Ciri klasifikasi dan contoh monera

By On Tuesday, December 20th, 2016 Categories : Info Lainnya

Ciri klasifikasi dan contoh monera – Monera merupakan kategori mahluk hidup yang tak memiliki membrane inti, disebut juga organisme prokariotik.

Meskipun tak memiliki inti, kelompok monera memiliki bahan inti seperti asam inti, sitoplsama, dan membrane sel. Yang termasuk dalam kategori monera ini adalah bakteri dan alga.

Bakteri

Ciri-cirinya ukuran tubuh satu sel berukuran 4-8 mikron. Sel bakteri memiliki berbagai bentuk, ada yang berbentuk bulat, batang, spiral, koma dan lainnya.

Bakteri dapat terlihat dengan mata telanjang saat berkoloni, bakteri ini aka terlihat seperti lender, ataupun percikan mentega, bisa berwarna kuning, merak atau putih di makanan basi.

Cara hidup bakteri ada yang heterotroph atau mengambil zat organic dari lingkungan dan ada juga yang autotroph dapat berfotosintesis, namun ada juga yang bersifat parasite dimana mendapatkan makanannya dari mahluk lain dan merugikan mahluk lain.

Ada pula bakteri saprofit diaman bakteri ini akan mengolah sampah yang ada atau menguraikan sisa-sisa mahluk hidup.

Cara perkembang biakan bakteri dapat terjadi secara kawin maupun tak kawin, secara tak kawin bakteri akan membelah diri dan pada cara kawin bakteri akan melakukan konjungsi dimana dua bakteri akan berdekatan dan saling membentuk saluran konjungsi dan melalui saluran inilah plasma dari sel yang satu mengalir ke sel yang lain.

Alga biru (Cyanobacteria)

Alga biru merupakan organisme prokariot, sama seperti bakteri sehingga digolongkan kedalam kingdom monera, berbeda dengan alga lainnya yang dikelompokkan ke dalam kelas Protista.

Cyanobacteria seringkali disebut alga hijau biru karena memiliki warna hijau kebiruan. Alga ini dapat hidup di berbagai tempat dan keadaan, ada yang hidup di batu, tanah, kulit kayu, air tawar, bahkan di air laut. Ada alga biru yang bersel satu, ada pula yang berupa untaian benang yang terbentuk dari beberapa sel.

Sel alga biru tergolong ke dalam sel prokariot yang berklorofil, karena itu, ia dapat berfotosintesis dan menghasilkan makanan sendiri (autotrof).

Alga biru berkembangbiak dengan cara membelah diri dan fragmentasi. Alga bersel satu membelah diri menjadi dua, empat, delapan, dan seterusnya.

Alga yang berbentuk benang memutuskan diri menjadi fragmen, kemudian setiap fragmen dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh Alga biru adalah  Anabarna, Rivularia, Glorocapsa, dan Oscillatori.

Loading...
Loading...
Ciri klasifikasi dan contoh monera | ilmuhewan | 4.5