Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Berkualitas dan Bagus

By On Wednesday, July 12th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Berkualitas dan Bagus – Sebelum kalian mengetahui hal-hal tentang ekor ayam aduan yang berkualitas dan bagus, perlu kalian ketahui bahwa tulisan ini hanya merupakan suatu teori yang di dapat dari beberapa sumber yang sudah berpengalaman saja.

Bagian ekor ayam bangkok yang memiliki kualitas yang bagus merupakan salah satu kriteria untuk menjadi ayam aduan yang sangat bagus.

Hal tersebut dikarenakan ekor ayam aduan berperan penting dalam membantu mengemudikan gerakan serta arah pukulan ayam aduan supaya lebih terarah dan akurat.

Baca Juga : Panduan merawat ayam aduan usai betarung

Secara umum, ciri-ciri daripada ekor ayam aduan yang bagus yaitu berbentuk kuncup, panjang dan turun kebawah, diikuti dengan tulang ekor besar, kuat serta rapat.

Bentuk daripada ekor ayam aduan mempunyai ekor yang kuat sehingga dapat lebih mampu dalam menjaga keseimbangan serta mengemudikan arah pukulan dengan baik, gerakan ekor gesit dan lain sebagainya.

Maka dari itu, dalam memilih ayam aduan yang bagus perlu kalian ketahui bagaimana bentuk ekor ayam bangkok yang bagus. Beberapa kriteria bentuk ekor ayam bangkok yang bagus agar bisa dijadikan ayam aduan yaitu sebagai berikut :

Tulang Ekor

  • Tulang ekor ayam aduan yang bagus yaitu tulang ekor yang kuat, rapat dan juga besar. Tulang ekor yang kokoh serta kuat ditandai dengan tulang pangkal ekor yang besar, rapat dan juga
  • Fungsi utama daripada ekor sendiri yaitu untuk membantu keseimbangan serta sebagai kemudi daripada arah gerakan. Tulang ekor yang rapat, besar dan kuat akan mampu membuat ekor dapat berfungsi dengan sangat baik untuk membantu ayam bangkok dapat bergerak lompat, balik badan, memutar, menghindar serta mengarahkan pukulan menjadi akurat.
  • Tulang ekor yang terlalu besar dapat memiliki kelemahan, dikarenakan gerakan ekornya yang agak kaku dan monoton akan tetapi masih tetap disukai.
  • Tulang ekor yang tidak begitu rapat dan agak kecil dapat ditoleransi asalkan jika diraba terasa kuat dan keras

Tulang Capit Kloaka

  • Tulang capit kloaka (yang terletak dibawah anus) ayam aduan yang memiliki kualitas bagus adalah kuat, keras dan rapat.
  • Ayam aduan yang memiliki tulang capit kloaka sangat rapat (tidak ada celah renggang) mempunyai pukulan berkali-kali/beruntun di dalam satu kali gebrakan. Biasanya, 3 kali dalam satu gebrakan dan ada juga yang dapat mencapai 5 kali jika ayam bangkok tersebut ringan serta ramping, sehingga ayam tersebut dapat membuat lawan kewalahan.
  • Semakin renggang tulang capit kloaka tersebut, maka semakin sedikit (jarang memukul) jumlah pukulannya. Tulang capit kloaka yang renggang akan memiliki kesan irit dalam memukul dikarenakan frekuensi pukulan lebih sedikit.
  • Ayam bangkok dengan tulang capit kloaka nya yang renggang masih disukai, asalkan ayam tersebut memiliki pukulan yang kuat, menyakitkan serta tepat sasaran meskipun frekuensi pukulannya hanya satu kali setiap gebrakan terjadi.

Bentuk Ekor

  • Bentuk ekor ayam aduan yang berkualitas dan bagus yaitu berbentuk kuncup, arahnya lurus memanjang serta terus turun ke bawah. Bulu ekor nya juga panjang serta diikuti dengan bulunya kuat.
  • Ayam aduan yang memiliki ekor kuncup tentunya lebih lincah jika dibandingkan yang ekor yang terbuka dengan Ekor yang terbuka lebar dan pendek lebih banyak terdapat pada ayam betina, sedangkan ekor yang kuncup dan panjang lebih banyak terdapat pada ayam jago.

Demikian seputar tentang ekor ayam aduan yang berkualitas serta bagus untuk jadi ayam petarung handal, dan tentu saja menjadi salah satu kriteria yang sering diperhatikan dalam memilih ayam aduan yang memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga : Ciri-ciri ayam Bangkok Aduan Yang Baik

Loading...
Loading...
Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Berkualitas dan Bagus | ilmuhewan | 4.5