Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Ikan Sidat

By On Tuesday, January 24th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik, Info Lainnya

Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Ikan Sidat – Ilmuhewan.com – Jika dilihat secara sepintas ikan sidat ini mirip dengan belut, namun jika di teliti atau di perhatikan secara seksama ikan ini sangat berbeda denga belut.

Berikut ini akan sedikti di bahas tentang ciri, karakter dan klasifikasi dari ikan sidat.

Ciri – ciri ikan sidat

Ikan sidat memiliki bentuk tubuh panjang yang dilapisi oleh sisik berbentuk panjang dan tersusun tegak lurus terhadap panjang tubuhnya.

Kulit yang dimilikinya halus dengan warna cokelat dan hijau pada bagian punggung sedangkan pada bagian perut berwarna putih bersih.

Ikan sidat memiliki sirip yang menyatu pada anus  dengan bentuk seperti jari melemah, dan sirip di dadanya berjumlah 14 – 18 jari.

Ikan sidat memiliki kepala yang panjangnya sekitar 8  – 12 kali mata dengan badan gelap tanpa bintik  dan di bagian perut memiliki warna lebih cerah.

Karakter ikan sidat

  • Karnivora murni

Ikan sidat adalah jenis ikan karnivora murni atau pemakan daging yang mana ditandai dari muntahan ikan sidat yang tertangkap dari alam seperti kepiting, kerang atau udang.

Hal ini menunjukkan bahwa ikan ini membutuhkan protein tinggi untuk tumbuh kembang. Jika ingin membudidayakan di perlukan protein sebesar 50 – 55 % untuk starter dan 45 – 50 % untuk grower.

  • Noctural living

Ikan sidat adalah jenis ikan yang aktif pada malam hari, yaitu aktif ketika selepas magrib hingga pagi hari, hala ini tetap enjadi kebiasaan ikan sidat walaupun sudah dibudidayakan.

Jadi ketika anda memilih untuk membudidayakan maka lakuakn pemberian makan pada malam hari agar pertumbuhan ikan tidak terganggu.

  • Berupaya memijah

Ikan sidat akan melakukan proses regenerasi setelah mereka tumbuh dewasa atau sudah matang gonad dengan melakukan pemijahan pada palung laut dalam atau yang dekat dengan muara sungai setelah mereka melewatai perjalanan panjang dari hulu ke hilir bahkan sampai masuk ke muara. Si anak sidat (glass ell) akan mencari air tawar walaupun harus melawan arus.

  • Bersembunyi di siang hari

Ikan sidat tidak suka dengan cahaya yang terang atau cahaya yang terlalu banyak, jadi sangat sering ikan sidat ini tidak pernah dijumpai ketika siang hari.

Mereka akan bersembunyi di tempat yang gelap seperti karang mmisalnya. Jika anda membudidayakan ikan sidat ini maka siapkan tempat gelap dengan menggunakan genteng atau paralon agar si ikan sidat ini dapat beristrirahat disiang hari.

  • Butuh oksigen tinggi

Ikan sidat sangat memerlukan oksigen yang tinggi. Misalnya ketika si glass ell menempuh perjalanan jauh, mereka akan memilih atau mencari tempat nyaman yang memiliki oksigen tinggi seperti di bawah air terjun atau waduk.

Jika anda mebudidayakan ikan sidak dan terjadi listrik padam misalnya, maka ikan – ikan sidat ini akan berdiri tegak yntuk menghirup oksigen secara langsung dari alam.

Klasifikasi ikan sidat

Fillum Chordata
Subfillum Euchordata
Class Osteichtyes
Infra class Teleostei
Ordo Anguilliformes
Famili Anguillidae
Genus Anguillia
Spesies Angguilla sp

Ikan sidat memiliki berbagai macam jenis, seperti :

  1. Anguilla marmorata dengan ciri kulit halus memiliki bercak hitam berwarna kehijauan dan pada punggung ada garis kecokelatan.
  2. Anguilla bicolor dengan ciri kulit halus berwarna cokelat dan abu – abu yang punggungnya kehijauan dan perut putih.
  3. Anguilla celebesensis dengan ciri kulit berwarna abu – abu dan ada bintiknya.
  4. Anguilla borneoensis dengan ciri kulit berwarna putih terang.
  5. Anguilla ancertalis dengan ciri kulit memiliki warna abu – abu gelap dan lebih gelap lagi dari pada Anguilla celebesensis serta memiliki bintik.
  6. Anguilla mauritania dengan ciri tubuh memiliki bintik yang warnanya gelap dibanding jenis ikan sidat lainnya.
Loading...
Loading...
Ciri, Karakteristik dan Klasifikasi Ikan Sidat | ilmuhewan | 4.5