dari negara lain sangat tertarik untuk menelitinya.

Loading...
Loading...
Ciri serta karakteristik Sapi Madura | ilmuhewan | 4.5